Scroll untuk baca artikel
Industri

Telkom Berkomitmen Mengembangkan AI di Indonesia dengan Aman

27
×

Telkom Berkomitmen Mengembangkan AI di Indonesia dengan Aman

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi Teknologi AI oleh Leap-Telkom Digital. (Foto: dok. Telkom)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk atau Telkom menyatakan komitmen mereka dalam mengembangkan teknologi kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI) di Indonesia dengan aman, sehingga dapat memberikan dampak positif bagi bangsa.

“Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan solusi yang relevan dengan kebutuhan berbagai sektor, termasuk pengembangan solusi dengan menerapkan teknologi AI. Saat ini kami telah memiliki infrastruktur pusat data AI yang dijamin keamanannya,” ujar EVP Digital Business and Technology Telkom, Komang Budi Aryasa, dalam keterangannya terkait acara webinar “Discover the Latest AI-Driven Business Performance Insights and Best Practices in Unleashing the Power of Data and Intelligence”, seperti dilansir pada Senin (8/7/2024).

Komang mengatakan, strategi besar pengembangan AI di Telkom bertujuan untuk meningkatkan produktivitas dan efisiensi baik di internal maupun eksternal perusahaan, serta melakukan inovasi yang dapat mendukung bisnis dan membuka peluang bisnis baru.

Langkah yang diambil oleh perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini sejalan dengan salah satu rekomendasi Indonesia Digital Society Forum (IDSF), yaitu pengembangan infrastruktur AI.

“Seperti pusat data yang aman dan andal, dengan jaringan internet cepat dan platform cloud untuk pengolahan dan penyimpanan data yang efisien,” tuturnya.

Baca Juga :   Rayakan 30 Tahun, SECOM Indonesia Siap Menghadapi Tantangan Keamanan di Tanah Air

Komang menambahkan, salah satu contoh pengembangan AI oleh Telkom adalah fitur bernama BigVision dalam produk BigBox yang berada di bawah naungan Leap-Telkom Digital.

BigVision mampu menganalisis dan mengidentifikasi kerumunan orang dalam area tertentu, menghitung jumlah orang yang berada di sana, dan mengidentifikasi pola perilaku dalam kerumunan tersebut.

“Teknologi BigVision bermanfaat bagi berbagai perusahaan untuk mengenali perilaku karyawan dan orang lain di ruang umum seperti sekolah, bandara, terminal, stasiun, dan tempat-tempat lainnya yang ramai,” jelas EVP Digital Business and Technology Telkom.

Baca Juga :   Teknologi Water Repellent Solusi Tingkatkan Kualitas Bangunan di Daerah Tropis

Selain itu, lanjut dia, Telkom juga mengembangkan AI dalam bentuk chatbot bernama Bizy pada ekosistem myIndibiz, yang mampu membantu pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Indonesia mendapatkan solusi sesuai kebutuhannya pada produk dan layanan digital yang ada di Leap-Telkom Digital.

Dalam hal ini, Bizy diklaim mampu memberikan layanan yang dipersonalisasi dan interaktif sehingga solusi yang diberikan kepada pelanggan lebih tepat sasaran.

“Inovasi pengembangan AI yang dilakukan Telkom menjadi komitmen perusahaan untuk mewujudkan bangsa yang lebih sejahtera dan berdaya saing,” tutup Komang Budi Aryasa. (saf/infopublik.id)