Scroll untuk baca artikel
Nasional

PUPR Gratiskan Akses Tol Strategis Solo dan Kartasura-Klaten untuk Mudik 2024

24
×

PUPR Gratiskan Akses Tol Strategis Solo dan Kartasura-Klaten untuk Mudik 2024

Sebarkan artikel ini
Menteri PUPR Basuki saat meninjau Ruas Tol Fungsional Solo-Yogyakarta di Klaten, Jawa Tengah. (Foto: Biro Komunikasi Publik KemenPUPR)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mempersembahkan akses tol gratis pada ruas Solo – Yogyakarta – New Yogyakarta International Airport (NYIA) dan ruas Kartasura – Klaten.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono menjelaskan bahwa jalan tol sepanjang 22,3 kilometer tersebut akan diaktifkan secara fungsional untuk membantu mengurai kemacetan selama arus mudik dan arus balik Idulfitri 2024, serta mempercepat perjalanan.

“Para masyarakat yang berasal dari Solo menuju Yogyakarta dapat memasuki jalur tol dari gate Colomadu atau Kartasura, baik dari arah Semarang maupun Surabaya, dan keluar di gate Ngawen sepanjang 22,3 kilometer ini. Dengan begitu, mereka bisa melewati sekitar 38 lampu lalu lintas di sepanjang Solo-Yogyakarta, diharapkan dapat membantu mengurai kemacetan,” ujar Menteri PUPR Basuki saat melakukan peninjauan langsung di Jalan Tol Solo – Yogyakarta di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah pada Sabtu (6/4/2024).

Baca Juga :   Dari Canon untuk Kampoeng Wirausaha, Dukung Pelaku UMKM Beralih ke Teknologi Digital

Jalan Tol Solo/Kartasura – Klaten akan mulai beroperasi secara fungsional mulai tanggal 5 hingga 15 April 2024 pada jam 06.00-17.00 WIB. Selama periode ini, jalan tol hanya akan dapat dilalui oleh kendaraan Golongan I, yaitu roda empat non-bus.

Sudah terlihat mobil-mobil banyak menggunakan jalan tol ini, bergerak searah dari Solo/Kartasura menuju Klaten sesuai dengan pengaturan dari Kepolisian setempat.

Baca Juga :   Menparekraf Tekankan Pentingnya Kreativitas Lokal dalam Strategi Branding dan Promosi Bisnis

Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Marga Hedy Rahadian turut mengungkapkan bahwa dengan fungsionalnya ruas Solo/Kartasura – Klaten, waktu perjalanan bisa dipangkas hingga 50 persen lebih cepat.

“Sebelumnya, waktu tempuh melalui jalan nasional dari Solo/Kartasura ke Klaten sekitar 50-60 menit. Dengan jalan tol fungsional ini, waktu tempuhnya menjadi sekitar 25-30 menit saja,” ungkap Dirjen Hedy, Sabtu (6/4/2024).

Dirjen Hedy berharap bahwa dengan dibukanya jalan tol ini, para pemudik akan merasa lebih nyaman karena sudah disediakan berbagai fasilitas dasar, seperti layanan informasi, BBM Mobile Jalan Tol, PJR (Patroli Jalan Raya), tenaga medis, kendaraan derek, hingga toilet.

Baca Juga :   Pelabuhan Merak Siap Melayani Arus Mudik 2024

“Semoga perjalanan mudik melalui jalan tol fungsional Solo/Kartasura ke Klaten menjadi lebih nyaman dan mempersingkat waktu tempuhnya,” tambah Dirjen Hedy.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, Staf Ahli Menteri Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Direktur Pembangunan Jalan Wida Nurfaida, serta Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah – Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Rien Marlia. (saf/infopublik.id)