Scroll untuk baca artikel
Industri

Perekrutan Global dan Domestik Bergerak Progresif dan Diperluas ke Jenis Pekerjaan Lainnya

58
×

Perekrutan Global dan Domestik Bergerak Progresif dan Diperluas ke Jenis Pekerjaan Lainnya

Sebarkan artikel ini
Penelitian terbaru State of Global Hiring Report (Laporan Perekrutan Global) yang dilakukan Deel menunjukkan bahwa terlepas dari kebijakan return-to-office di sebagian besar perusahaan di seluruh dunia, perekrutan jarak jauh di seluruh dunia semakin meningkat dan meluas dari jenis pekerjaan teknis ke jenis pekerjaan seperti penjualan dan konten.

Data terbaru Deel menunjukkan adanya lonjakan perekrutan global di mana tenaga kerja global dari Indonesia dicari oleh pasar-pasar besar seperti Amerika Serikat, Inggris, Singapura, Australia, dan Hong Kong

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Penelitian terbaru State of Global Hiring Report (Laporan Perekrutan Global) yang dilakukan Deel menunjukkan bahwa terlepas dari kebijakan return-to-office di sebagian besar perusahaan di seluruh dunia, perekrutan jarak jauh di seluruh dunia semakin meningkat dan meluas dari jenis pekerjaan teknis ke jenis pekerjaan seperti penjualan dan konten.

Laporan tersebut juga mengungkapkan perekrutan secara global tumbuh sebesar 57% di region Asia Pasifik pada tahun 2023 dan selama dua tahun berturut-turut menjadi wilayah perekrutan dengan perkembangan tercepat berimbang dengan Eropa, Timur Tengah, dan Afrika (EMEA).

Baca Juga :   PT ACE Hardware Indonesia Tbk (ACES) Perluas Layanan ke Banyuwangi

Lima posisi pekerjaan yang banyak direkrut secara global oleh perusahaan Indonesia meliputi Software Developers/Engineers, Account Executives/Manajer (penjualan), Manajer Proyek, Desain Grafis, dan Keamanan TI.

Negara-negara paling populer untuk merekrut peran-peran ini termasuk India, Vietnam, Kazakhstan, Singapura, dan Malaysia.

Karen Ng, Regional Head of Expansion & Market Lead Singapore, Hong Kong, ASEAN, India mengatakan, meskipun kondisi jumlah talenta global yang minim, pemilik perusahaan kini memperluas pencarian mereka ke luar batas nasional untuk menemukan individu bertalenta, sesuai kebutuhan tenaga kerja.

Karen melihat  jaringan internet telah mempermudah akses ke pasar tenaga kerja internasional dan meningkatnya kerja jarak jauh yang terjadi secara cepat turut mendorong gerakan perekrutan global.

“Perekrutan global bukan lagi menjadi fenomena yang unik. Perkembangan pasar dan meningkatnya opsi mobilitas telah membuat dunia usaha menyadari pentingnya keberagaman talenta dan perspektif global di perusahaan. Temuan terbaru kami menunjukkan bahwa wilayah Asia Pasifik sangat menonjol sebagai pusat inovasi, kolaborasi, dan peluang yang tak tertandingi,” tambah Karen.

Baca Juga :   CEO Silicon Valley Bridge Bank Meminta Pelanggan untuk menyetor ulang dana Mereka

Laporan Perekrutan Global Deel dihasilkan dari kumpulan data yang terdiri dari lebih dari 300.000 kontrak dan 20.000 pelanggan di platform Deel, serta lebih dari 500.000 data dari sumber pihak ketiga di lebih dari 160 negara, yang diolah mulai Januari hingga Desember 2023.

Temuan ini menunjukkan bahwa tenaga kerja jarak jauh global tidak hanya tahan terhadap perubahan, namun juga mengalami pertumbuhan signifikan selama beberapa tahun terakhir. Terlepas dari adanya peraturan kembali bekerja di kantor, jumlah digital nomad secara global kini mencapai 250.000 pekerja, meningkat hampir tiga puluh lima kali lipat dari 7.000 pekerja pada 2020.

Baca Juga :   AS menyalahkan Rusia atas jatuhnya pesawat tak berawak di Laut Hitam, Moskow menyangkal

Beberapa sorotan lokal dari Laporan Deel juga meliputi informasi yakni negara-negara utama yang merekrut talenta Indonesia meliputi Amerika Serikat, Inggris, Singapura, Australia dan Hongkong dan 5 posisi pekerjaan yang banyak mempekerjakan pekerja Indonesia secara global adalah Guru/Tutor, Asisten Virtual (Virtual Assistant), Technical Support, Ahli Statistik, dan Software Engineer/Developer

Sedangkan sorotan global dari Laporan Deel antara lain adalah posisi pekerjaan dengan kebutuhan tertinggi perusahaan meliputi Software engineers & Developers, Sales, Ahli Konten, Produk, & Desain,  London menempati posisi pertama dari lima kota utama dengan jumlah pekerja global tertinggi, diikuti Toronto, San Francisco, Buenos Aires, dan Madrid