Scroll untuk baca artikel
Nasional

SpaceX Luncurkan Satelit Komunikasi Indonesia

23
×

SpaceX Luncurkan Satelit Komunikasi Indonesia

Sebarkan artikel ini
Falcon 9 meluncurkan satelit komunikasi Merah Putih 2 dari Stasiun Antariksa Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat

BISNISASIA.CO.ID, AMERIKA SERIKAT – Roket Falcon 9 meluncurkan satelit komunikasi Merah Putih 2 dari Stasiun Antariksa Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat, Selasa (20/2/2024)  pukul 15:11 EST (2011 GMT).

Tahap pertama Falcon 9 kembali ke Bumi sekitar 8,5 menit setelah lepas landas seperti yang direncanakan, melakukan pendaratan vertikal di pesawat nirawak SpaceX Just Read the Instructions di Samudra Atlantik.

Ini adalah peluncuran dan pendaratan ke-17 untuk pendorong khusus ini, menurut deskripsi misi SpaceX. Jumlah tersebut hanya kalah dua kali dari rekor penggunaan ulang perusahaan, yang dibuat pada Desember 2023.

Sementara itu, tahap atas roket terus melesat ke angkasa, dan akhirnya membawa Merah Putih 2 ke orbit transfer geosinkron 34,5 menit setelah lepas landas.

Setelah mengorbit, satelit berbobot 8.800 pon (4.000 kilogram) ini akan menyediakan layanan internet cepat bagi pelanggan di Indonesia selama sekitar 15 tahun ke depan.
Satelit ini akan dioperasikan oleh Telkomsat, perusahaan telekomunikasi milik negara Indonesia.

Baca Juga :   Nilai Ekspor Indonesia Januari 2024 Capai 20,52 Miliar Dolar AS

Peluncuran hari ini merupakan yang ke-16 bagi SpaceX pada tahun 2024. Tiga dari peluncuran tahun ini terjadi dalam rentang waktu 23 jam pada 14 Februari dan 15 Februari, ketika perusahaan meluncurkan misi rahasia USSF-124 untuk Angkatan Antariksa AS, mengirimkan misi pendaratan pribadi IM-1 ke bulan, dan mengorbitkan satu set satelit Starlink miliknya.

Baca Juga :   Sinergi dan Kolaborasi Menjadi Kunci Sukses Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2023

Dan irama peluncuran dapat meningkat seiring dengan berjalannya tahun 2024; perwakilan SpaceX mengatakan bahwa perusahaan berencana untuk meluncurkan 144 misi orbital tahun ini.