Scroll untuk baca artikel
Industri

Kreativitas Tingkatkan Kampanye Pemasaran di Kereta Rel Listrik

19
×

Kreativitas Tingkatkan Kampanye Pemasaran di Kereta Rel Listrik

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi. (Foto: Dokumentasi AMG)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Kehidupan masyarakat urban di kota-kota besar sangat bergantung pada berbagai moda transportasi publik, termasuk kereta rel listrik (KRL). Sebagai salah satu sarana transportasi umum, KRL memiliki jangkauan yang luas dan jumlah pengguna yang tinggi.

Menurut PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), penggunaan KRL Jabodetabek mengalami peningkatan yang signifikan sepanjang tahun 2023. Total volume penumpang mencapai lebih dari 290 juta, menandai kenaikan sebesar 35% dibandingkan tahun sebelumnya. Pada hari kerja, rata-rata lebih dari 870 ribu penumpang menggunakan KRL, sedangkan pada akhir pekan jumlahnya mencapai lebih dari 650 ribu, dengan total perjalanan mencapai 1.090 setiap harinya.

Selain itu, data dari survei Sigma Research tahun 2023 yang bertajuk Commuterline Channel Research memberikan gambaran menarik. Dari total pengguna KRL di wilayah Jabodetabek, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara jumlah penumpang perempuan dan laki-laki. Mayoritas penumpang termasuk dalam kategori sosial ekonomi B, diikuti oleh kategori C dan A. Berdasarkan karakteristik dan tipe pengguna, lebih dari 60 persen total penumpang menggunakan KRL untuk pergi bekerja.

Agung Prihambodo, Marketing Director AMG, menyampaikan, “Dengan memanfaatkan tingginya volume pengguna KRL, frekuensi dan konsistensi perjalanan, serta waktu tunggu yang cukup panjang (dwell time), KCI, agensi periklanan, dan brand memiliki peluang besar untuk membangun brand awareness. Dukungan teknologi mutakhir, konsep dan penyampaian pesan yang kreatif, serta kolaborasi antar kanal media dapat menciptakan relevansi, memberikan pengalaman unik, dan meninggalkan kesan mendalam bagi audiens.”

Baca Juga :   Menhub Bersama Dubes Jepang Bahas Kelanjutan Kerja Sama Transportasi

Agung juga menambahkan beberapa kiat yang bisa brand terapkan untuk mendorong kesuksesan kampanye pemasaran dan keterlibatan target audiens di KRL.

Konsep Kreatif, Desain dan Materi Iklan; Kreativitas tinggi pada konsep dan desain iklan berperan penting dalam menarik perhatian audiens dan mendorong keterlibatan pengguna KRL dengan brand, begitu pun dengan materi iklan. Materi yang ditampilkan harus mampu menawarkan manfaat yang relevan dan menghibur, sehingga dapat memenuhi ekspektasi pengguna KRL akan iklan yang informatif, menarik sekaligus menginspirasi. Dengan demikian, iklan tersebut dapat membuat perjalanan terasa lebih menyenangkan dan memberikan nilai tambah bagi komunitas pengguna KRL.

Multiplatform Collaboration is the New Competition; Kolaborasi multiplatform adalah salah satu faktor penting yang berkontribusi besar terhadap keberhasilan kampanye pemasaran. Lewat kolaborasi, kampanye tidak hanya akan hadir di satu tempat, namun bisa merambah ke stasiun dan lokasi sekitarnya, media sosial, hingga ke aplikasi digital.

Kreativitas yang didukung dengan teknologi dan kolaborasi antar platform akan mendorong keterlibatan audiens. Brand atau pengiklan dapat mengolaborasikan info real-time dengan fitur interaktif ke dalam materi iklan salah satunya kode QR. Sehingga audiens dapat mengakses info mulai dari rute perjalanan hingga info tambahan seperti promo eksklusif, diskon, ataupun event/aktivitas yang brand adakan.

Baca Juga :   Citi Kembangkan Business Desk Khusus untuk Fasilitasi Aliran Investasi Asing Langsung ke Indonesia

Jangan lupa, area di sepanjang atau sekitar pelintasan KRL juga menjadi hal yang patut dipertimbangkan pengiklan untuk menyampaikan pesan yang lebih luas lagi. Iklan pada bagian luar badan KRL (body branding) dengan desain yang atraktif akan memberikan pemandangan tidak biasa yang menyenangkan mata bagi masyarakat di “luar” pengguna KRL.

Kampanye Pemasaran di KRL

Cerita sukses kampanye pemasaran luar griya datang dari sebuah perusahaan start up penyedia platform penyimpanan aset komoditas dan perdagangan emas digital di Indonesia yang berhasil meningkatkan brand awareness terhadap produknya.

Kepala Pengembangan dan Pemasaran Digital perusahaan tersebut mengungkapkan bahwa di awal berdiri pihaknya fokus mengenalkan dan meningkatkan brand awareness. Frekuensi dan trafik tinggi serta jangkauan luas menjadi bahan pertimbangan utama dalam memilih kanal media yang tepat. Ditunjang oleh kreativitas dalam pembuatan materi dan penggunaan audio visual, kampanye mereka berhasil menarik perhatian dan menciptakan ingatan di benak audiens.

Brand yang menyasar pekerja milenial dan Gen Z ini memilih KRL Jabodetabek dan layar digital di gedung-gedung perkantoran melalui kerja sama dengan AMG (Alternative Media Group) untuk kampanye pemasarannya.

Dia juga menambahkan, selama periode kampanye pihaknya berhasil meningkatkan jumlah unduhan platform, pengguna, dan tingkat konversi secara signifikan. Selain itu, jingle yang digunakan dalam audio iklan di layar-layar digital di gedung perkantoran menjadi sangat catchy dan paling diingat oleh pengguna KRL, yang mayoritas juga bekerja di perkantoran.

Baca Juga :   Targetkan Pertumbuhan, INPP Rencanakan Aksi Korporasi di Semester Kedua

Data dan cerita sukses di atas menunjukkan bahwa investasi dalam strategi kolaboratif media luar griya (MLG) adalah kunci untuk menciptakan pengalaman perjalanan yang berkesan bagi pengguna dengan demografis dinamis. Ini merevolusi cara brand terhubung dengan konsumen. Memilih mitra periklanan MLG yang tepat dan berpengalaman juga menjadi faktor yang dapat mendorong keberhasilan kampanye.

AMG (Alternative Media Group) sebagai pionir perusahaan penyedia MLG yang telah berpengalaman lebih dari 17 tahun menawarkan layanan solutif untuk mendukung strategi pemasaran kreatif. Layanan mencakup penempatan iklan strategis, desain kreatif, dan analisis efektivitas kampanye.

“Kami membantu pengiklan mencapai tujuan mereka, mulai dari pengembangan konsep hingga implementasi pemasaran di KRL dengan memastikan bahwa setiap aspek kampanye dirancang dengan cermat untuk memaksimalkan dampak dan efektivitasnya. Selain di KRL, dominasi inventaris AMG juga tersebar di gedung perkantoran, apartemen, rumah sakit, lifestyle, gym, ruas jalan strategis hingga sarana transportasi publik seperti bandara, Transjakarta dan transportasi online.” Pungkas Agung. (saf)