Scroll untuk baca artikel
Nasional

Menparekraf Dorong Perempuan Indonesia untuk Mengambil Inspirasi dari Kartini dan Terus Berkarya

19
×

Menparekraf Dorong Perempuan Indonesia untuk Mengambil Inspirasi dari Kartini dan Terus Berkarya

Sebarkan artikel ini
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno dalam acara Road to Run For Independence Day (RFID) 2024 di Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Minggu (21/4/2024). (Foto: dok. Kemenparekraf)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, mendorong perempuan Indonesia untuk terus semangat berkarya, khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, serta mengambil inspirasi dari Kartini.

Dalam mendukung kegiatan sport tourism dan meramaikan perayaan Hari Kartini, Kemenparekraf/Baparekraf menggelar acara Road to Run For Independence Day (RFID) 2024.

“Selamat Hari Kartini kepada seluruh perempuan Indonesia yang luar biasa. Semoga lari pagi ini dapat menginspirasi dan memotivasi untuk terus berkarya demi kemajuan negeri,” ujar Menparekraf Sandiaga dalam acara tersebut.

Baca Juga :   Gandeng BRIN, Ini Hasil Kajian Sementara Kenaikan Pajak Hiburan bagi Sektor Pariwisata

Menparekraf menekankan peran strategis kaum perempuan dalam pengembangan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Lebih dari 50 persen pejabat di lingkup Kemenparekraf/Baparekraf adalah perempuan, mencerminkan inklusivitas dan kesetaraan gender.

“Ini terbukti dengan pembangunan pariwisata berbasis keluarga, ramah lingkungan, serta integrasi dengan produk ekonomi kreatif, yang melibatkan berbagai perspektif termasuk sentuhan pemimpin perempuan di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif,” kata Menparekraf Sandiaga.

Road to RFID ini menjadi kegiatan pra-event dari RFID yang dijadwalkan pada Agustus 2024 dalam rangka memeriahkan perayaan kemerdekaan RI yang ke-79.

Baca Juga :   Menparekraf Apresiasi dengan Hadirnya Destinasi Baru di Kawasan Puncak

Menparekraf berharap bahwa acara Road to RFID, yang juga bertepatan dengan peringatan Hari Kartini, dapat menjadi momentum untuk mengembangkan sport tourism.

“Kami berharap ini dapat mendorong sport tourism yang memiliki potensi mencapai 19 triliun rupiah, hasil dari kajian selama 2023, serta peningkatan jumlah event dan produk turunannya. Meskipun terlihat sebagai acara lari, namun dari sinilah berbagai produk turunan seperti sepatu, baju, dan celana lokal, serta produk UMKM makanan dan minuman, juga promosi periklanan, dapat dikonsumsi dan dipromosikan,” ungkap Menparekraf Sandiaga.

Baca Juga :   Kolaborasi Cakap dan Alfamart Hadirkan Pusat Belajar Bahasa yang Lebih Dekat

Patricia Meilyn, Pendiri & Direktur PT Multi Mediacipta Mandiri Komunikasi (M3Kom), menyatakan bahwa Run For Independence Day (RFID) 2024 mendapat antusiasme tinggi dari peserta. Ia berharap acara ini dapat memberikan dampak positif terutama bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kami sangat senang bisa merayakan Hari Merdeka bersama-sama, sesuai dengan semangat gotong-royong Indonesia, untuk meningkatkan produktivitas dan menciptakan karya terbaik bagi Indonesia,” ujar Meilyn. (saf)