Scroll untuk baca artikel
Nasional

Dukung Pengurangan Sampah Plastik, Yayasan WINGS Peduli Giatkan Kampanye #PilahDariSekarang

25
×

Dukung Pengurangan Sampah Plastik, Yayasan WINGS Peduli Giatkan Kampanye #PilahDariSekarang

Sebarkan artikel ini
Tempat Sampah Pilah di kantin WINGS Group sebagai Fasilitas Karyawan Terapkan #PilahDariSekarang,

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Yayasan WINGS mengajak masyarakat untuk mengurangi sampah plastik melalui kampanye #PilahSekarang yang diluncurkan dalam rangka peringatan Hari Bumi. Yayasan WINGS melibatkan ratusan karyawan dari WINGS Group untuk aktif dalam kegiatan pemilahan sampah di kantor, dengan menyediakan fasilitas dan dukungan yang diperlukan. Inisiatif ini adalah bagian dari upaya Yayasan WINGS untuk mendukung kelestarian Bumi, sejalan dengan komitmen CSR #WINGSPeduliLingkungan.

Asep Kuswanto, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi DKI Jakarta, menekankan pentingnya partisipasi publik dalam mengurangi penumpukan sampah, terutama plastik. “Kami terus mendorong masyarakat Jakarta untuk memulai pemilahan sampah sejak dari rumah, sebagai langkah awal dalam manajemen sampah yang efektif, sesuai dengan Peraturan Gubernur No.77 tahun 2020 tentang Pengelolaan Sampah Lingkup RW. Selain itu, kolaborasi skala besar melalui Gerakan Kolaborasi Sosial Berskala Besar (KSBB) Persampahan, yang melibatkan berbagai pemangku kepentingan dari produsen plastik, perusahaan makanan dan minuman, hingga akademisi, diharapkan semakin meluas. Kami berharap inisiatif #PilahSekarang dapat diterapkan oleh seluruh warga Jakarta,” ungkap Asep Kuswanto.

Memilah sampah berdasarkan kategori merupakan langkah awal di tingkat rumah tangga untuk memulai proses daur ulang plastik secara lebih luas. Yayasan WINGS melalui kampanye #PilahSekarang terus mengedukasi masyarakat untuk melakukan 3 langkah “KPS”: KENALI bahan baku sampah, PILAH berdasarkan kategori, dan SETOR ke Bank Sampah. Hingga saat ini, Yayasan WINGS telah memberikan edukasi kepada lebih dari 20 ribu individu, terutama ibu rumah tangga dan pelajar, di 20 kota/kabupaten di Indonesia. Untuk mencapai lebih banyak orang, Yayasan WINGS bekerja sama dengan berbagai pihak, termasuk merek-merek dari WINGS Group, pemerintah, akademisi, dan organisasi lingkungan. Pada Hari Bumi, kampanye #PilahSekarang diharapkan dapat menjadi kebiasaan bagi masyarakat dalam mengatasi masalah penumpukan sampah plastik, sejalan dengan semangat Hari Bumi 2024 bertema Planet vs Plastic.

Karyawan WINGS sebagai Agen Perubahan untuk #PilahSekarang

Baca Juga :   Super Indo Kenalkan Konsep Supermarket Ramah Sampah di Kota Bandung

Yayasan WINGS juga mengajak karyawan WINGS Group untuk bergabung dalam gerakan #PilahSekarang di lingkungan kantor sebagai langkah awal menuju gaya hidup berkelanjutan. Untuk mendukung program ini, Yayasan WINGS bersama manajemen WINGS Group menyediakan fasilitas pengelolaan sampah, seperti tempat sampah terpisah dan melakukan klasifikasi sampah di area penyimpanan sementara dan akhir. Agar program ini berkelanjutan, Yayasan WINGS bersama beberapa divisi memperkuat sistem dukungan pengelolaan sampah di kantor. Ini termasuk mengedukasi semua karyawan dari berbagai departemen dan tingkatan tentang pemilahan sampah, mengadakan talkshow tentang keberlanjutan, hingga memberikan panduan tentang pengangkutan sampah kepada petugas kebersihan kantor.

Sheila Kansil, perwakilan Yayasan WINGS, berharap keterlibatan karyawan WINGS Group dapat memperluas jangkauan kampanye #PilahSekarang. “Upaya untuk menerapkan pengelolaan sampah di lingkungan kantor merupakan komitmen kami untuk membuat #PilahSekarang menjadi gerakan yang meluas, tidak hanya diikuti oleh konsumen eksternal. Kami harap setelah menerapkan ini di kantor, karyawan akan memengaruhi orang lain di sekitarnya untuk melakukan #PilahSekarang,” ujarnya.

Baca Juga :   Menparekraf Gandeng Mitra Co-Branding Wonderful Indonesia Luncurkan Program ‘Belanja Ekstra Murah’

Sebagai kampanye berbasis edukasi, Yayasan WINGS juga menyertakan program pengelolaan sampah dari hulu ke hilir dalam kampanye #PilahSekarang. Di tingkat hulu, Yayasan WINGS bersama merek inovatif menggunakan kemasan rPET untuk beberapa produk minuman. Di tingkat tengah, Yayasan WINGS mendirikan Bank Sampah dengan fasilitas pendukung seperti Tempat Pengumpulan Sampah (TPS) dan boom sampah, serta mengadakan Aksi Bersih di laut, sungai, dan kali. Di tingkat hilir, Yayasan WINGS berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengubah limbah plastik menjadi produk baru, seperti instalasi seni bernama Plasti(C)ity bersama organisasi arsitektur, dan hasil penjualan produk tersebut digunakan sebagai sumber dana beasiswa untuk sekolah tinggi di Jakarta.

Berbagai upaya yang dilakukan Yayasan WINGS sejalan dengan filosofi perusahaan bahwa hal-hal baik dalam hidup seharusnya dapat diakses oleh semua orang. (saf)