Scroll untuk baca artikel
Nasional

Otoritas IKN Siap Meriahkan Peringatan HUT Kemerdekaan RI

29
×

Otoritas IKN Siap Meriahkan Peringatan HUT Kemerdekaan RI

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi desain Istana Negara di ibu kota negara yang baru: Nusantara. (Foto: Instagram/Nyoman_Nuarta)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Otoritas Ibu Kota Nusantara (IKN) terus melangkah maju dalam persiapan menyambut perayaan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di Nusantara pada tanggal 17 Agustus 2024.

Deputi Bidang Sarana dan Prasarana OIKN, Silvia Halim, menjelaskan bahwa pihaknya telah bekerja keras dalam menyiapkan segala keperluan untuk perayaan HUT Kemerdekaan RI tahun ini di IKN.

“Kami telah memastikan ketersediaan akomodasi serta kelancaran mobilitas para tamu yang akan menghadiri Upacara HUT Kemerdekaan RI. Kami juga telah mengatur persiapan untuk memastikan tersedianya pangan, mengingat jumlah ribuan orang yang akan hadir dalam perayaan tersebut di IKN,” ujar Silvia saat berbicara dalam acara Indonesia Architecture Exhibition & Conference di Tangerang, Kamis (22/2/2024).

Silvia juga menjelaskan bahwa proyek-proyek pembangunan IKN hingga saat ini terus berjalan sesuai rencana, menuju perhelatan upacara peringatan 17 Agustus di ibu kota baru ini.

“IKN akan mulai beroperasi untuk pertama kalinya pada tanggal 17 Agustus 2024. Hari itu adalah momen bersejarah bagi kita semua, sehingga sangat tepat untuk dijadikan sebagai awal resmi berdirinya IKN,” tegas Silvia.

Baca Juga :   Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Capai 5,05 Persen Sepanjang 2023: Penilaian Kinerja dan Proyeksi Masa Depan

Selain itu, Silvia juga memperlihatkan sejumlah proyek pembangunan tahap pertama di IKN yang sedang berlangsung, seperti pembangunan Istana Presiden dan Plaza Seremoni, Hotel Nusantara, Bendungan Sepaku Semoi, dan Sumbu Kebangsaan. Sedangkan proyek-proyek berikutnya termasuk pembangunan perumahan, fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, ruang publik, dan pusat perbelanjaan.

Sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menyatakan bahwa progres pembangunan infrastruktur dasar Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara sesuai dengan jadwal dan target yang telah ditetapkan Pemerintah. Progres fisik dari 40 paket pekerjaan infrastruktur dasar IKN Tahap 1 telah mencapai 74,87 persen.

Basuki juga menjelaskan bahwa Kementerian PUPR telah memulai pembangunan infrastruktur dasar di IKN sejak awal September 2022, termasuk konektivitas, penyediaan air baku, sanitasi, dan pembangunan kantor-kantor pemerintahan di kawasan KIPP. Menurutnya, ini menjadi modal utama untuk membangun kepercayaan publik dan menarik investor untuk berinvestasi di IKN.

Baca Juga :   KAI Bersiap Hadapi Lonjakan Penumpang saat Libur Isra Mikraj dan Imlek

“Beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo telah melakukan tiga kali groundbreaking untuk proyek-proyek seperti gedung perkantoran, rumah sakit, dan hotel. Hari ini, kami hadir dengan lengkap bersama para Direktur Jenderal. Kami juga menyambut baik proses audit BPK untuk memastikan bahwa semua kegiatan di IKN dilaksanakan dengan tata kelola yang baik,” kata Basuki.

Ketua Satuan Tugas (Kasatgas) Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis Sumadilaga, menambahkan bahwa pembangunan IKN terbagi menjadi dua batch hingga akhir tahun 2024. Untuk batch pertama, 40 paket pekerjaan dengan progres fisik 74,87 persen telah berjalan. Sementara untuk batch kedua, 49 paket pekerjaan dengan progres 24 persen juga sudah dimulai. Total anggaran yang telah dialokasikan untuk 89 paket pekerjaan adalah sebesar Rp68,57 Triliun.

“Dalam konteks persiapan Upacara 17 Agustus di kawasan IKN, hampir seluruh infrastruktur termasuk dalam Batch 1. Contohnya, Gedung Kantor Presiden, Istana Negara, dan Lapangan Upacara sudah mencapai progres 56,37 persen. Bahkan, Gedung Kantor Presiden sendiri sudah mencapai progres 74,94 persen,” kata Danis Sumadilaga.

Baca Juga :   Pj Gubernur Banten Al Muktabar Resmikan Peningkatan PSU Jalan Lingkungan Kampung Cipacing

Danis juga menambahkan bahwa pembangunan jalan tol sebagai akses utama menuju kawasan IKN juga sudah berjalan pada tiga seksi, yaitu Seksi 3A Karangjoang-KKT Kariangau sepanjang 13,4 km dengan progres 70,9 persen, Seksi 3B KKT Kariangau-Simpang Tempadung sepanjang 7,3 km dengan progres 70 persen, dan Seksi 5A Simpang Tempadung-Jembatan Pulau Balang sepanjang 6,7 km dengan progres 77,8 persen.

“Selain proyek-proyek dalam Batch 1, proyek-proyek Batch 2 juga sedang berjalan. Salah satu yang cukup strategis adalah pembangunan 47 tower hunian untuk ASN, TNI, dan Polri. Khusus untuk persiapan Upacara 17 Agustus 2024, kami berharap pada bulan Juli 2024 mendatang, 12 tower hunian ini akan selesai dan siap digunakan lengkap dengan perabotannya,” tambah Danis. (saf)