Scroll untuk baca artikel

Nasional

BAZNAS Bangun Solidaritas Gerakan Zakat Lewat Kejuaraan Futsal “BAZNAS Cup 2024”

27
×

BAZNAS Bangun Solidaritas Gerakan Zakat Lewat Kejuaraan Futsal “BAZNAS Cup 2024”

Sebarkan artikel ini
BAZNAS Cup 2024. (Foto: Safar/bisnisasia.co.id)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Memperingati ulang tahunnya yang ke-23, Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI menggelar BAZNAS Cup 2024 dengan tujuan memperkuat semangat solidaritas dalam gerakan zakat, olahraga, dan kesadaran akan gaya hidup sehat.

KH Achmad Sudrajat, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Koordinasi Nasional, mengucapkan terima kasih atas dukungan yang diberikan kepada kegiatan olahraga, khususnya dalam futsal, di Indonesia.

“Sebagai perwakilan Pak Ketua BAZNAS, kami bangga membuka BAZNAS Cup 2024 ini,” ujar Achmad Sudrajat ketika membuka acara BAZNAS Cup di Lapangan Futsal Goedang Futsal, Jakarta Timur, pada Rabu (7/2/2024).

Achmad Sudrajat menekankan bahwa penyelenggaraan BAZNAS Cup 2024 memiliki peran penting dalam menguatkan semangat solidaritas dalam gerakan zakat, olahraga, dan kesadaran akan pola hidup sehat, serta memperkuat tim kerja.

“Terutama menjelang Ramadhan, di mana kesehatan sangat penting. Ini adalah momen untuk membangun kebersamaan dan totalitas bagi semua pihak yang terlibat dalam gerakan zakat. Meskipun belum dapat diselenggarakan di seluruh Indonesia, semoga ini menjadi momen yang menginspirasi kita semua,” ujarnya.

Baca Juga :   Pj Gubernur Banten Al Muktabar Resmikan Peningkatan PSU Jalan Lingkungan Kampung Cipacing

Dalam kesempatan tersebut, Achmad Sudrajat juga menyampaikan rencana untuk mengadakan kegiatan bersama dalam memperkuat solidaritas dalam gerakan zakat yang melibatkan muzaki, mustahik, dan semua pelaku gerakan zakat.

“Terima kasih kepada lembaga zakat dan BAZNAS di Jakarta dan sekitarnya. Semoga tahun depan, kita dapat menyebarluaskan semangat kebaikan ini ke seluruh Indonesia, yang bertujuan membangun sportivitas dan solidaritas,” tambahnya.

Melalui acara ini, ia berharap dapat membangun kerjasama dan komunitas yang lebih kuat. Menurutnya, BAZNAS Cup 2024 dapat menjadi bagian dari dakwah dan menjadi penghubung untuk kebaikan sesama.

Baca Juga :   Dari Canon untuk Kampoeng Wirausaha, Dukung Pelaku UMKM Beralih ke Teknologi Digital

“Ayo, mari kita aktifkan wifi kita untuk menyambungkan kebaikan. Percayalah, dari zakat akan datang berkah. Karena zakat bukanlah manajemen kita, tetapi manajemen Allah. Tentunya Allah akan mengutamakan para pelaku gerakan zakat,” katanya.

Lebih lanjut, Achmad Sudrajat mengutip sebuah ayat dari Al-Qur’an yang menyebut kata ‘amil’, disusul dengan kata ‘asnaf’. Menurutnya, hal tersebut menandakan pentingnya membangun kesejahteraan umat.

“Kita akan menjadi berkat bagi masyarakat di tengah-tengah kesibukan kita ini. Marilah kita membuka pintu kebaikan dengan memperkuat gerakan zakat. InsyaAllah, kami akan berkunjung ke Mesir, Palestina, dan Yordania minggu depan untuk melihat proyek-proyek yang telah dijalankan oleh para penggerak zakat dari seluruh Indonesia,” tambahnya.

Selain BAZNAS Cup 2024, Achmad Sudrajat mengungkapkan, kegiatan olahraga yang digagas BAZNAS berikutnya adalah Run for Palestine pada 25 Februari 2024 mendatang.

Baca Juga :   Amerika Serikat dan Pemerintah Indonesia Rayakan Keberhasilan Kerja Sama Tata Kelola

“Run for Palestine akan menjadi sumbangsih bangsa dan masyarakat kepada Palestina. Dan jika nanti saat Palestina sudah aman, kita akan buat lapangan futsal Indonesia dari gerakan zakat. Karena kita sudah siap membangun, rumah sakit, masjid, sekolah dan yang lainnya dari sumbangan zakat laz maupun masyarakat, yang Alhamdulillah sudah terkumpul sekitar Rp250 miliar,” paparnya.

Selanjutnya, dia berharap, gerakan zakat di Indonesia dapat membangun gerakan olahraga melalui pembangunan lapangan futsal, sehingga dapat menyatukan faksi-faksi yang berbeda di Palestina.

“InsyaAllah, minggu depan kami akan ke Mesir, Palestina, dan Yordan, untuk melihat kerja-kerja yang sudah dilakukan oleh teman-teman penggerak zakat di seluruh Indonesia,” tambahnya.(saf)