Scroll untuk baca artikel
Nasional

Menteri ATR/BPN Pimpin Penanaman 100 Ribu Pohon di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

18
×

Menteri ATR/BPN Pimpin Penanaman 100 Ribu Pohon di Hari Lingkungan Hidup Sedunia

Sebarkan artikel ini
Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day, jajaran Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) melakukan penanaman 100.000 pohon secara serentak se-Indonesia. (Foto: Humas Kementerian ATR/BPN)

BISNISASIA.CO.ID, BEKASI – Memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia atau World Environment Day, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) menggelar acara penanaman 100 ribu pohon secara serentak di seluruh Indonesia.

Penanaman pohon ini dipimpin oleh Menteri ATR/Kepala BPN, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), yang didampingi oleh Pembina Ikatan Istri Karyawan dan Karyawati (IKAWATI) ATR/BPN, Annisa Pohan Yudhoyono.

Acara ini diselenggarakan secara online dan offline di Komplek Perkantoran Kabupaten Bekasi pada Rabu (5/6/2024). Di setiap daerah, jumlah pohon yang ditanam mencapai 200 pohon. Di Kabupaten Bekasi, terdapat dua jenis pohon yang ditanam di lahan seluas 1 hektar, yaitu 180 bibit pohon mahoni dan 20 bibit pohon buah dengan tinggi bibit sekitar 50 sentimeter.

“Hari ini merupakan hari istimewa. Setiap 5 Juni, bangsa-bangsa di seluruh dunia merayakan Hari Lingkungan Hidup, World Environment Day, dan Indonesia ingin berada di barisan terdepan, bukan hanya sebagai warga dunia yang bertanggung jawab tetapi juga sebagai pelopor dalam upaya pelestarian lingkungan hidup,” ujar Menteri AHY.

Baca Juga :   Urai Kepadatan Arus Balik Trans Jawa, One Way Lokal KM 459 s.d KM 414 Diberlakukan

Ia menyatakan bahwa Kementerian ATR/BPN, sebagai bagian penting dari pemerintahan, ikut berkontribusi dalam semangat peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia. “Kami mendorong dan melaksanakan penanaman 100.000 pohon secara bersama-sama di seluruh Indonesia, dengan harapan kontribusi ini dapat berdampak positif pada lingkungan kita,” tambah Menteri AHY.

Selain memiliki nilai simbolis, Menteri AHY berharap penanaman pohon ini akan menjadi tindakan nyata yang bermanfaat tidak hanya bagi Indonesia tetapi juga secara ekonomis, meningkatkan pendapatan masyarakat. “Pohon-pohon yang kita tanam, seperti mahoni, dikenal efektif dalam menyerap karbon di udara,” kata Menteri ATR/Kepala BPN.

Baca Juga :   Nuanu Luncurkan Program Residensi Seniman, Hadirkan Inovasi Seni Indonesia

Ia juga mengapresiasi kerja keras seluruh stafnya atas kontribusi nyata dalam pelestarian lingkungan. “Terima kasih atas dedikasi yang telah diberikan, bukan hanya di sini, tetapi juga di seluruh Indonesia. Saya mengerti bahwa upaya ini dilakukan di tengah-tengah kesibukan dan rutinitas harian kita, tetapi kita selalu menyempatkan waktu untuk menjaga lingkungan hidup kita,” ucap Menteri ATR/Kepala BPN.

Menteri AHY menegaskan bahwa Kementerian ATR/BPN siap mendukung segala kebijakan Presiden Republik Indonesia dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Salah satu bentuk dukungannya adalah dengan memperbaiki regulasi terkait perdagangan karbon dan tata ruang yang berkelanjutan.

“Kami sedang mempersiapkan regulasi dan instrumen untuk perdagangan karbon, serta menata ruang yang berkelanjutan, sehingga kita bisa mencapai keseimbangan antara pertumbuhan ekonomi dan pelestarian lingkungan,” tegas Menteri AHY.

Baca Juga :   KKP Rilis Lokasi Pembersihan Sedimentasi di Laut

Penanaman 100.000 pohon ini sesuai dengan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2024, yang menekankan restorasi lahan, penghijauan, dan ketahanan terhadap kekeringan. Salah satu bentuk konkret implementasi tema tersebut adalah dengan berpartisipasi dalam kegiatan pelestarian lingkungan, seperti penanaman pohon.

Turut hadir dalam acara ini sejumlah Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN; Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Barat dan stafnya; serta Pj. Bupati Bekasi dan anggota Forkopimda Kabupaten Bekasi. Seluruh staf dari 33 Kantor Wilayah BPN Provinsi dan 479 Kantor Pertanahan di kabupaten/kota di seluruh Indonesia juga turut berpartisipasi dalam upaya pelestarian lingkungan ini, baik secara online maupun offline. (saf/infopublik.id)