Scroll untuk baca artikel
Nasional

Peron 11 dan 12 Stasiun Manggarai Kembali Layani Penumpang

22
×

Peron 11 dan 12 Stasiun Manggarai Kembali Layani Penumpang

Sebarkan artikel ini
Eskalator di Stasiun Manggarai sudah dapat berfungsi maksimal layani penumpang. (Foto: Kemenhub)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan telah menyelesaikan perawatan eskalator di Stasiun Manggarai untuk memastikan layanan optimal kepada penumpang.

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Jakarta (BTP Jakarta), Ferdian Suryo Adhi Pramono, menjelaskan bahwa uji pemeriksaan telah dilakukan terhadap sejumlah eskalator di Stasiun Manggarai untuk memahami secara menyeluruh perbaikan yang diperlukan guna memastikan kinerja maksimal eskalator tersebut.

“Kami telah menindaklanjuti arahan dari hasil uji pemeriksaan, bekerjasama dengan pihak Perusahaan Jasa Kesehatan dan Keselamatan Kerja (PJK3) yang terdaftar di Kementerian Tenaga Kerja, dan saat ini eskalator sudah berfungsi dengan normal,” ujar Ferdian pada Kamis (14/3/2024).

Baca Juga :   Harimau Sumatra Dipulangkan ke Habitat Alaminya di Taman Nasional Gunung Leuser

Selain perbaikan yang diperlukan, PJK3 juga merekomendasikan agar operator melakukan perawatan berkala dan mengatur kapasitas penumpang yang menggunakan eskalator tersebut.

Setelah perawatan selesai, Ferdian berharap para pengguna jasa layanan kereta api di Stasiun Manggarai dapat dilayani dengan baik. “Kami memohon maaf atas ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan selama proses perawatan ini,” ungkapnya.

Sebagai langkah antisipasi ke depan, Ferdian juga menyampaikan rencananya untuk melakukan uji pemeriksaan terhadap semua perangkat lift dan eskalator di enam stasiun (Manggarai, Matraman, Jatinegara, Bekasi, Tambun, dan Cikarang) yang berada di bawah tanggung jawab BTP Jakarta.

Baca Juga :   Lebaran 2024, Kemenhub Kembali Gelar Program Mudik Gratis Sepeda Motor

Kegiatan ini akan diikuti dengan perawatan dan rekondisi perangkat lift serta eskalator yang memerlukan perbaikan.

“Persetujuan terkait anggaran perawatan sudah disetujui minggu lalu dan akan kami tindaklanjuti sesuai prosedur pengadaan barang/jasa Pemerintah,” tambahnya.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan bahwa telah dilakukan pembahasan bersama PT KAI (Persero) dan PT KCI selaku operator terkait pengelolaan stasiun.

Baca Juga :   Ditembak KKB, Pesawat PK-LTF Berlubang di Area Cargo Pod Section D

“Pembahasan ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas layanan dan memaksimalkan pelayanan kepada penumpang di stasiun-stasiun komuter yang berada di bawah wilayah tanggung jawab BTP Jakarta,” jelasnya.

Ferdian juga mengajak masyarakat pengguna jasa layanan kereta api untuk bersama-sama menjaga fasilitas yang telah disediakan. “Jika ada kendala lebih lanjut pada fasilitas yang ada, mohon untuk segera menghubungi kami agar dapat kami tindaklanjuti dengan cepat,” tutupnya. (saf/infopublik.id)