Scroll untuk baca artikel
Industri

Ajang 15th IIICF ke-15 Dibuka di Makau

22
×

Ajang 15th IIICF ke-15 Dibuka di Makau

Sebarkan artikel ini
International Infrastructure Investment and Construction Forum ke-15

BISNISASIA.CO.ID, MAKAU – Forum Investasi dan Konstruksi Infrastruktur Internasional ke-15 (IIICF), yang diselenggarakan oleh China International Contractors Association (CHINCA) dan Macao Trade and Investment Promotion Institute (IPIM), berlangsung di Makau pada 20 Juni 2024.

Sebagai salah satu acara terkemuka dunia dalam mempromosikan kolaborasi di sektor infrastruktur, IIICF menyediakan platform internasional untuk meningkatkan konektivitas infrastruktur dalam kerangka “Belt and Road Initiative”. Tahun ini, lebih dari 3.500 pemimpin industri dari sekitar 70 negara, mewakili 800 perusahaan, berpartisipasi dalam forum ini.

Dengan tema “Green Innovative Digital Connectivity”, IIICF menghadirkan lebih dari 200 pembicara yang membahas berbagai sektor yang sedang berkembang pesat. Para pembicara terlibat dalam diskusi menarik mengenai topik-topik terkini, termasuk transisi energi, evolusi digital, investasi hijau, manajemen ESG, integrasi digital dalam proyek teknik internasional, penyelesaian sengketa, mitigasi risiko, dan konektivitas infrastruktur regional. Melalui diskusi ini, IIICF memberikan keahlian dan solusi inovatif dari Tiongkok untuk kerjasama infrastruktur internasional, serta mendorong pertumbuhan baru dalam kemitraan infrastruktur antara Tiongkok dan negara-negara peserta “Belt and Road Initiative”. Selain itu, IIICF mengembangkan konsensus dan wawasan mengenai pembangunan berkelanjutan di industri infrastruktur global.

Baca Juga :   Kemenkop UKM Dorong Kerjasama untuk Tingkatkan Wirausaha Perempuan Berbasis Teknologi

Area pameran IIICF tahun ini lebih besar 60% dibandingkan tahun sebelumnya, bahkan lebih dari 90% stan pameran dirancang khusus menurut spesifikasi ekshibitor. Pameran ini meliputi empat tema utama:

  • Pelestarian Alam yang Rendah Karbon: Mengutamakan teknologi hijau, pameran IIICF menampilkan sejumlah kemajuan dalam sektor energi bersih, praktik gedung hijau (green building), inovasi material bangunan yang hemat energi, teknik pengolahan air buangan, serta implementasi kota pintar (smart city) yang sukses;
  • Inovasi dan Kepemimpinan Teknologi: Fokus area pameran ini adalah sistem robot konstruksi, sensor pintar, dan alat pemantauan, sistem smart scheduling, teknologi swakemudi (autonomous driving), metode konstruksi pintar (intelligent construction), material teknik baru, serta solusi bangunan prafabrikasi;
  • Integrasi Digital dan Intelligent Empowerment: Pameran komprehensif yang menampilkan solusi infrastruktur digital dan aplikasi big data, komputasi awan, serta Internet of Things (IoT) dalam proyek teknik internasional. Area pameran ini juga akan mengulas praktik terbaru transformasi digital dalam manajemen proyek dan pengembangan wilayah perkotaan;
  • Konektivitas dan Kesuksesan Kolaboratif: Area pameran ini menampilkan proyek-proyek unggulan yang mencerminkan konektivitas infrastruktur global dan partisipasi Tiongkok dalam kerja sama konstruksi di sejumlah negara dan wilayah yang disasar “Belt and Road Initiative”. Proyek-proyek kerja sama ini meliputi pelabuhan, jalan raya, jembatan, kereta api, bandara, dan proyek pengembangan wilayah perkotaan. Lebih lagi, proyek tersebut menunjukkan keunggulan “Sektor Konstruksi Tiongkok”.
Baca Juga :   Omdia : Pemanfaatan Pabrik FPD akan Pulih dan Tumbuh Semester 2 2024

Pameran tahun ini yang digelar berbarengan dengan IIICF mengalami peningkatan pesat, melanjutkan kesuksesan yang tercapai pada pameran edisi tahun lalu. Pameran tersebut diikuti banyak ekshibitor dan organisasi, serta perusahaan teknik terkemuka di industri termasuk China Communications Construction, China State Construction Engineering Group, China Railway Construction, dan lain-lain. Perusahaan-perusahaan ini dikenal atas kepiawaian teknologi dan keahlian integrasi sumber daya. Selain perusahaan-perusahaan ini, sejumlah produsen sistem komunikasi dan peralatan ternama juga berpartisipasi, seperti Huawei, Caterpillar, dan LiuGong, guna mengangkat teknologi pintar dan digital, serta inovasi hijau. Lebih lagi, pameran tahun ini melibatkan perusahaan-perusahaan lokal yang berada dalam naungan asosiasi industri dari beberapa provinsi di Tiongkok sehingga semakin melengkapi cakupan pameran.

Baca Juga :   The Ritz-Carlton Bali Angkat Go Kondo sebagai General Manager

Tahun ini, International Infrastructure Investment and Construction Forum turut merayakan hari jadi ke-15. Selama satu setengah dekade, IIICF telah diikuti lebih dari 30.000 peserta dari seluruh penjuru dunia, termasuk lebih dari 570 peserta dari jenjang kementerian atau di atasnya. Ajang ini sukses mendorong perkembangan lebih dari 180 proyek infrastruktur internasional dengan nilai kontrak total di atas US$ 100 miliar. Maka, IIICF telah berperan besar menjalin kerja sama praktis dalam investasi infrastruktur dan konstruksi yang melibatkan perusahaan teknik Tiongkok dan negara-negara mitra yang tergabung dalam “Belt and Road Initiative”. (saf)