Scroll untuk baca artikel
Finansial

Studi Jenius Ungkap Perilaku Masyarakat Digital Savvy pada Ramadan 2024

31
×

Studi Jenius Ungkap Perilaku Masyarakat Digital Savvy pada Ramadan 2024

Sebarkan artikel ini
Jenius Study Ramadhan 2024

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Bulan Ramadan yang dipenuhi berkah selalu disambut dengan hangat oleh masyarakat Indonesia, termasuk mereka yang tergolong sebagai masyarakat digital savvy. Tidak seperti tahun sebelumnya yang masih dalam suasana pasca pandemi, kini masyarakat digital savvy terlihat lebih percaya diri dalam menjalankan berbagai aktivitas selama Ramadan; mulai dari membuka bisnis, berlibur, hingga merenovasi rumah. Perilaku ini juga membawa perubahan dalam cara masyarakat digital savvy mengelola Tunjangan Hari Raya (THR) pada tahun ini dibandingkan dengan tahun sebelumnya, terutama dalam hal alokasi untuk pengeluaran, menabung, dan investasi.

Menjelang momen Idulfitri tahun ini, Jenius, platform keuangan dari Bank BTPN, meluncurkan survei dengan judul “Studi Jenius: Perilaku Masyarakat Digital Savvy selama Ramadan & Menjelang Idulfitri 2024” yang dilaksanakan pada periode 28 Februari hingga 18 Maret 2024. Survei ini melibatkan 233 responden dengan rentang usia 17–40 tahun dari berbagai wilayah Jabodetabek dan luar Jabodetabek (seperti Bandung, Surabaya, Sidoarjo, Semarang, Medan, Palembang, Makassar, Manado, hingga Aceh).

Hasil dari Studi Jenius ini memberikan gambaran tentang bagaimana perilaku masyarakat digital savvy pada tahun ini, yang terfokus pada peningkatan kualitas ibadah, pengelolaan THR dengan lebih baik, serta mempererat silaturahmi dengan keluarga.

Baca Juga :   Menhub Jamin Distribusi Logistik Lancar Saat Ramadan 2024

Febri Rusli, Kepala Kemitraan Perbankan Digital Bank BTPN, menjelaskan adanya pergeseran alokasi THR pada tahun 2024 dibandingkan dengan tahun 2023. “Pada Ramadan kali ini, kami melihat adanya perubahan alokasi THR dari masyarakat digital savvy dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tahun lalu, mayoritas dari mereka (41%) lebih fokus menabung THR, sementara 40% menggunakan THR untuk belanja kebutuhan Ramadan, dan 19% lainnya memilih untuk menginvestasikan THR mereka. Kini, alokasi THR untuk belanja kebutuhan Ramadan meningkat 12% menjadi 52%, sementara bagian untuk menabung dan berinvestasi masing-masing mencapai 29% dan 19%,” tambah Febri.

Perubahan dalam cara mengelola THR ini juga sejalan dengan 58% masyarakat digital savvy yang merasa pengeluaran mereka berpotensi meningkat selama Ramadan tahun ini. Pengeluaran tersebut terbagi untuk berbagai kebutuhan, seperti pembelian baju baru (43%), perjalanan mudik (30%), zakat dan sedekah (30%), pembelian makanan sahur dan buka puasa (29%), serta menghadiri acara berbuka puasa bersama (29%). Selain untuk keperluan Ramadan, masyarakat digital savvy juga menggunakan THR untuk melunasi cicilan atau utang, modal bisnis, liburan, renovasi rumah, dan pembelian gadget atau barang elektronik.

Baca Juga :   Jelang Ramadan dan Idulfitri Pemerintah Pastikan Stok Beras Cukup

Lebih lanjut, masyarakat digital savvy juga berupaya mengantisipasi kebutuhan ekstra dengan memilih opsi pinjaman. Jumlah mereka yang memilih opsi pinjaman meningkat sebesar 13% dibandingkan tahun sebelumnya. Berdasarkan survei, sebanyak 35% dari mereka berencana mengambil pinjaman selama bulan Ramadan 2024 untuk berbagai keperluan, seperti menyambut Lebaran (60%), modal usaha (46%), dan renovasi rumah (18%).

Dukungan terhadap kebutuhan dan perilaku masyarakat digital savvy, Studi Jenius juga menyoroti lima fitur Jenius yang paling diminati untuk membantu pengelolaan keuangan mereka selama bulan Ramadan dan menjelang Idulfitri, yaitu Flexi Cash, Jenius QR, Jenius Paylater, Kartu Kredit Jenius, dan Kartu Debit Jenius.

“Jenius menyediakan beragam fitur untuk membantu masyarakat digital savvy mengelola berbagai kebutuhan finansial, termasuk dalam mengatur aliran kas. Salah satunya adalah Flexi Cash, sebuah fasilitas dana fleksibel dengan limit hingga Rp200 juta yang dapat dicairkan sesuai kebutuhan. Kami juga menyediakan Jenius Paylater untuk transaksi harian yang dapat dibayar pada bulan berikutnya. Selain itu, teman Jenius juga dapat memanfaatkan Kartu Kredit Jenius untuk mengatur aliran kas dengan limit yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan mereka,” tutup Febri.

Baca Juga :   Manulife Indonesia Resmikan Manulife Pro: Program Penghargaan bagi Life Planners Berprestasi

#RamadanTidakBiasa 2024

Untuk memberikan momen Ramadan yang lebih berkesan, Jenius telah menyiapkan berbagai promo menarik yang dapat dinikmati oleh para teman Jenius hingga 10 April 2024. Mulai dari potongan harga khusus hingga penawaran istimewa. Promo-promo ini dirancang untuk mempermudah memenuhi berbagai kebutuhan selama bulan Ramadan.

Nikmati potongan harga dan harga spesial di berbagai restoran dan layanan makanan seperti GrabFood, HokBen, Kopi Kenangan, dan Shihlin untuk pengalaman santap yang lezat. Bagi yang merencanakan perjalanan mudik atau berlibur, Jenius juga menawarkan promo perjalanan dari GrabBike dan Tiket KAI untuk memudahkan perjalanan teman Jenius. Tersedia juga promo-promo gaya hidup dari XXI, GrabMart, MAP Club, hingga Informa.

Tidak hanya itu, Jenius juga berkolaborasi dengan Dompet Dhuafa untuk menghadirkan program “Extra Donasi” yang mengajak para teman Jenius untuk berbagi kebahagiaan melalui sedekah paket sahur dan buka puasa di bulan Ramadan yang penuh berkah ini. Setiap donasi satu paket sahur dan buka puasa senilai minimal Rp30.000 di Dompet Dhuafa menggunakan Jenius Pay, Jenius akan menambahkan donasi ekstra sebesar Rp30.000. (saf)