Scroll untuk baca artikel
Industri

Teknologi Water Repellent Solusi Tingkatkan Kualitas Bangunan di Daerah Tropis

611
×

Teknologi Water Repellent Solusi Tingkatkan Kualitas Bangunan di Daerah Tropis

Sebarkan artikel ini
Pentingnya pemilihan bahan bangunan berkualitas tidak dapat diabaikan, terutama ketika menghadapi musim hujan di Indonesia. Bahan bangunan yang berkualitas tinggi memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap tekanan cuaca ekstrem, seperti hujan deras, kelembaban udara tinggi dan sifat tanah yang cenderung basah.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Indonesia yang berada di kawasan tropis, memiliki banyak jenis cuaca, mulai dari panas, cerah, berawan, dingin, kabut, dan hujan. Berbagai cuaca ini harus menjadi perhatian bagi Anda yang mau membangun rumah agar awet dan kokoh hingga puluhan tahun kelak.

Salah satu yang perlu diperhatikan adalah cuaca hujan yang biasanya terjadi pada periode bulan Oktober hingga Maret setiap tahunnya. Terlebih lagi, berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), sejak awal Januari 2024, seluruh wilayah Indonesia mengalami curah hujan harian tertinggi mencapai 300 mm/hari.

Curah hujan tinggi ini dapat meningkatkan kelembaban di area tempat tinggal dan berpotensi mempengaruhi kondisi rumah kesayangan Anda. Mulai dari rembesan air yang dapat membuat dinding menjadi lembab, berjamur, hingga cat mudah mengelupas.

Cuaca hujan terkadang bisa membuat kerusakan pada sebuah bangunan atau rumah. Oleh karena itu, penting untuk melakukan persiapan preventif saat membangun, apalagi untuk rumah yang akan dijadikan tempat berteduh untuk keluarga Anda.

Apa saja yang bisa Anda lakukan agar rumah yang dibangun lebih kuat dan minim perawatan di segala cuaca? Simak tipsnya dibawah ini.

Konsultasikan Pembangunan Rumah Anda Dengan Ahlinya

Membangun sebuah rumah baiknya perlu dikonsultasikan dengan ahlinya, atau dengan seorang arsitek. Arsitek tak hanya bisa membuat desain rumah ideal yang estetik sesuai dengan harapan, namun juga bisa membantu Anda menentukan arah dan kebutuhan ruang yang baik di dalam rumah, memantau proses pembangunan hingga selesai, dan memilih material yang tepat sesuai kebutuhan agar biaya yang dikeluarkan lebih efektif – efisien.

Baca Juga :   ESSA Catatkan Laba Lebih Baik di Kuartal IV Tahun 2023, Didukung Peningkatan Harga Komoditas

Riri Yakub, Principal Architect dari Atelier Riri, sekaligus Pemilik Rumah Kiri’s House 2.2 yang sedang dalam proses pembangunan menyampaikan bahwa membangun rumah ideal bukan hanya mendirikan bangunan saja, tetapi bagaimana merancang desain yang didasari pada pemahaman yang dalam terhadap lingkungan dan kehidupan sehingga akan menghasilkan  rumah yang fungsional, nyaman ditinggali dan tetap indah secara estetikanya.

“Desain rumah di daerah tropis tentu harus mempertimbangkan dua iklim, musim kemarau yang panas dengan teriknya sinar matahari serta musim hujan yang debit airnya tinggi. Tantangannya adalah bagaimana desain rumah harus memberikan fungsionalitas dan kenyamanan tetapi juga memberikan perlindungan dari teriknya panas matahari dan kelembaban udara tinggi,” ujar Riri.

Selain itu Riri juga menekankan pentingnya eksekusi konstruksi yang proper dari desain yang ada, karena eksekusi konstruksi, mulai dari pemilihan bahan bangunan sampai aplikasi akan mempengaruhi ketahanan bangunan dan perawatan yang diperlukan nantinya, “Pemilihan dan aplikasi bahan bangunan yang sesuai kebutuhan dan benar akan berpengaruh untuk menjaga fungsionalitas dan estetika rumah bertahan lebih lama,” tambah Riri.

Pilih Semen Berkualitas, Bukan Asal Semen Untuk Menyokong Bangunan Lebih Kokoh dari Dalam

Pentingnya pemilihan bahan bangunan berkualitas tidak dapat diabaikan, terutama ketika menghadapi musim hujan di Indonesia. Bahan bangunan yang berkualitas tinggi memiliki daya tahan yang lebih baik terhadap tekanan cuaca ekstrem, seperti hujan deras,  kelembaban udara tinggi dan sifat tanah yang cenderung basah.

Kualitas bahan bangunan ini harus bisa mencegah masalah seperti rembesan air tanah, kebocoran dan kerusakan struktural yang dapat merugikan keamanan dan keberlangsungan bangunan.

Baca Juga :   Daewoong Pharmace­­utical Dapatkan Persetujuan untuk Laboratorium Pengelolahan Sel Punca di Indonesia

TB Nasrul Ibnu HR, Ketua BPD Gapensi Jawa Barat mengatakan, “Salah satu aspek penting yang perlu diperhatikan adalah pemilihan semen, mengingat semen merupakan bahan konstruksi dasar dalam pembangunan rumah.”

TB Nasrul menambahkan dari pengalamannya membangun berbagai gedung dan rumah, pemilihan semen yang tepat menjadi kunci utama untuk menjamin ketahanan bangunan terhadap berbagai tantangan, terutama di daerah tropis seperti Indonesia yang seringkali mengalami cuaca hujan tinggi.

“Sebagai contoh, sekarang ini sudah ada semen dengan teknologi tolak air dapat mencegah dinding menjadi lembab dan mengurangi risiko kerusakan pada struktur bangunan. Dengan ini, kita dapat memastikan bahwa bangunan tidak hanya kokoh dari segi struktural, tetapi juga dapat menghindari masalah perawatan seperti dinding lembab sejak awal pembangunan,” ujar TB Nasrul.

Teknologi Water Repellent Solusi dari Semen Merah Putih

Semen Merah Putih sebagai salah satu brand semen berkualitas premium berkomitmen untuk selalu menyediakan produk material dan layanan berkualitas dengan mengedepankan solusi inovatif. Inovasi ini salah satunya diwujudkan dengan kehadiran Semen Merah Putih Watershield yang dilengkapi dengan kandungan water repellent yang mampu memberikan perlindungan yang lebih baik serta meningkatkan ketahanan terhadap penetrasi air pada bangunan, baik pada aplikasi struktural maupun non-struktural. Adapun hasil akhir yang diberikan oleh Semen Merah Putih Watershield dapat membantu mengatasi atau menyelesaikan tantangan yang umumnya dihadapi oleh sebagian besar pengguna semen.

Baca Juga :   Semarak Ramadan, Banyak Berkah di Double Day 3.3 Blibli

Oza Guswara, selaku GM Sales dan Marketing dari PT. Cemindo Gemilang mengatakan, “Semen Merah Putih Watershield merupakan komitmen kami untuk menghadirkan solusi inovatif yang berkualitas, khususnya sebagai solusi dalam menghadapi masalah bangunan yang sering kali mengalami kerusakan. Diformulasikan khusus dengan teknologi water repellent, semen ini tidak hanya unggul dalam mencegah kebocoran, tetapi juga menjaga kekuatan fondasi serta memperpanjang umur bangunan.”

Minim Perawatan Demi Masa Depan  

Perawatan rumah yang baik tentu dapat dimulai dari pemilihan semen yang tepat pada tahap awal pembangunan. Salah satu pilihan cerdas adalah menggunakan Semen Merah Putih Watershield dengan kandungan water repellent yang memberikan efek daun talas pada bangunan. Dengan kemampuan ini, semen mampu memberikan proteksi dan daya tahan ekstra terhadap penyerapan air, mencegah risiko dinding jamuran, cat lekas menggelembung, dan mengelupas. Inovasi water repellent ini, yang menjadi yang pertama dan satu-satunya di Indonesia, menjadikan pemilihan semen ini sebagai investasi awal yang cemerlang. Dengan demikian, tidak hanya memberikan perlindungan maksimal pada bangunan, tetapi juga menghemat biaya perawatan jangka panjang, karena masalah umum seperti jamur dan kerusakan cat akibat air telah dicegah sejak awal pembangunan.

Nah, itulah beberapa tips yang dapat Anda terapkan saat membangun dan merawat rumah impian Anda. Dengan mempertimbangkan kondisi iklim dan mengadopsi solusi teknologi canggih seperti Semen Merah Putih Watershield, Anda tak perlu khawatir lagi mencari cara untuk meningkatkan ketahanan bangunan terhadap cuaca ekstrem, sekaligus menjaga keberlanjutan konstruksi dalam jangka panjang.