Scroll untuk baca artikel
Headline

Bapanas dan Kementan Bersinergi Tingkatkan Ketahanan Pangan Nasional

15
×

Bapanas dan Kementan Bersinergi Tingkatkan Ketahanan Pangan Nasional

Sebarkan artikel ini
Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi dan Mentan Andi Amran Sulaiman saat menghadiri Halalbihalal Kementan. (Foto: Website Bapanas)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Arief Prasetyo Adi, Kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas), menyoroti sinergi yang kuat antara Bapanas dan Kementerian Pertanian (Kementan) dalam upaya meningkatkan ketahanan pangan dan produksi pangan domestik melalui serangkaian program untuk kepentingan masyarakat Indonesia.

“Kami selalu berkolaborasi erat dengan Kementan untuk menjaga ketahanan pangan nasional. Bapanas mendukung penuh Kementan dalam upaya meningkatkan produksi pangan, sehingga di masa yang akan datang, kebutuhan pangan kita dapat dipenuhi sepenuhnya dari hasil produksi dalam negeri,” kata Arief Prasetyo Adi saat menghadiri acara Halalbihalal Kementan pada Sabtu (20/4/2024).

Sementara itu, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (Mentan Amran) menegaskan bahwa upaya peningkatan produksi pangan terus dilakukan melalui langkah-langkah seperti pemompaan air dan peningkatan alokasi pupuk subsidi yang telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo.

Baca Juga :   Fix, Elon Musk Mengonfirmasi Peluncuran Xmail dalam Waktu Dekat

Dalam tausiah Halalbihalal-nya, KH Nasaruddin Umar menyoroti urgensi pangan dan pertanian sebagai elemen penting dalam kelangsungan hidup manusia, mengutip hadits Nabi Muhammad SAW yang menyatakan:

Baca Juga :   Kementan Percepat Aksi Darurat Pangan dengan Optimasi Lahan

“Jika kiamat tiba dan seseorang dari kalian sedang memegang sebatang pohon, jika dia bisa menanamnya sebelum kiamat tiba, maka tanamlah.” (HR. Bukhari dan Ahmad).

Melalui kolaborasi yang kokoh antara Bapanas dan Kementan, diharapkan ketahanan pangan nasional dapat terus ditingkatkan untuk kesejahteraan masyarakat Indonesia. (saf/infopublik.id)