Scroll untuk baca artikel
Industri

Citi Kembangkan Business Desk Khusus untuk Fasilitasi Aliran Investasi Asing Langsung ke Indonesia

27
×

Citi Kembangkan Business Desk Khusus untuk Fasilitasi Aliran Investasi Asing Langsung ke Indonesia

Sebarkan artikel ini
Citi Kembangkan Business Desk Khusus untuk Fasilitasi Aliran Investasi Asing Langsung ke Indonesia

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Pascapenjualan bisnis consumer banking di Indonesia, Citi terus berkomitmen melalui bisnis Institutional Banking. Citi memfasilitasi investasi asing langsung (FDI) ke Indonesia melalui klien multinasionalnya.

Melalui salah satu lini bisnisnya, yaitu Global Network Banking, Citi Indonesia melayani sekitar 700 perusahaan multinasional, dan secara global, Citi memiliki hubungan perbankan dengan 90% perusahaan Fortune 500.

Citi Indonesia telah mengembangkan tim khusus yang fokus melayani klien multinasional dari berbagai negara seperti Japan Desk, Greater China Desk, Korea Desk, dan beberapa lainnya. Tim khusus ini telah melayani klien sejak bertahun-tahun, salah satunya Japan Desk yang telah berdiri selama 15 tahun.

Sepanjang tahun 2023, Global Network Banking mencatatkan pertumbuhan pendapatan double-digit melalui berbagai inisiatif, termasuk koridor Asia-to-Asia atau klien Asia Citi yang berinvestasi di Indonesia, dengan salah satu kontribusi terbesarnya berasal dari China desk dan Japan desk.

Baca Juga :   Amazon Bayar 1,9 Juta Dolar AS kepada 700 Buruh Migran untuk Menyelesaikan Klaim Pelanggaran HAM

“Citi memiliki representasi di hampir semua kelas bisnis dan aset, menawarkan rangkaian lengkap layanan Perbankan Institusional – meliputi Perbankan Korporat dan Investasi, Perbankan Komersial, Markets, Layanan Sekuritas, hingga Transaksi Perbankan atau Treasury and Trade Solutions.

Global Network Banking menjadi salah satu bisnis unggulan kami yang melayani kebutuhan keuangan yang kompleks dari perusahaan multinasional terkemuka dan anak perusahaan mereka di seluruh dunia, termasuk yang beroperasi di Indonesia,” ungkap Batara Sianturi, CEO Citi Indonesia.

 Didukung oleh platform perbankan Citi yang berkelas dunia dan kehadirannya yang luas, Global Network Banking menyediakan solusi modal kerja dan manajemen risiko yang komprehensif, membantu perusahaan multinasional mengelola operasional mereka sepanjang waktu dan di seluruh dunia.

Baca Juga :   KKP Komitmen Perkuat Pola Komunal Pemasaran Rajungan Nelayan

“Tim kami membawa solusi yang telah memenangkan penghargaan dalam layanan dan pembiayaan perdagangan, manajemen kas, pendapatan tetap, komoditas, dan mata uang untuk bisnis klien kami. Dengan komitmen teguh dan DNA yang tertanam untuk menjadi ‘Yang Terbaik untuk Klien kami’, Citi memiliki tujuan untuk menjadi penyedia solusi lengkap bagi klien kami,” ungkap Wit Oemar, Head of Global Network Banking, Citi Indonesia.

 Baru-baru ini, Citi Indonesia menyelenggarakan Japan Day 2024 untuk menegaskan kembali komitmennya kepada para klien perusahaan Jepang yang berjumlah lebih dari 100 klien.

Ini adalah acara rutin yang diselenggarakan oleh Citi Indonesia untuk para klien perusahaan multinasional yang

berasal dari berbagai negara. Tema dari setiap acara dibuat berdasarkan wilayah asal klien, seperti Greater China Day dan Korea Day. Dalam acara tersebut, Citi Indonesia memberikan paparan ekonomi, tren kondisi pasar, dialog dengan ahli untuk membahas iklim bisnis terkini, serta perkembangan solusi dan layanan perbankan Citi yang dapat dimanfaatkan oleh klien untuk membantu operasional perusahaan mereka.

Baca Juga :   Kemenhub Fokus Kembangkan Potensi Pelabuhan Bitung untuk Tingkatkan Ekspor Perikanan

Menurut Kementerian Investasi, FDI ke Indonesia tumbuh sebesar 13,7% yoy sepanjang tahun 2023. Singapura menjadi investor asing terbesar dengan total FDI senilai $15,4 miliar, diikuti oleh Tiongkok ($7,4 miliar) dan Hong Kong ($6,5 miliar). Investor Jepang berinvestasi senilai $4,6 miliar di Indonesia pada periode 2023, diikuti oleh Malaysia di peringkat kelima dengan investasi senilai $4,1 miliar.