Scroll untuk baca artikel
Lifestyle

TikTok Nonaktifkan Lagu yang Berhubungan dengan Universal Music

44
×

TikTok Nonaktifkan Lagu yang Berhubungan dengan Universal Music

Sebarkan artikel ini
TikTok dengan bangga mengumumkan bahwa fitur 'Tambahkan ke Aplikasi Musik'  kini diluncurkan untuk pengguna di Indonesia. Fitur 'Tambahkan ke Aplikasi Musik' memberikan penggemar musik kemampuan untuk menyimpan lagu yang mereka temukan di TikTok pada layanan streaming musik pilihan mereka (tergantung ketersediaan), termasuk TikTok Music di Indonesia.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Universal Music Group (UMG)  baru-baru ini menarik rekaman yang dimilikinya atau didistribusikan dari TikTok termasuk lagu-lagu dari para superstar seperti Taylor Swift, Billie Eilish, dan The Weeknd.

Kini perselisihan ini mempengaruhi lagu-lagu yang diterbitkan oleh UMG.

“Kami sedang melakukan kebutuhan Universal Music Group untuk menghapus semua lagu yang telah ditulis (atau ditulis bersama) oleh seorang penulis lagu yang ditandatangani oleh Universal Music Publishing Group (UMPG), berdasarkan informasi yang mereka berikan,” kata TikTok dalam sebuah pernyataan.

Baca Juga :   Luncurkan Layanan Perawat ke Rumah, Perawathomecare Sebut Layanan Suntik Vitamin C Paling Banyak Diminati

“Tindakan mereka tidak hanya memengaruhi penulis lagu dan artis yang mereka wakili, tetapi sekarang juga memengaruhi banyak artis dan penulis lagu yang tidak ditandatangani oleh universal.” TikTok menambahkan bahwa mereka masih berkomitmen untuk “mencapai kesepakatan yang adil” dengan UMG.

Karena masalah yang disebut hak cipta terbagi, jika seorang penulis kontrak UMPG telah berkontribusi pada sebuah lagu dengan cara apa pun, lagu tersebut harus dihapus dari TikTok.

Baca Juga :   Jeff Satur Rilis Album Pertama, Campurkan Genre Pop, R&B, rock, hip-hop dan suara tahun 80-an

Jadi para artis yang telah berkolaborasi dengan artis seperti Swift, Adele, Justin Bieber, Mariah Carey, Ice Spice, Elton John, Harry Styles, dan SZA akan melihat lagu-lagu mereka menghilang dari TikTok dan menjadi bisu pada video yang saat ini menggunakannya.

Langkah ini akan mencegah lebih banyak artis untuk mempromosikan karyanya di platform yang paling penting untuk mempromosikan musik.

Baca Juga :   Pemeriksaan Rutin dan Skrining Dianjurkan Bagi Individu Berisiko Tinggi Kanker Paru

Menurut BBC, UMG menghapus sekitar tiga juta lagu dari TikTok setelah perjanjian atas katalog rekaman mereka kedaluwarsa. Perjanjian UMG dengan TikTok atas katalog penerbitan mereka (yang mencakup sekitar empat juta lagu) akan berakhir minggu ini, pada saat itu semua lagu yang relevan akan menghilang dari layanan video pendek tersebut.

Pembaruan 28 Februari 3:30PM ET: Ditambahkan konfirmasi bahwa TikTok menghapus lagu-lagu oleh penulis lagu yang dikontrak UMPG. (engaged)