Scroll untuk baca artikel
Industri

Exclusive Networks Akuisisi Nextgen Group

52
×

Exclusive Networks Akuisisi Nextgen Group

Sebarkan artikel ini
Exclusive Networks (Euronext Paris: EXN),  mengumumkan akuisisi 100% saham NEXTGEN Group ("NEXTGEN"), perusahaan terkemuka yang menyediakan layanan kanal penjualan dengan pertumbuhan pesat pada segmen keamanan siber, data resiliency, dan perusahaan digital. NEXTGEN beroperasi di Australia dan Selandia Baru, serta menjangkau seluruh Asia Pasifik.
BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Exclusive Networks (Euronext Paris: EXN),  mengumumkan akuisisi 100% saham NEXTGEN Group (“NEXTGEN”), perusahaan terkemuka yang menyediakan layanan kanal penjualan dengan pertumbuhan pesat pada segmen keamanan siber, data resiliency, dan perusahaan digital. NEXTGEN beroperasi di Australia dan Selandia Baru, serta menjangkau seluruh Asia Pasifik.

Berkantor pusat di Sydney, Australia, Nextgen berdiri pada 2011 dan memiliki 190 karyawan di Asia Pasifik.

Pada tahun buku 2023 yang berakhir pada 30 Juni 2023, Nextgen membukukan Penjualan Bruto senilai AU$266 juta (€160 juta), dan memproyeksikan pertumbuhan dua digit dalam beberapa tahun mendatang.

NEXTGEN menawarkan potensi pertumbuhan pesat untuk portofolio vendor, didukung berbagai jenis layanan. Lewat transaksi yang meningkatkan valuasi bisnis ini, Exclusive Networks akan menjadi pemimpin pasar di Australia dan Selandia Baru yang menghasilkan sinergi komersial dan finansial mengingat posisi kedua perusahaan tersebut yang saling melengkapi.

Baca Juga :   Ekspansi Global, PGE Tandatangani Perjanjian dengan Pengembang Panas Bumi di Turki

Perpaduan Nextgen dan Exclusive Networks akan menawarkan layanan manajemen kanal penjualan yang unik, terpadu, dan bernilai tambah, didukung alat ukur data real-time dan analisis dengan fitur kecerdasan buatan (AI). Layanan tersebut akan memenuhi kebutuhan Asia Pasifik, serta mendukung Exclusive Networks untuk meluncurkan layanan kanal penjualan digital dengan skala global.

Keahlian Nextgen dalam solusi asesmen cloud migration, pemasaran digital, dan lead generation akan meningkatkan proposisi bisnis Exclusive Networks. Hal ini terwujud dengan memanfaatkan platform internal Nextgen yang mutakhir, serta pengembangan inisiatif dengan hyperscaler sebagai basis pertumbuhan pada fase berikutnya.

Setelah akuisisi ini, jangkauan Exclusive Networks di Australia dan Selandia Baru akan bertambah luas hingga lebih dari dua kali lipat, berdasarkan angka proforma pada tahun buku yang berakhir pada 31 Desember 2023. Kombinasi kedua perusahaan akan menghasilkan angka penjualan bruto sekitar €615 juta di Asia Pasifik, wilayah yang memiliki prospek pertumbuhan menarik, serta proyeksi total addressable market yang mencapai $10 miliar pada 2023[1].

Baca Juga :   Apical Berinvestasi 1 Miliar Dolar AS untuk Ekspansi Produk Hilir Minyak Sawit di Dumai

Finalisasi transaksi ini bergantung pada syarat dan ketentuan terkait, serta ditargetkan selesai pada Triwulan II-2024.

Jesper Trolle, CEO, Exclusive Networks mengatakan, akuisisi ini merupakan lompatan besar dalam strategi pertumbuhan kami di Asia Pasifik. Lewat akuisisi ini, kami memperkuat bisnis, serta berekspansi dan mengembangkan proposisi bisnis Exclusive Networks. Kami menyambut baik kehadiran John Walters dan time NEXTGEN yang sangat berbakat, serta ingin bekerja sama dengan mereka. Dengan bekerja sama, kami ingin membangun pemimpin pasar regional dan membuat terobosan baru. Kombinasi sumber daya dan pengalaman kami akan mempercepat pertumbuhan dan daya saing di pasar yang sangat dinamis tersebut, serta pasar-pasar lain.”

Baca Juga :   Montnets, Telkomsel dan Multitech Infomedia Sepakat Ekspansi Produk Messaging Generasi Baru

John Walters, Pendiri dan CEO Nextgen Group mengatakan, guna menangkap peluang pertumbuhan Nextgen Group berikutnya, kami harus mencari mitra global yang tepat, terutama mitra dengan investasi yang cocok bagi model bisnis dan budaya perusahaan kami. Exclusive Networks, dipimpin oleh Jesper, sangat sesuai dengan ambisi dan prinsip kami, termasuk semangat berinovasi dan kewirausahaan.

Setelah 13 tahun merintis bisnis dari sebuah usaha rintisan, kami sangat optimis dan antusias mengawali babak baru ini bersama Exclusive Networks. Langkah tersebut menjadi awal dari babak baru yang menarik, serta bergerak semakin cepat berkat sumber daya dan keahlian pemimpin pasar keamanan siber global.”