Scroll untuk baca artikel
Finansial

MUFG Bank Kantor Cabang Jakarta Catatkan Performa Gemilang di Tahun 2023

34
×

MUFG Bank Kantor Cabang Jakarta Catatkan Performa Gemilang di Tahun 2023

Sebarkan artikel ini
MUFG Bank

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – MUFG Bank Kantor Cabang Jakarta (MUFG) meraih pencapaian luar biasa dalam tahun 2023, dengan pertumbuhan Laba Bersih Bank yang signifikan, Pendapatan Bunga Bersih yang meningkat pesat, dan pertumbuhan kredit yang stabil dengan kualitas aset yang terjaga.

Kantor Cabang Jakarta MUFG, bagian dari kelompok keuangan terbesar dari Jepang, berhasil mencatatkan Laba Bersih sebesar IDR 5,9 triliun pada tahun 2023, meningkat 186% dibandingkan tahun sebelumnya. Pendapatan Bunga Bersih juga mencapai IDR 9,2 triliun, naik sebesar 119% (yoy) dalam periode yang sama.

Kazushige Nakajima, Executive Officer dan Country Head of Indonesia, MUFG Bank, menyatakan, “Kami sangat bangga dengan pencapaian rekor pertumbuhan Laba Bersih Bank sebesar 186% untuk tahun 2023. Ini merupakan bukti nyata dari kekuatan kami di pasar yang terus berkembang dan jaringan yang kokoh, serta komitmen kami dalam menyediakan solusi keuangan berkualitas dengan memanfaatkan jaringan yang unik di Indonesia dan seluruh wilayah ASEAN.”

Fungsi intermediasi Bank juga menunjukkan kinerja positif, dengan pertumbuhan kredit sebesar 2% (yoy) mencapai IDR 89,2 triliun. Pertumbuhan ini terutama didorong oleh segmen bisnis Japanese Corporate, sementara segmen bisnis Global Corporate tetap solid dan berhasil mempertahankan portofolio kreditnya. Pencapaian ini juga mendukung pertumbuhan Total Aset Bank sebesar 3% (yoy) menjadi IDR 193,1 triliun.

Baca Juga :   LPEI Perkuat Kemitraan dengan Perbankan Dukung Eksportir Indonesia Bersaing di Pasar Global

Bank secara konsisten mempertahankan dan meningkatkan kualitas asetnya dengan mengimplementasikan prinsip kehati-hatian, yang terbukti dengan penurunan rasio NPL menjadi 0,1% di tahun 2023, lebih rendah dari 0,6% di tahun sebelumnya.

Di bidang pendanaan, dana pihak ketiga mencapai IDR 57,6 triliun dengan upaya terus menerus meningkatkan pendanaan yang murah. Bank juga berhasil meningkatkan rasio CASA menjadi 67,0% di tahun 2023, naik dari 63,6% di tahun sebelumnya.

Baca Juga :   Dorong Pariwisata Berkelanjutan, BCA Sinergi dengan Pengurus 'Desa Bakti BCA'

Dengan sejumlah pencapaian gemilang ini, Return on Equity (ROE) Bank mencapai 5,0%, meningkat dari 1,8% di tahun sebelumnya. Peningkatan ROE ini menunjukkan kinerja keuangan Bank yang terus berkembang, terutama berkat komitmen Bank dalam mengembangkan bisnis dan memberikan nilai tambah bagi para pemegang saham.

Prestasi gemilang dalam kinerja keuangan ini adalah bukti nyata dari keberhasilan Bank dalam menyesuaikan strategi bisnisnya serta upaya terus-menerus dalam menerapkan budaya yang berorientasi pada kepuasan pelanggan. (saf)