Scroll untuk baca artikel
Nasional

Menparekraf Tinjau Kemajuan Pembangunan Fasilitas Pendukung Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di IKN

24
×

Menparekraf Tinjau Kemajuan Pembangunan Fasilitas Pendukung Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di IKN

Sebarkan artikel ini
Menparekraf Sandiaga Salahuddin Uno meninjau dan memantau secara langsung progres pembangunan fasilitas pendukung pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, (30/4/2024). (Foto: dok. Kemenparekraf)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Sandiaga Salahuddin Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), turun langsung untuk meninjau progres pembangunan fasilitas pendukung pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Proyek ini dijadwalkan akan selesai pada akhir Juni atau awal Agustus 2024.

Menparekraf Sandiaga memulai peninjauan dari Rumah Tapak Jabatan Menteri pada Selasa (30/4/2024) sore. Rumah tersebut, selaras dengan konsep compact city, memiliki luas lahan 1.000 meter dan luas bangunan 580 meter. Pembangunan rumah ini sangat memperhatikan aspek keberlanjutan lingkungan, sesuai dengan visi IKN sebagai kawasan “Future Smart Forest City of Indonesia”.

“Rumah ini didesain sangat fungsional di setiap ruangnya. Ukurannya tidak terlalu besar namun juga tidak terlalu kecil. Kami memastikan bahwa desainnya juga mengikuti prinsip-prinsip keberlanjutan,” ujar Menparekraf Sandiaga.

Baca Juga :   Terus Membangun Bangsa, Brantas Abipraya Kebut Pembangunan Bendungan Bulango Ulu Gorontalo

“Kami juga menargetkan bahwa fasilitas sentra ekonomi kreatif dapat difungsikan pada akhir Juli atau awal Agustus, sehingga UMKM lokal dapat segera berkreasi dan memulai pelatihan serta pendampingan. Hal ini bertujuan agar mereka siap ketika acara besar pada 17 Agustus nanti,” tambah Sandiaga.

Pada peringatan Hari Ulang Tahun ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia, yang rencananya akan dipimpin oleh Presiden Joko Widodo, akan dilaksanakan di Ibu Kota Nusantara (IKN) pada tanggal 17 Agustus 2024.

Baca Juga :   Otoritas IKN-ASPI Hadirkan Inovasi Strategis untuk Pembangunan IKN

Dalam kunjungannya, Menparekraf didampingi oleh Staf Khusus Menparekraf Bidang Pengamanan Destinasi Wisata dan Isu-isu Strategis Kemenparekraf/Baparekraf, Brigjen TNI Ario Prawiseso, dan Kepala Biro Umum, Hukum, dan Pengadaan, Sigit Joko Poernomo. (saf)