Scroll untuk baca artikel
Lifestyle

Kisah Alice Norin dan Nella’s Style Manfaatkan Shopee Live untuk Perkuat Potensi Bisnis

19
×

Kisah Alice Norin dan Nella’s Style Manfaatkan Shopee Live untuk Perkuat Potensi Bisnis

Sebarkan artikel ini
Kisah Sukses Alice Norin dan Nella’s Style Manfaatkan Shopee Live Untuk Perkuat Potensi Bisnis dan Raih Keuntungan Maksimal

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA –  Dinamisnya perubahan preferensi berbelanja online yang terus berkembang, menjadi prioritas Shopee untuk terus berinovasi melalui rangkaian fitur interaktif. Lewat fitur Shopee Live, Shopee mentransformasi cara pengguna berbelanja di era digital lewat tren live shopping.

Fitur interaktif ini berhasil menghubungkan pembeli dan penjual lebih dekat, dengan menawarkan solusi melalui interaksi dan komunikasi real-time melalui konten live streaming. Tidak hanya memberikan kemudahan bagi para pengguna, Shopee Live turut membawa dampak positif yang signifikan terhadap pertumbuhan UMKM dan Brand lokal dengan memperbanyak pintu kesempatan produk lokal dalam memperluas jangkauannya.

Peluang ini dimanfaatkan dengan baik oleh Alice Norin, public figure & founder of Fashion Today, yang berhasil membangun brand fashion lokalnya mencapai potensi maksimal dan meraup peningkatan transaksi hingga lebih dari 30 kali lipat di berbagai puncak kampanye belanja bersama Shopee Live dibandingkan hari biasa.

Serta, Nella Sajida Talfa, pegawai kantoran yang sukses menjadi content creator di Shopee Live dengan akun @nellastyle berkat kegemarannya berbagi inspirasi produk fashion muslim.

Alice Norin membangun brand fashion lokal miliknya, Fashion Today, sejak tahun 2011, berawal dari mimpinya membawa sentuhan baru yang autentik bagi perempuan Indonesia. Awalnya, produk Fashion Today hanya dijual kepada teman-teman artis sejawatnya.

Proses produksinya pun sederhana, dimulai dari rumah dengan pengemasan di garasi yang hanya melibatkan tiga orang pegawai, Fashion Today pun mulai memasarkan berbagai produk pakaian perempuan seperti kemeja, kaos, celana, dan beragam aksesoris. Dalam memilih bahan baku yang berkualitas, Alice sering terjun langsung ke lapangan, seperti ke Tanah Abang dan pasar UMKM lainnya, untuk melakukan riset dan membeli bahan baku dari para pelaku usaha lokal. Kini, ia telah memiliki divisi konveksi sendiri yang berlokasi di Bandung dan Solo dan produk kemeja perempuan menjadi produk yang paling dicari oleh konsumen.

Fashion Today mulai bergabung dengan Shopee sejak tahun 2020 dan aktif memanfaatkan Shopee Live mulai Oktober 2023. Keputusan untuk bergabung dengan Shopee merupakan langkah strategis bagi Alice untuk memperluas jangkauan pasarnya.

Sebelumnya, Alice pernah mencoba memanfaatkan fitur live streaming di platform lain, tetapi besarnya peluang dan manfaat yang ditawarkan Shopee Live, ditambah melihat teman sesama artis yang telah lebih dulu bergabung dengan Shopee, membuatnya tak berpikir panjang untuk bergabung. Lewat Shopee Live, Alice berhasil mendongkrak citra dan penjualan brand Fashion Today dengan keunggulan interaksi real-time yang menghubungkannya lebih dekat dengan konsumen.

Baca Juga :   Parents! Tidak Perlu Khawatir Lagi dengan Akses Internet Anak

Alice Norin, Public Figure & Founder of Fashion Today, mengatakan “Aku merasakan manfaat dan dampak yang luar biasa setelah bergabung dengan Shopee.

Melalui berbagai kampanye dan program yang kami ikuti, biasanya brand Fashion Today yang aku miliki mengalami peningkatan transaksi di setiap momen peluncuran produk baru dan momen hari besar seperti Lebaran. Namun semenjak memutuskan aktif memanfaatkan fitur interaktif Shopee Live, brand Fashion Today pun mengalami peningkatan transaksi yang signifikan hingga lebih dari 30 lipat di berbagai puncak kampanye yang dihadirkan Shopee dibandingkan hari biasa. Akupun merasakan kedekatan dan interaksi yang lebih dekat dengan konsumenku saat live streaming dan tentunya lebih menciptakan kepercayaan dan daya tarik terhadap produk kami.”

Alice kini berhasil membuka lebih banyak lapangan pekerjaan dengan berkembangnya tim brand Fashion Today yang terdiri hingga 250 pegawai. Keputusan Alice untuk memiliki studio live di rumah sangat memudahkannya dalam menjaga keseimbangan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi. “Setelah aku memfokuskan diri untuk mendalami industri live streaming di Shopee Live, aku memiliki lebih banyak fleksibilitas waktu dari sebelumnya. Dengan tim yang lebih besar tentu sangat membantu aku untuk berkoordinasi dan mewujudkan berbagai rencana strategis untuk perkembangan bisnisku. Begitupun dengan meluangkan waktu bersama keluarga, khususnya anak-anak, aku dapat dengan mudah menemui mereka tanpa harus meninggalkan tempat kerja”, tambah Alice Norin.

Dari hobi berhasil raih mimpi, Nella’s Style raup ratusan juta lewat konten live streaming

Menggeluti dunia live streaming di Shopee Live dan bergabung dengan Shopee Affiliate Program sejak November 2023 silam, Nella merintis karirnya sebagai creator dari “nol”. Sebagai perempuan muslimah yang mencintai dunia fashion, ia gemar merekomendasikan beragam jenis produk pakaian gamis berkualitas premium, yang dapat digunakan untuk berbagai kesempatan, mulai dari kondangan, seragaman arisan ibu-ibu, hingga ibadah umroh.

Berawal dari sesi live streaming pertamanya di Shopee Live yang hanya ditonton lebih dari 15 orang, tak mematahkan semangat Nella untuk berkarya dan berinovasi menciptakan konten live streaming berkualitas sampai penontonnya pun melonjak dari ratusan hingga ribuan, dan kian konsisten hingga akhirnya berhasil dinobatkan sebagai  Creator Rising Star Top 20 di Shopee Live.

Baca Juga :   Bisa Langsing dengan Berhubungan Intim? Begini Penjelasan Pakar

“Di tengah kesibukan saya sebagai pegawai kantoran, tak melunturkan semangat saya untuk mengembangkan passion saya sebagai creator dan pecinta dunia fashion muslim. Saat ini, saya juga fokus menjadi affiliate dan live streamer di Shopee Live karena saya melihat peluang dan kesempatan yang sangat besar. Rutinitas saya setiap hari dimulai sejak pukul empat subuh untuk mulai mempersiapkan diri melakukan live streaming di Shopee Live hingga pukul 07.30 pagi. Setelah itu, saya berangkat bekerja ke kantor, melakukan kewajiban rutinitas pekerjaan hingga pukul lima sore. Istirahat sejenak, lalu kembali bersiap kembali melakukan live streaming di malam hari. Ternyata konsistensi ini membantu saya mencapai potensi maksimal sebagai creator bahkan mendapatkan pendapatan tambahan yang signifikan,” jelas Nella.

Hanya kurang dari setahun berkarya sebagai creator di Shopee Live dan Shopee Affiliate Program, kualitas hidup yang dirasakan oleh Nella pun semakin meningkat. Dalam kurun waktu satu bulan, Nella berhasil mencukupi pengeluaran bulanannya. Pendapatan yang ia peroleh dari setiap live streaming di Shopee Live pun semakin meningkat secara konsisten hingga memberikan keamanan finansial yang lebih baik bagi dirinya dan keluarganya. Berawal dari  hobi, mampu meraup pendapatan belasan juta rupiah per bulan, seiring berkembangnya akun @nellasstyle di Shopee Live, pendapatannya kini mencapai ratusan juta rupiah per bulan.

“Dari hasil jerih payah ini, akhirnya saya pun mampu untuk menyewa apartemen yang sekaligus menjadi ruang studio live streaming. Tak hanya itu, kini saya berhasil mewujudkan mimpi terbesar yaitu membeli rumah pertama. Berkat kesuksesan karir baru di Shopee Live, saya juga berkesempatan untuk berbagi rezeki dengan lingkungan sekitar dengan membuka lapangan pekerjaan sebagai tim operasional @nellasstyle dalam membantu proses kreatif berbagai konten live streaming di Shopee Live,” ujar Nella.

Cara Alice Norin & Nella’s Style membangun loyalitas penonton di Shopee Live

  • Untuk menarik perhatian dan membangun loyalitas penonton di Shopee Live, Alice berprinsip untuk  tak hanya memposisikan diri sebagai penjual, tetapi juga menjadi teman atau bahkan “bestie” bagi penonton, yang senang menjadi bagian dari solusi bagi kebutuhan dan keinginan mereka, serta gemar gemar memberikan inspirasi mix and match pakaian untuk para penontonnya. Sebelum memulai live, ia selalu mengingatkan para pengguna tentang jadwal live brand Fashion Today. Selama sesi live, ia rutin mengadakan sesi tanya jawab untuk memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan secara langsung, serta memberikan mereka kesempatan untuk melihat detail produk secara langsung.

  • Saat menciptakan formula di setiap konten live streaming, konsistensi adalah kunci bagi Nella. Ia rutin menjadwalkan sesi live streaming secara teratur sehingga para penonton akan terbiasa dan menantikan sesi live kita. Untuk menarik perhatian para penonton di Shopee Live, Nella senantiasa meng-highlight produk gamis yang direkomendasikan merupakan gamis berkualitas premium, yang biasanya hanya dapat ditemukan di butik-butik premium dapat dimiliki dengan harga yang terjangkau “seharga grosir”.

Berbicara mengenai rencana ke depan, Alice percaya Shopee melalui ekosistemnya akan selalu menjadi top of mind masyarakat dalam berbelanja online, terutama di tengah tren live shopping saat ini. Ia juga berharap Shopee dapat terus menciptakan berbagai inovasi baru lewat rangkaian fitur interaktif yang dapat menciptakan pengalaman berbelanja menjadi lebih efisien dan menyenangkan bagi pelanggan. “Pastinya, harapan terbesar saya bersama brand Fashion Today adalah mampu meningkatkan penjualan hingga 100% setiap tahunnya dan terus berkomitmen untuk selalu berinovasi serta menghadirkan produk dan layanan terbaik bersama Shopee” pungkas Alice Norin.

Di sisi lain, Nella juga berharap dapat terus berkarya demi berkontribusi dalam memajukan UMKM dan brand lokal dengan menampilkan lebih banyak produk lokal berkualitas. Ia berpesan kepada para calon creator potensial yang ingin merambah dunia live streaming, “Untuk teman-teman calon creator potensial di luar sana, menjadi seorang creator di Shopee Live dan Shopee Affiliate Program adalah sebuah perjalanan yang sangat seru dan penuh akan peluang. Melalui Shopee Live, kita berkesempatan untuk menampilkan berbagai keahlian dan passion yang dimiliki dengan jangkauan audiens yang lebih luas,” tutup Nella.