Scroll untuk baca artikel
Nasional

Laporan WiKIT: Kahoot! Terbukti Memiliki Dampak Positif Terhadap Hasil Belajar Siswa

24
×

Laporan WiKIT: Kahoot! Terbukti Memiliki Dampak Positif Terhadap Hasil Belajar Siswa

Sebarkan artikel ini
Kahoot!

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa Kahoot!, platform edukasi interaktif yang populer, dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Laporan ini diterbitkan oleh WiKIT, lembaga penelitian Edtech independen internasional. WiKIT memberikan bukti ilmiah yang kuat tentang manfaat Kahoot! dalam pembelajaran. Dengan menggunakan metode penelitian meta-analisis studi peer-review, hasil penelitian tersebut menunjukan bahwa Kahoot! terbukti dapat membantu siswa belajar lebih efektif, meningkatkan hasil belajar siswa serta membuat belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.

“Melalui pemaparan hasil dari meta-analisis studi peer-review independen mengenai pengaruh Kahoot!, para pendidik dan administrator saat ini dapat lebih yakin dalam menggunakan Kahoot! untuk meningkatkan prestasi akademik siswa,” kata Eilert Hanoa, CEO Kahoot! “Selama satu dekade, jutaan siswa dan guru di seluruh dunia telah menggunakan Kahoot! untuk berkreasi dan mengeksplorasi pengalaman belajar berbasis game yang dapat meningkatkan keterlibatan siswa. Penelitian ini memberikan bukti kuat kepada para pendidik bahwa Kahoot! tidak hanya mendorong partisipasi, tetapi juga secara langsung meningkatkan pembelajaran siswa.”

Kahoot! Sebagai Solusi Meningkatkan Efektivitas Belajar Yang Didukung Penelitian Ilmiah

Sejak peluncuran resminya pada tahun 2013, Kahoot! telah didukung dengan basis penelitian dan sertifikasi yang kuat, di antaranya adalah sertifikasi ICEIE Silver Badge dan ESSA Level III yang menunjukan keselarasan terhadap standar mutu pendidikan serta efektivitasnya dalam pembelajaran siswa. Selain itu, Kahoot! juga secara aktif terlibat dalam berbagai penelitian yang mengukur efektivitas pembelajaran berbasis game, salah satunya dengan melakukan penelitian berbasis meta analysis dengan WiKIT.

Pada laporan meta-analisis ini, WiKIT secara sistematis menganalisis 155 artikel dan 2070 responden penelitian peer-review yang melibatkan Kahoot! oleh para peneliti independen di seluruh dunia untuk menguji efek kuantitatif Kahoot! Di berbagai jenjang pendidikan pada hasil pembelajaran.

Baca Juga :   Rekam Jejak Grup MIND ID Ikut Lestarikan Satwa Endemik Dilindungi

Melalui proses standarisasi dan konversi beragam metrik hasil belajar, WiKIT menemukan beberapa penemuan penelitiannya sebagai berikut:

  • Kahoot! meningkatkan hasil belajar siswa rata-rata 0,72 standar deviasi, setara dengan meningkatkan nilai ujian satu tingkat (Contoh: dari B ke A).
  • Kahoot! terbukti membantu siswa belajar lebih efektif, meningkatkan hasil belajar siswa serta membuat belajar menjadi lebih menyenangkan dan interaktif.
  • Kahoot! merupakan alat pembelajaran yang signifikan dalam membantu siswa belajar lebih efektif di semua jenjang pendidikan, dari SD hingga perguruan tinggi.

Laporan tersebut menunjukkan bukti awal yang komprehensif bagi Kahoot! sebagai platform teknologi pembelajaran yang kuat di berbagai konteks pendidikan. Dalam laporannya, WiKIT juga merekomendasikan untuk melakukan penelitian peer-review lanjutan agar dapat meneliti lebih dalam tentang efektivitas Kahoot! di masa mendatang.

Kahoot! Menjadi Capaian Penting Teknologi Dalam Menghadirkan Solusi Pembelajaran Efektif Berbasis Penelitian Ilmiah

Dalam beberapa tahun terakhir, sektor pendidikan telah menunjukkan peningkatan permintaan terhadap EdTech. Hal tersebut memacu investasi pada solusi bermutu tinggi yang teruji dan sesuai dengan kebutuhan para guru dan siswa. Dalam hal ini, Kahoot! sebagai platform pembelajaran berbasi game menjadi inovasi yang hadir untuk menjawab perkembangan permintaan guru dan siswa di sektor pendidikan.

Baca Juga :   Bapanas Terapkan Langkah Relaksasi HET Beras Premium Jaga Stabilitas Pasokan dan Harga

“Tingginya jumlah studi penelitian yang dipublikasikan tentang permainan kuis Kahoot! menunjukkan popularitas Kahoot! secara global. Meta-analisis WiKIT menganalisis dan menggabungkan hasil dari berbagai penelitian independen ini, yang menunjukkan manfaat pembelajaran yang signifikan dari penggunaan Kahoot!” kata Profesor Natalia Kucirkova, Co-CEO WiKIT dan salah satu penulis laporan tersebut. “Kami sangat senang melihat dedikasi Kahoot! dalam mengevaluasi penelitian yang dilakukan dengan produknya dan dukungan menyeluruh terhadap bukti yang semakin dituntut oleh sektor EdTech untuk memberikan pengalaman pendidikan yang efektif bagi semua pelajar.” (saf)