Scroll untuk baca artikel
Nasional

Ini Pesan Kesehatan Menkes Saat Laksanakan Ibadah Puasa Ramadan

25
×

Ini Pesan Kesehatan Menkes Saat Laksanakan Ibadah Puasa Ramadan

Sebarkan artikel ini
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. (Foto: Tangkapan Layar Youtube Kemenkes)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Pemerintah Indonesia telah menetapkan ibadah puasa Ramadan 1445 Hijriah (H) dimulai pada Selasa, 12 Maret 2023. Dalam rangka ini, Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin memberikan pesan kesehatan penting bagi masyarakat dalam menjalankan ibadah puasa.

Pertama, Menkes menekankan pentingnya menjaga Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan rajin mencuci tangan menggunakan sabun sebelum makan dan minum. Kedua, ia mendorong untuk mengonsumsi makanan bergizi tinggi dan kaya serat, sambil mengurangi konsumsi makanan berlemak dan berlebihan garam.

“Ketiga, pastikan untuk minum air putih yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi selama puasa, dan menghindari minuman yang mengandung pemanis buatan,” ujar Menkes Budi melalui video yang disiarkan di kanal Youtube Kemenkes pada hari Senin (11/3/2024).

Baca Juga :   KKP Pastikan Stok Ikan Aman Jelang Ramadan dan Lebaran

Lebih lanjut, Menkes Budi mendorong masyarakat untuk tetap menjaga kebugaran tubuh dengan melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga, bekerja, serta menghindari kebiasaan merokok.

Menkes Budi juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia, bersama teman, sahabat, dan keluarga, untuk menjalani ibadah puasa dengan tubuh yang sehat dan bugar.

Baca Juga :   Acara "Promoting Connectivity between Peoples for a More Beautiful Homeland" dan "Top Ten News Release for China-ASEAN Cooperation" Telah Digelar di Indonesia

“Dengan izin Allah, mari kita jadikan ibadah puasa Ramadan 2024 ini menjadi yang terbaik. Mari kita terus tingkatkan iman dan takwa, sehingga kita dapat meraih keberkahan di bulan suci ini. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadan 1445 Hijriah,” tutup Menkes Budi. (saf/infopublik.id)