Scroll untuk baca artikel
Industri

Omdia : Pemanfaatan Pabrik FPD akan Pulih dan Tumbuh Semester 2 2024

25
×

Omdia : Pemanfaatan Pabrik FPD akan Pulih dan Tumbuh Semester 2 2024

Sebarkan artikel ini
Di sepanjang sejarah industri layar panel datar (FPD), biasanya pemanfaatan pabrik rata-rata sekitar 84%. Namun mulai Kuartal 3 Tahun 2022 hingga Kuartal 4 Tahun 2023, di saat pasar FPD berusaha pulih dari kelebihan pasokan pasca pandemi, pemuatan di seluruh industri menurun tajam menjadi 70,7%.
BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Di sepanjang sejarah industri layar panel datar (FPD), biasanya pemanfaatan pabrik rata-rata sekitar 84%.
Namun mulai Kuartal 3 Tahun 2022 hingga Kuartal 4 Tahun 2023, di saat pasar FPD berusaha pulih dari kelebihan pasokan pascapandemi, pemuatan di seluruh industri menurun tajam menjadi 70,7%.

Karena pertumbuhan permintaan akhirnya melebihi peningkatan kapasitas, pemanfaatan pabrik yang berfokus pada area luas dapat meningkat hingga hampir 90% pada Kuartal 3 Tahun 2024 dan tetap sehat di tahun-tahun mendatang, sebagaimana diungkapkan dalam Pelacak Permintaan Pasokan dan Peralatan OLED dan LCD Omdia yang baru dirilis.

Pemanfaatan sangat berkaitan dengan permintaan panel, bahan, harga panel, dan profitabilitas; karena merupakan metrik penting untuk menganalisis industri FPD. Survei rantai pasokan yang menyeluruh menghasilkan pemanfaatan dan perkiraan jangka pendek yang akurat dan aktual.

Namun karena waktu tunggu bahan yang singkat, perlu membuat tingkat pemanfaatan jangka panjang menjadi contoh sebagai fungsi penawaran dan permintaan.

“Pemanfaatan pabrik di area luas adalah rata-rata sekitar 74% pada tahun 2022 dan 2023. Tahun 2024, permintaan area panel diperkirakan meningkat hingga 11%, karena konsumen selalu membeli monitor dan TV berukuran lebih besar sebagai ganti perangkat lama.

Baca Juga :   MenKopUKM Dukung Inovasi Serat Rami untuk Dongkrak Industri Tekstil Nasional

Ukuran rata-rata tertimbang TV LCD jauh bertambah sebesar 2,9 inci pada tahun 2023. Mulai tahun 2024, ukuran TV LCD diperkirakan akan bertambah lagi hingga 1,6 inci kemudian 1,1 inci lagi pada tahun 2025.

Panel lebih besar dan pemulihan permintaan unit sebesar 7% akan mendukung pemanfaatan pabrik di atas rata-rata 82% pada tahun 2024.

Dengan menggunakan skenario analisis penawaran/permintaan, pemanfaatan menjadi contoh untuk peningkatan lebih lanjut setiap tahun hingga hampir 89% pada tahun 2026,” kata Charles Annis, Practice Leader grup Display Research Omdia.

Belum lama ini, Sharp mengumumkan rencana menutup pabrik LCD SDP Gen 10 di Sakai, Jepang, dan akan sangat mengurangi kapasitas produksi yang tersedia sehingga akan semakin menyeimbangkan penawaran dan permintaan dan semakin banyak jumlah kuartal yang sukses di mana pemanfaatan pabrik di area luas meningkat setidaknya 90%.

Baca Juga :   Profesor Unpar Ini Harap Kebijakan Pelarangan Angkutan Logistik Saat Libur Keagamaan Tak Dilakukan Mendadak

“Pemanfaatan sebesar 90% adalah solusi tepat yang mendukung penguatan harga panel dan mendorong perluasan kapasitas tingkat sedang.

Menemukan keseimbangan optimal antara kapasitas, pemanfaatan, pertumbuhan, dan harga untuk memaksimalkan profitabilitas adalah tujuan sekaligus tantangan bagi perusahaan rantai pasokan FPD seiring dengan kematangan industri ini,” kata Annis.