Scroll untuk baca artikel

Headline

Jelang Ramadan dan Idulfitri Pemerintah Pastikan Stok Beras Cukup

22
×

Jelang Ramadan dan Idulfitri Pemerintah Pastikan Stok Beras Cukup

Sebarkan artikel ini
Dirut Perum BULOG Byu Krisnamerthi saat mendampingi Menteri BUMN Erick Thohir dalam mengecek ketersediaan beras SPHP di Retail Modern Robinson Klender Jakarta, Senin (12/2/2024). (Foto: Istimewa/Bulog)

JAKARTA, BISNISASIA.CO.ID – Erick Thohir, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), menegaskan bahwa stok Cadangan Beras Pemerintah (CBP) yang dikelola oleh BULOG saat ini mencukupi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadan dan Idulfitri tahun 2024.

“Stok beras yang dikelola oleh BULOG saat ini mencapai 1,2 juta ton, ditambah dengan stok yang masih dalam perjalanan sebanyak 500 ribu ton, serta kuota penugasan impor dari pemerintah. Hal ini akan memberikan kepastian suplai yang cukup untuk menjaga stabilitas harga beras di pasaran,” ujar Erick Thohir saat melakukan pengecekan stok beras SPHP di Retail Modern Robinson Klender Jakarta, pada hari Senin (12/2/2024).

Erick juga menyampaikan bahwa BULOG telah menyalurkan beras Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) sebanyak 220 ribu ton sejak awal tahun 2024, dan akan menambah pasokan sebanyak 250 ribu ton mulai hari ini.

Baca Juga :   Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita: Sinyal Positif Manufaktur Indonesia di Tengah Suasana Pemilu dan Pilpres 2024

“Penambahan pasokan sebanyak 250 ribu ton beras SPHP dari BULOG akan memenuhi kebutuhan pasar, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir terhadap ketersediaan beras,” tambahnya.

Sementara itu, Direktur Utama Perum BULOG, Bayu Krisnamurthi, menambahkan bahwa penugasan impor beras oleh pemerintah akan dikelola dengan cermat oleh BULOG untuk menjaga stabilitas harga beras.

“Izin impor beras yang diberikan kepada BULOG berlaku sepanjang tahun dan akan kami kelola dengan baik agar tidak memberikan dampak negatif terhadap harga beras petani saat musim panen, serta tetap menjaga stabilitas harga untuk konsumen,” kata Bayu.

Baca Juga :   Libur Panjang Isra Miraj dan Imlek, Kemenhub Pastikan Kapasitas Kursi dan Konektivitas Udara Tercukupi

Dengan berbagai upaya dan program yang dijalankan oleh Pemerintah melalui BULOG, seperti penyaluran Bantuan Pangan Beras dan pasokan beras SPHP, pemerintah optimis dapat meredam fluktuasi harga yang disebabkan oleh siklus panen dalam negeri dan kondisi geopolitik dunia yang mempengaruhi harga beras secara global.(saf/infopublik.id)