Scroll untuk baca artikel

Nasional

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat, Pj Gubernur Banten Al Muktabar Menyalurkan Bantuan Sosial ke Kabupaten Serang

32
×

Dorong Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat, Pj Gubernur Banten Al Muktabar Menyalurkan Bantuan Sosial ke Kabupaten Serang

Sebarkan artikel ini
Pj Gubernur Banten Al Muktabar saat melaksanakan penyaluran Bantuan Sosial kepada masyarakat Kabupaten Serang di Lapangan Desa Sidamukti, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, pada Rabu (30/1/2024).

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Penjabat Gubernur Banten, Al Muktabar, melaksanakan penyaluran Bantuan Sosial kepada masyarakat Kabupaten Serang di Lapangan Desa Sidamukti, Kecamatan Baros, Kabupaten Serang, pada Rabu (30/1/2024). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Ekspedisi Reformasi Birokrasi Tematik Berdampak yang diinisiasi oleh Pemerintah Provinsi Banten, bertujuan untuk menggerakkan perekonomian masyarakat.

“Program ini dirancang dengan melibatkan partisipasi dari masyarakat. Apa yang kami salurkan merupakan hasil usulan dari seluruh lapisan masyarakat, termasuk bantuan pangan, bantuan sosial, dan dukungan untuk usaha ekonomi produktif,” ungkap Al Muktabar.

Al Muktabar menegaskan bahwa sebagai bentuk akuntabilitas, dirinya bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) turut serta dalam penyaluran program bantuan sosial.

“Penerima manfaatnya adalah ibu-ibu, dengan tujuan agar bantuan tersebut tepat sasaran dan dapat dimanfaatkan secara optimal. Hal ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang signifikan bagi usaha para ibu-ibu,” tambahnya.

Baca Juga :   Amerika Serikat dan Pemerintah Indonesia Rayakan Keberhasilan Kerja Sama Tata Kelola

Dia juga menekankan bahwa momen tersebut adalah bentuk kehadiran pemerintah untuk melaksanakan program yang menjadi hak masyarakat.

Dalam penjelasannya, Al Muktabar menyebut bahwa Pemerintah Provinsi Banten memiliki Bank Banten dengan tujuan mendukung usaha ekonomi produktif masyarakat. Masyarakat yang telah memenuhi syarat untuk mendapatkan dukungan modal dapat memanfaatkan Bank Banten.

Al Muktabar mengajak pelaku usaha produktif untuk berbagi pengalaman guna memperkuat tatanan ekonomi masyarakat.

“Pertumbuhan usaha ekonomi akan mendorong masuknya investasi dan meningkatkan perputaran ekonomi,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Al Muktabar juga memaparkan tentang Reformasi Birokrasi Tematik Berdampak yang sedang dijalankan oleh Pemprov Banten. Program ini mencakup percepatan penanganan stunting, pengendalian inflasi, Gerakan Bangga Buatan Indonesia (BBI), Gerakan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), hingga peningkatan investasi. Dia juga mengajak masyarakat Banten untuk mendukung investasi sebagai langkah untuk mengurangi pengangguran dan meningkatkan perekonomian Provinsi Banten.

Baca Juga :   AQUA Elektronik Turut Berkontribusi Sukseskan Indonesia Masters 2024

“Provinsi Banten berkomitmen untuk mempercepat kesejahteraan masyarakat. Meskipun telah mencapai banyak capaian, kita tidak boleh berpuas diri,” tegasnya.

Al Muktabar menekankan bahwa Pemprov Banten sangat fokus pada pengembangan sumber daya manusia, termasuk pencegahan stunting, pelayanan kesehatan, dan pendidikan berkualitas untuk generasi penerus.

“Semoga upaya-upaya ini diberkahi oleh Allah SWT, khususnya dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Banten. Amin,” pungkasnya.

Baca Juga :   Acara "Promoting Connectivity between Peoples for a More Beautiful Homeland" dan "Top Ten News Release for China-ASEAN Cooperation" Telah Digelar di Indonesia

Staf Ahli Bupati Serang, Rahmat Setiadi, yang mewakili Bupati Serang, menyampaikan ucapan terima kasih atas Ekspedisi Reformasi Tematik Berdampak Pemprov Banten yang dilaksanakan di Kabupaten Serang, terutama di Kecamatan Baros.

Sebagai informasi, dalam rangka Ekspedisi Reformasi Birokrasi Tematik Berdampak, Pemerintah Provinsi Banten menyalurkan berbagai bantuan kepada masyarakat Kabupaten Serang, meliputi kursi roda, tongkat ketiak, kaki palsu, tongkat kaki tiga, jaminan sosial keluarga, bantuan pangan, bantuan usaha ekonomi produktif, alat bantu dengar, bantuan benih pertanian, bantuan ikan konsumsi, bantuan listrik desa, dan bantuan BPJS untuk peserta bukan penerima upah. Semua bantuan tersebut diharapkan dapat memberikan dampak positif pada kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat Kabupaten Serang.(saf)