Scroll untuk baca artikel
Nasional

BINUS University Jawab Tantangan Pengangguran Gen Z, 80,1% Lulusan Wisuda 69 Langsung Bekerja

28
×

BINUS University Jawab Tantangan Pengangguran Gen Z, 80,1% Lulusan Wisuda 69 Langsung Bekerja

Sebarkan artikel ini
Suasana Wisuda 69.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – BINUS University meluluskan 4.441 wisudawan dalam Wisuda ke-69 pada 10 dan 11 Juli 2024. Acara ini menunjukkan kontribusi BINUS dalam mengatasi pengangguran dengan mencetak lulusan yang siap kerja. Sebanyak 80,1% dari lulusan sarjana langsung bekerja, dengan 36,2% di perusahaan global, 19,9% di perusahaan nasional teratas, 17,7% menjadi wirausahawan, 1,3% di startup, dan 5,1% melanjutkan studi.

Dr. Nelly, Rektor BINUS University, menyatakan, “Sebagai perguruan tinggi berkelas dunia, BINUS terus berinovasi untuk mencetak lulusan berkualitas global yang bisa menjawab tantangan masyarakat.”

BINUS University menargetkan 2 dari 3 lulusannya untuk bekerja di perusahaan global atau menjadi wirausahawan. Salah satu inovasinya adalah Program Kuliah 2,5 Tahun yang memungkinkan mahasiswa memulai karier lebih cepat. Program ini termasuk enrichment program yang menawarkan tujuh jalur pembelajaran: entrepreneurship, research, internship, further study, community development, study abroad, dan specific independent study.

Baca Juga :   Otoritas IKN-ASPI Hadirkan Inovasi Strategis untuk Pembangunan IKN

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem A. Makarim, mengapresiasi BINUS, “Dalam lima tahun terakhir, BINUS berkembang menjadi kampus berkelas dunia yang memberi kemerdekaan belajar dan berkarya di luar kampus.”

Salah satu wisudawan, Nadia Tjandra, jurusan Teknik Informatika, meraih prestasi di Apple Developer Program @BINUS dengan aplikasi IOS Circuit Craze yang membuatnya diundang ke Apple Park untuk mempresentasikan karyanya di hadapan Tim Cook.

BINUS University berkomitmen untuk membina dan memberdayakan masyarakat, mempersiapkan generasi muda menyongsong Indonesia Emas 2045. Kepala LLDIKTI Wilayah IV, Dr. M. Samsuri, mengapresiasi pengembangan karakter di BINUS, menyoroti integritas sebagai nilai utama.

Baca Juga :   TEGUK dan Dompet Dhuafa Beri Bantuan untuk Gaza

Wisuda ke-69 menambah alumni BINUS menjadi lebih dari 150.000, dengan komunitas Binusian lebih dari 200.000 yang siap membina dan memberdayakan masyarakat sesuai Visi BINUS 2035, “a world-class university, fostering and empowering the society in building and serving the nation.”(saf)