Scroll untuk baca artikel
HeadlineLifestyle

Olivia Rodrigo, Drake, dan Artis Universal Lainnya Kembali ke TikTok

53
×

Olivia Rodrigo, Drake, dan Artis Universal Lainnya Kembali ke TikTok

Sebarkan artikel ini
olivia rodrigo (biography.com)

BISNISASIA.CO.ID – TikTok dan Universal Music Group (UMG) telah menandatangani kesepakatan yang memungkinkan Taylor Swift, Olivia Rodrigo, The Weeknd, dan artis-artis lainnya untuk kembali ke platform tersebut.

Diketahui Universal menarik lagu-lagu dari daftar artisnya pada bulan Februari dan dengan beberapa pengecualian, musiknya tidak ada lagi di sana sejak saat itu.

Kedua belah pihak sekarang “bekerja dengan cepat” untuk mengembalikan konten ke platform yang menjadi rumah bagi lebih dari satu miliar pengguna ini.

Bagian penting dari kesepakatan ini adalah perlindungan artis dari AI generatif.

Baca Juga :   Rayakan Hari Autisme Sedunia, TikTok Sorot Kisah Tiga Kreator Tingkatkan Kesadaran Autisme di Indonesia

“TikTok dan UMG akan bekerja sama untuk memastikan pengembangan AI di seluruh industri musik akan melindungi kesenian manusia dan ekonomi yang mengalir ke para artis dan penulis lagu,” tulis kedua perusahaan melalui sebuah siaran pers seperti dilansir dari engadget.

“TikTok juga berkomitmen untuk bekerja sama dengan UMG untuk menghapus musik yang dihasilkan oleh AI yang tidak sah dari platform, serta alat untuk meningkatkan atribusi artis dan penulis lagu.”

Bagian dari kesepakatan ini juga mencakup “peluang monetisasi baru” dari ekspansi TikTok baru-baru ini ke e-commerce.

Baca Juga :   Hyundai Gelar #BergerakDenganBATIK Dance Challenge di TikTok, Menangkan Liburan Gratis ke Korea

TikTok akan membantu para artis dengan menyediakan alat bantu seputar analitik, tiket terintegrasi, “Add to Music App”, dan banyak lagi.

Universal mengambil langkah drastis dengan menarik musik pada awal tahun ini, memaksa platform tersebut untuk membisukan video atau mengganti lagu dengan pilihan dari label lain.

“Ketika negosiasi kami berlanjut, TikTok berusaha menggertak kami untuk menerima kesepakatan yang nilainya lebih rendah dari kesepakatan sebelumnya, jauh lebih rendah dari nilai pasar yang adil dan tidak mencerminkan pertumbuhan eksponensial mereka,” kata UMG pada saat itu.

Baca Juga :   Max Rilis Single Stupind In Love

Bulan lalu, lagu-lagu Taylor Swift kembali ke TikTok, kemungkinan besar karena ia memiliki kontrol penuh atas katalognya sendiri dan mampu membuat kesepakatan terpisah. Beberapa lagu dari artis UMG lainnya, termasuk Ariana Grande, juga mulai muncul di platform tersebut.

Perselisihan ini tampaknya masih dalam tahap awal, tetapi ini adalah masalah yang paling kecil bagi TikTok saat ini. Kongres AS baru-baru ini memilih untuk mendukung RUU yang akan membuat TikTok dilarang dalam satu tahun kecuali jika pemiliknya, ByteDance, menjual aplikasinya.