Scroll untuk baca artikel
Nasional

Peredaran Uang Baru saat Mudik Lebaran Berpotensi Dorong Pertumbuhan Ekonomi Desa Wisata

16
×

Peredaran Uang Baru saat Mudik Lebaran Berpotensi Dorong Pertumbuhan Ekonomi Desa Wisata

Sebarkan artikel ini
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar dan Perwakilan Bank Indonesia. (Foto: Humas Kemendes PDTT)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Harapan akan pertumbuhan ekonomi desa, terutama yang terkait dengan desa wisata, semakin menguat dengan meningkatnya peredaran uang baru yang disiapkan oleh Bank Indonesia, yang akan didistribusikan dari kota ke desa selama mudik Lebaran 2024.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Bank Indonesia atas dukungannya yang konsisten. Kami berharap bahwa peredaran uang ini akan memberikan dampak yang nyata bagi seluruh masyarakat di berbagai daerah,” ungkap Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar, dalam pernyataannya terkait acara simbolis penukaran uang di Kantor Kemendes PDTT, Jakarta, pada Selasa (2/4/2024).

Menurut Abdul Halim, lonjakan peredaran uang selama libur Lebaran ini berpotensi meningkatkan jumlah kunjungan ke desa-desa wisata, sehingga hal ini harus dimanfaatkan secara optimal oleh masyarakat lokal.

Lebih lanjut, diprediksi jumlah pemudik pada tahun 2024 akan lebih besar dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

“Semakin banyak uang yang beredar di suatu daerah, maka perekonomian masyarakat di desa juga akan semakin berkembang. Ini akan memberikan dorongan positif bagi pertumbuhan sektor usaha kecil dan menengah, meningkatkan kehidupan pariwisata, serta pada akhirnya menciptakan pertumbuhan ekonomi yang signifikan di daerah tersebut,” paparnya.

Baca Juga :   1.000 Peserta Berpartisipasi dalam Baparekraf Developer Day 2024 di Bandung

Abdul Halim juga memberikan apresiasi kepada Bank Indonesia (BI) atas sinergi yang terus terjalin dengan baik bersama seluruh Kementerian dan lembaga terutama Kemendes PDTT dalam mengatur lokasi penukaran uang menjelang libur Lebaran.

Dengan tersedianya layanan penukaran uang di lingkungan Kemendes PDTT, para pegawai dan masyarakat sekitar akan lebih mudah untuk menukarkan uang yang dibutuhkan untuk perjalanan ke kampung halaman.

Penukaran uang ini juga menjadi langkah penting mengingat bahwa selama masa puncak pandemi COVID-19 tiga tahun lalu, tradisi memberikan uang baru kepada keluarga dan tetangga setelah melaksanakan salat Idulfitri tidak dapat dilakukan seperti biasanya.

Baca Juga :   BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun untuk Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran

“Kami berharap kerjasama yang baik antara Bank Indonesia dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal, serta Transmigrasi terus berlanjut dan semakin ditingkatkan ke depannya,” tutur Mendes PDTT.

Dia juga mengirimkan doa untuk kelancaran perjalanan mudik seluruh keluarga besar Kemendes PDTT pada tahun ini, agar mereka dapat pulang dengan selamat dan tepat waktu.

“Selamat mudik Lebaran, semoga selamat sampai tujuan, serta diberikan keselamatan dan berkah oleh Tuhan Yang Maha Kuasa selama perjalanan mudik dan kembali ke tempat kerja masing-masing,” ujar Abdul Halim Iskandar. (saf/infopublik.id)