Scroll untuk baca artikel
Nasional

WINGS for UNICEF dan SoKlin Sapa Ribuan Anak dan Keluarga di Pidie dengan Kampanye Kebersihan

39
×

WINGS for UNICEF dan SoKlin Sapa Ribuan Anak dan Keluarga di Pidie dengan Kampanye Kebersihan

Sebarkan artikel ini
Sandy Kristian Waluyo selaku figur Generasi Bersih Sehat Berprestasi & Dion Wiyoko, selaku Campaign Ambassador WINGS for UNICEF bersama SoKlin dalam memberikan motivasi bagi para murid agar semakin rajin belajar.

BISNISASIA.CO.ID, PIDIE – Program WINGS for UNICEF, melalui kampanye “Generasi Bersih Sehat”, hadir menyapa ribuan anak dan keluarga di Kabupaten Pidie, Aceh. Sekitar 1.260 murid, 120 guru, dan ratusan orang tua terlibat dalam kegiatan ini yang digelar di empat sekolah: SDN 3 Sigli, SDN 4 Peukan Pidie, SDN 2 Tijue, dan SDN 1 Beureunuen. Acara ini menjadi pembuka rangkaian roadshow sekolah tahun 2024 oleh WINGS Group Indonesia dan SoKlin, yang juga akan menyapa Sulawesi Selatan dan Nusa Tenggara Timur.

Melalui program ini, WINGS Group Indonesia bekerja sama dengan UNICEF berkomitmen mendukung layanan air, sanitasi, dan kebersihan (WASH) di sekolah. Pada fase pertama (2020-2022), WINGS for UNICEF telah menjangkau lebih dari satu juta anak dengan program sanitasi aman dan penanggulangan COVID-19 di 12 provinsi di Indonesia. Tahun ini, fokus program “Generasi Bersih Sehat” adalah akses WASH dan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di sekolah, berdasarkan data Profil Sanitasi Sekolah 2022 yang menyebutkan bahwa 71% satuan pendidikan atau sekitar 27 juta anak di Indonesia hanya memiliki layanan WASH terbatas, dengan hanya 28% mencapai layanan WASH dasar. Di Aceh, hanya 53% sekolah dasar yang memiliki akses sanitasi dasar.

Sanitasi sekolah adalah langkah awal menuju lingkungan belajar yang sehat dan aman. Andi Yoga Tama, Kepala Perwakilan UNICEF Aceh, menekankan pentingnya sanitasi yang memadai dan PHBS di sekolah, “Sanitasi yang memadai dan perilaku hidup bersih dan sehat dapat mengurangi ketidakhadiran di sekolah hingga 50 persen. Oleh karena itu, sarana dan layanan sanitasi di sekolah harus memenuhi standar teknis infrastruktur, terjaga kebersihannya, dan memberikan privasi bagi siswa serta didukung oleh penerapan PHBS,” ucap Andi.

Tarmizi, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Pidie, mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh WINGS Group Indonesia dan SoKlin, “Sanitasi sekolah yang memadai penting untuk mewujudkan lingkungan belajar yang bersih dan menumbuhkan disiplin hidup bagi generasi penerus bangsa. Upaya untuk mewujudkan sanitasi sekolah yang memadai merupakan langkah strategis dalam menciptakan generasi penerus bangsa yang berdaya saing. Terima kasih kepada WINGS Group dan SoKlin atas kontribusinya, dan kami berharap kolaborasi baik ini dapat terus terjalin,” ujar Tarmizi.

Baca Juga :   Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

WINGS for UNICEF bersama SoKlin mengedukasi pentingnya PHBS melalui langkah B3ST: Bersih Pakaian, Bersih Tangan, Bersih Tubuh, Sehat Terlindungi. Langkah ini mengajak para murid dan orang tua untuk menjaga kebersihan pakaian, tangan, tubuh, serta lingkungan sekitar. Edukasi langkah B3ST disampaikan oleh Dion Wiyoko, Campaign Ambassador WINGS for UNICEF bersama SoKlin.

“Pakaian itu seperti kulit kedua. Kita harus menjaga kebersihannya seperti menjaga kebersihan tangan dan tubuh. Jangan lupa juga untuk membersihkan lingkungan sekitar dengan rajin menyapu dan mengepel lantai. Fasilitas sanitasi di rumah maupun di sekolah juga harus diperhatikan. Intinya, kebersihan harus menyeluruh agar kita hidup sehat terlindungi,” jelas Dion.

Para murid tidak hanya mengikuti kegiatan interaktif bersama Campaign Ambassador, tetapi juga belajar cara mencuci pakaian yang berguna untuk keterampilan hidup dan kemandirian mereka. Sandy Kristian Waluyo, Generasi Bersih Sehat Berprestasi yang tampil membanggakan di tingkat nasional dan internasional, turut hadir memberikan motivasi kepada murid-murid agar rajin belajar. WINGS for UNICEF bersama SoKlin juga memberikan apresiasi kepada murid-murid berprestasi dan melantik “Bestie Bersih Sehat” sebagai duta pelajar yang menginspirasi hidup bersih dan sehat.

Baca Juga :   SoKlin Dinobatkan sebagai Merek Laundry Pilihan Utama Konsumen Indonesia

Joanna Elizabeth Samuel, Marketing Manager Household Category WINGS Group Indonesia, mengatakan, “Fokus SoKlin adalah menyuarakan pentingnya memulai segala sesuatu dengan bersih. Karena berawal dari bersih, anak-anak dapat tumbuh menjadi generasi yang bersih dan sehat, generasi membanggakan yang dapat meraih apapun yang menjadi aspirasi mereka. Berawal dari anak-anak di Pidie hari ini, untuk Indonesia Generasi Emas 2045.”

WINGS for UNICEF bersama SoKlin akan terus mengampanyekan pentingnya Berawal Dari Bersih untuk Generasi Bersih Sehat di semua kanal, baik melalui kegiatan langsung maupun aktivasi digital. Ini sejalan dengan filosofi WINGS Group Indonesia, “The good things in life should be accessible for all,” yang memungkinkan setiap anak dan seluruh masyarakat memiliki akses sanitasi memadai dan melakukan PHBS setiap hari. (saf)