Scroll untuk baca artikel
Industri

Menparekraf Dorong Investor Australia Perkuat Investasi di Sektor Parekraf Indonesia

32
×

Menparekraf Dorong Investor Australia Perkuat Investasi di Sektor Parekraf Indonesia

Sebarkan artikel ini
Menparekraf Sandiaga Uno melakukan pertemuan dengan sejumlah investor Australia dalam investor round table discussion yang difasilitasi oleh Bloomberg, Sydney, Senin (19/2/2024). (Foto: Biro Komunikasi Kemenparekraf)

BISNISASIA.CO.ID, SYDNEY – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengajak investor dari Australia untuk memperkuat komitmen investasi mereka di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia yang semakin menarik dan menjanjikan.

Dalam sebuah pernyataan yang disampaikan kepada InfoPublik pada Rabu (21/2/2024), ajakan dari Menparekraf Sandiaga ini dilakukan dalam rangka kunjungan kerjanya di Sydney, Australia, pada Senin (19/2/2024).

Selama kesempatan tersebut, Menparekraf bertemu dengan sejumlah investor Australia dalam diskusi kelompok investor yang dipandu oleh Bloomberg.

Menparekraf menyatakan bahwa banyak investor Australia yang ingin memahami situasi ekonomi dan politik Indonesia setelah pemilu.

“Kami ingin menegaskan bahwa kondisi saat ini sangat kondusif dan kami memiliki keyakinan yang tinggi terhadap arah pembangunan Indonesia ke depannya,” kata Sandiaga.

Menparekraf kemudian mengajak para investor untuk terus menanamkan modalnya di Indonesia. Sektor pariwisata dan ekonomi kreatif, yang menjadi salah satu sektor unggulan dalam perekonomian Indonesia, juga menjadi kontributor utama dalam realisasi investasi nasional pada tahun 2023.

Baca Juga :   Produk Manufaktur Tetap Mendominasi Capaian Ekspor Nasional

“Jumlah investasi dari investor Australia di Indonesia mencapai 41.529,3 juta dolar AS pada tahun 2023, dengan sektor restoran dan hotel berbintang sebagai yang paling menonjol,” ujar Sandiaga.

Baca Juga :   Pacu Visit Indonesia Year 2025, Berikut Capaian di ATF 2024 Laos

Menurut Sandiaga, besarnya nilai investasi ini tidak lepas dari minat tinggi wisatawan Australia untuk mengunjungi Indonesia. Pada tahun 2023, tercatat sebanyak 1.431.177 wisatawan Australia yang berkunjung ke Indonesia.

Lebih jauh lagi, data terbaru menunjukkan bahwa Indonesia telah berhasil melampaui Selandia Baru sebagai tujuan favorit wisatawan Australia.

“Ini merupakan kali pertama dalam 50 tahun terakhir hal ini terjadi,” tutup Sandiaga.(saf/infopublik.id)