Scroll untuk baca artikel
Nasional

Lebaran 2024, Kemenhub Kembali Gelar Program Mudik Gratis Sepeda Motor

22
×

Lebaran 2024, Kemenhub Kembali Gelar Program Mudik Gratis Sepeda Motor

Sebarkan artikel ini
Program mudik gratis sepeda motor. (Foto: Kemenhub)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) kembali menginisiasi Program Angkutan Mudik Gratis pada perayaan Lebaran 2024. Langkah ini diambil untuk mengatasi lonjakan jumlah masyarakat yang berencana mudik dengan menggunakan sepeda motor pribadi.

“Kami mengundang masyarakat untuk bergabung dalam Program Mudik Gratis yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan. Tak hanya penumpang, namun sepeda motor juga akan kami layani secara gratis, memudahkan mobilitas mereka di tempat tujuan,” ungkap Juru Bicara Kementerian Perhubungan, Adita Irawati, di Jakarta pada Kamis (29/2/2024).

Adita juga mengingatkan masyarakat akan potensi bahaya saat melakukan perjalanan jauh dengan sepeda motor. Ia berharap masyarakat bisa memilih angkutan umum atau memanfaatkan Program Mudik Gratis yang disediakan.

Baca Juga :   Kemenhub Fokus Kembangkan Potensi Pelabuhan Bitung untuk Tingkatkan Ekspor Perikanan

“Kami terus mengimbau agar masyarakat tidak menggunakan sepeda motor untuk perjalanan jauh karena risiko kecelakaannya yang tinggi. Kami berharap masyarakat dapat memilih transportasi umum atau memanfaatkan Program Mudik Gratis yang kami sediakan,” jelasnya.

Program Mudik Gratis ini tersedia melalui jalur darat, laut, dan kereta api, diselenggarakan di beberapa titik simpul transportasi. Di jalur darat, Kemenhub melalui Ditjen Perhubungan Darat menggelar Program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dan Truk.

Pendaftaran untuk Program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Bus dapat dilakukan melalui aplikasi Mitra Darat, yang rencananya akan dibuka mulai tanggal 5 Maret hingga 3 April 2024. Pada arus mudik dan balik, terdapat 722 unit bus yang disediakan untuk 30.088 penumpang, serta 30 unit truk untuk 900 sepeda motor. Keberangkatan arus mudik direncanakan pada tanggal 5 hingga 7 April 2024, sedangkan arus balik pada tanggal 14 dan 15 April 2024.

Baca Juga :   Demi Xpander, Mitsubishi Bakal Mengimpor Kembali Pajero Sport

Selain itu, di jalur laut, Ditjen Perhubungan Laut menyelenggarakan Program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kapal Laut, dengan kuota untuk 9.800 penumpang dan 4.800 unit sepeda motor, yang direncanakan berangkat pada tanggal 3 hingga 17 April 2024.

Sementara itu, di jalur kereta api, Ditjen Perkeretaapian juga menyediakan Program Mudik Gratis Sepeda Motor dengan Kereta Api. Tiket kereta api dapat diperoleh mulai tanggal 4 Maret hingga 18 April 2024. Terdapat kuota untuk 28.196 penumpang dan 12.180 unit sepeda motor. Keberangkatan arus mudik dijadwalkan pada tanggal 2 hingga 8 April 2024, sedangkan arus balik pada tanggal 13 hingga 19 April 2024.

Baca Juga :   Lonjakan Penumpang Kereta Api Meningkat 44 Persen selama Long Weekend Ini

Seperti tahun sebelumnya, banyak BUMN dan perusahaan swasta yang juga menyelenggarakan Program Mudik Gratis. Kemenhub berharap bahwa pada Lebaran 2024 ini, semakin banyak instansi, perusahaan, dan pihak lain yang ikut serta menyelenggarakan Program Mudik Gratis sehingga masyarakat semakin banyak yang bisa mendapat manfaat.

“Kami berharap, pada tahun ini semakin banyak BUMN dan perusahaan swasta yang menyelenggarakan Mudik Gratis. Dengan semakin banyaknya Program Mudik Gratis, diharapkan jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor dapat berkurang sehingga angka kecelakaan turun dan kemacetan di jalan bisa diminimalisir,” tambah Adita.(saf/infopublik.id)