Scroll untuk baca artikel
Nasional

Majalah DestinAsian Nobatkan Bali “The Best Island”

21
×

Majalah DestinAsian Nobatkan Bali “The Best Island”

Sebarkan artikel ini
Desa Wisata di Bali. (Foto: kemenparekraf.go.id)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Bali kembali meraih prestasi gemilang sebagai salah satu destinasi wisata terbaik di dunia dengan meraih predikat “The Best Island” dalam ajang DestinAsian Readers’ Choice Awards. Penghargaan bergengsi ini diserahkan kepada Direktur Komunikasi Pemasaran Kemenparekraf/Baparekraf, Yohanes De Brito Titus Haridjati, di Four Seasons Hotel Singapura pada Rabu (13/3/2024).

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Pariwisata (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno, dalam pernyataannya pada Jumat (15/3/2024), mengapresiasi penghargaan ini dan menegaskan bahwa hal ini menunjukkan betapa Bali masih menjadi destinasi unggulan bagi para wisatawan yang ingin menjelajah Indonesia.

“DestinAsian Readers’ Choice Awards merupakan penghargaan yang dipilih langsung oleh para pembaca setia majalah DestinAsian. Ini adalah bukti nyata bahwa Bali tetap menjadi destinasi yang diminati para wisatawan, seperti yang telah terbukti dari sejarah prestasi penghargaan ini,” ungkap Sandiaga.

DestinAsian adalah majalah perjalanan internasional yang telah hadir sejak tahun 2021, dengan jangkauan pembaca yang meliputi negara-negara di kawasan Asia Pasifik seperti Singapura, Indonesia, Thailand, Hongkong, Malaysia, Australia, dan lain-lain.

Menparekraf Sandiaga juga menjelaskan bahwa Bali memang telah lama menjadi favorit sebagai destinasi wisata di Indonesia. Berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Kemenparekraf, Bali berkontribusi sebesar 50 persen dari target kunjungan wisatawan mancanegara sebanyak 14,3 juta ke Indonesia.

Baca Juga :   Kementerian ATR/BPN Targetkan Bali Jadi Provinsi Full Layanan Elektronik

“Secara keseluruhan, kunjungan wisatawan ke Bali menyumbang 50 persen dari total target nasional, yakni sekitar tujuh juta kunjungan,” paparnya.

Untuk mendukung percepatan pencapaian ini, Menparekraf Sandiaga berkomitmen untuk meningkatkan aksesibilitas ke Bali. Salah satunya dengan memperluas jaringan penerbangan internasional ke pulau ini serta menyajikan paket-paket wisata yang unik dan menarik, tanpa mengakibatkan kelebihan wisatawan. Tujuannya adalah untuk menjaga agar pariwisata di Bali tetap berkualitas dan berkelanjutan.

“Kita perlu meningkatkan jumlah penerbangan dan menawarkan paket-paket perjalanan yang dapat menyeimbangkan distribusi wisatawan berkualitas, serta meningkatkan tingkat kunjungan dan durasi tinggal mereka di Bali. Hal ini diharapkan akan memberikan manfaat ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat setempat, tanpa menimbulkan masalah overtourism,” ujarnya.

Baca Juga :   Acara "Promoting Connectivity between Peoples for a More Beautiful Homeland" dan "Top Ten News Release for China-ASEAN Cooperation" Telah Digelar di Indonesia

Menparekraf Sandiaga juga berharap bahwa penghargaan ini akan menjadi inspirasi bagi destinasi-destinasi wisata lain di Indonesia untuk terus meningkatkan kualitasnya.

“Dengan prestasi yang terus diraih oleh Bali, kami berharap pulau ini dapat menjadi contoh bagi 5 Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) lainnya di Indonesia. Hal ini merupakan langkah yang patut kita apresiasi. Kami berharap adanya pertumbuhan yang sama bagi destinasi wisata lain di Indonesia, selain Bali,” tandasnya. (saf)