Scroll untuk baca artikel
Otomotif

Zeekr Incar Valuasi hingga 5,13 Miliar Dolar AS Saat IPO di Amerika Serikat

36
×

Zeekr Incar Valuasi hingga 5,13 Miliar Dolar AS Saat IPO di Amerika Serikat

Sebarkan artikel ini
Zeekr (ev-database.org)

BISNISASIA.CO.ID, TIONGKOK – Produsen kendaraan listrik Zeekr Intelligent Technology Holding menargetkan valuasi hingga  5,13 miliar dolar AS dalam penawaran umum perdana (IPO) di Amerika Serikat (AS).

Penawaran umum perdana pertama dari perusahaan yang berbasis di China dalam lebih dari dua tahun.

Zeekr ingin mengumpulkan dana hingga $367,5 juta dengan menjual 17,5 juta saham deposan Amerika (ADS) dengan harga antara $18 dan $21 per lembar.

IPO ini akan menguji selera investor terhadap perusahaan-perusahaan China, mengingat ketegangan yang membara antara dua negara dengan ekonomi terbesar di dunia ini terkait perdagangan, kekayaan intelektual, dan masa depan Taiwan.

Baca Juga :   Ide Gila Peneliti Tiongkok Bikin Batako Menggunakan Tanah Bulan Lalu Dibuat Bangunan di Bulan

Enam IPO perusahaan-perusahaan China mengumpulkan $46,9 juta di AS selama kuartal pertama 2024, turun dari $428 juta pada waktu yang sama tahun lalu, menurut data Dealogic.

Perselisihan peraturan yang sudah berlangsung lama antara AS dan China, ditambah dengan tindakan keras dari Beijing terhadap beberapa perusahaan rintisan yang sedang naik daun, telah menghambat perusahaan-perusahaan China untuk mendapatkan pencatatan saham di AS.

Sejak itu, Beijing melunakkan pendiriannya dan merilis seperangkat aturan tahun lalu untuk menghidupkan kembali pencatatan saham tersebut, setelah pengawas akuntansi AS dan China menyelesaikan perselisihan audit pada Desember 2022.

Baca Juga :   Usung Chipset Snapdragon 8 Gen 3, Xiaomi 14 Dipasarkan secara Global

Zeekr terakhir kali bernilai $13 miliar setelah putaran pendanaan pada Februari tahun lalu.

Risiko yang ditandai oleh investor termasuk bagaimana pemerintah China memberikan pengaruh substansial terhadap pelaksanaan bisnisnya dan persaingan yang ketat di pasar mobil listrik China.

Beberapa pemegang saham dan investor pihak ketiga, termasuk Geely Auto, Mobileye, dan CATL, telah mengindikasikan ketertarikan mereka untuk membeli hingga $349 juta ADS yang ditawarkan dalam IPO.

Wall Street melonjak pada hari Jumat setelah laporan pekerjaan yang lebih lemah dari perkiraan memicu harapan untuk penurunan suku bunga dari Federal Reserve sekaligus mencerminkan ketahanan ekonomi AS.

Baca Juga :   Wuling Gelar #BinguoMoment, Ajak Masyarakat Berbagi Keseruan Bersama BinguoEV

Pencatatan saham yang mulus oleh Zeekr akan menambah deretan perusahaan otomotif publik yang dimiliki oleh Geely Auto (0175.HK), opens new tab, yang merupakan induk dari Volvo Cars (VOLCARb.ST), opens new tab, dan Polestar Automotive.

Cabang mobil listrik mewah dari merek mobil sport Lotus, yang dimiliki bersama oleh Geely dan Etika Automotive Malaysia, juga go public awal tahun ini di Nasdaq dalam sebuah kesepakatan cek kosong senilai $7 miliar. (Reuters)