Scroll untuk baca artikel
Nasional

Aksi Hijau #WINGSPeduliLingkungan, Yayasan WINGS Peduli Tanam Ratusan Pohon Mangrove

17
×

Aksi Hijau #WINGSPeduliLingkungan, Yayasan WINGS Peduli Tanam Ratusan Pohon Mangrove

Sebarkan artikel ini
Yayasan WINGS Peduli melakukan Aksi Hijau berupa penanaman 500 pohon Mangrove bersama Lindungi Hutan, yang turut diapresasi oleh Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Flora Mangrove.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Yayasan WINGS Peduli melaksanakan Aksi Hijau dengan menanam ratusan pohon mangrove bersama puluhan karyawan WINGS Group di kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk (PIK). Bersama organisasi lingkungan Lindungi Hutan, kegiatan ini menjadi bagian dari komitmen #WINGSPeduliLingkungan untuk konservasi alam dan keanekaragaman hayati di salah satu hutan mangrove di pusat kota Jakarta, sekaligus memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2024.

Djuhana, Ketua Kelompok Tani Hutan (KTH) Flora Mangrove yang hadir dalam kegiatan ini, menyampaikan apresiasinya. “Kami berterima kasih dan mengapresiasi Yayasan WINGS Peduli atas dukungan dan kerjasamanya. Terutama untuk program penanaman mangrove bersama karyawan, ini memberikan banyak manfaat bagi lingkungan,” ujarnya.

Pohon mangrove memainkan peran penting dalam restorasi lahan di Teluk Jakarta yang terdegradasi, serta menjaga kualitas air dan udara di sekitarnya. Miftachur Robani, CEO Lindungi Hutan, mengatakan, “Mangrove dapat mendukung berbagai ekosistem seperti gugus karang, padang lamun, hingga hamparan lumpur dan pasir. Keberadaannya dapat melindungi pantai dari abrasi dan intrusi air laut. Mangrove di Indonesia adalah salah satu hutan kaya karbon di dunia, yang bisa membantu mengatasi perubahan iklim, masalah besar bagi penduduk dunia saat ini.”

Baca Juga :   Bantu Petani dengan Irigasi Perpompaan, Kementan Dorong Petani Sukabumi Tingkatkan Produksi

Dalam program Aksi Hijau ini, Yayasan WINGS Peduli menanam 500 pohon mangrove bersama puluhan karyawan WINGS Group dari berbagai departemen. Setelah penanaman, melalui Lindungi Hutan, Yayasan WINGS Peduli akan melakukan pemeliharaan pohon, seperti mengganti pohon mangrove yang mati dengan bibit baru dan menghilangkan tumbuhan liar yang mengganggu pertumbuhan mangrove.

Inisiatif ini melibatkan karyawan WINGS Group Indonesia dalam Aksi Hijau sebagai upaya Yayasan WINGS Peduli memberikan pengalaman langsung dalam pelestarian lingkungan. Khususnya pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Yayasan WINGS Peduli mengajak karyawan menjadi bagian dari #GenerationRestoration, yang tahun ini berfokus pada Restorasi Lahan, Penggurunan, dan Ketahanan terhadap Kekeringan.

Baca Juga :   Tidak Ada Larangan Beroperasi 24 Jam untuk Warung Madura

Aksi menanam pohon ini adalah bagian dari tanggung jawab #WINGSPeduliLingkungan untuk menciptakan lingkungan yang nyaman bagi generasi mendatang. Sheila Kansil, Perwakilan Yayasan WINGS Peduli, mengatakan, “Aksi Hijau berupa penanaman pohon mangrove bersama karyawan ini diharapkan berdampak positif bagi lingkungan, mempertahankan fungsi ekologis dan ekosistemnya, serta memaksimalkan penyerapan karbon untuk mengontrol polusi di Jakarta. Keterlibatan karyawan dalam aksi ini juga menunjukkan komitmen mereka terhadap gaya hidup berkelanjutan yang akan mereka sebarkan di sekitarnya,” ungkap Sheila.

Baca Juga :   BNI Berbagi Kebahagiaan di Bulan Ramadan: Pemberian Sembako, Santunan, hingga Mudik Gratis

Aksi Hijau berupa penanaman pohon mangrove ini merupakan kegiatan rutin yang telah dilakukan Yayasan WINGS Peduli bekerja sama dengan berbagai pihak. Sebelumnya, pada tahun 2023, Yayasan WINGS Peduli mendukung program Net Zero Carbon yang diselenggarakan oleh BPOM, dengan menanam ratusan pohon mangrove di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk bersama instansi swasta lainnya.

Upaya ini juga diikuti dengan berbagai program #WINGSPeduliLingkungan lainnya yang telah dilakukan oleh Yayasan WINGS Peduli, termasuk di bidang pengelolaan sampah. Beberapa di antaranya adalah kampanye #PilahDariSekarang, fasilitas pengelolaan sampah, serta kolaborasi untuk melakukan daur ulang dan upcycle sampah. Berbagai upaya ini sejalan dengan filosofi WINGS Group, yaitu hal-hal baik dalam hidup harus dapat diakses oleh semua orang. (saf)