Scroll untuk baca artikel
Industri

LinkAja Meraih Pendanaan Investasi Strategis dari Mitsui

25
×

LinkAja Meraih Pendanaan Investasi Strategis dari Mitsui

Sebarkan artikel ini
LinkAja menerima pendanaan investasi strategis dari Mitsui & Co., Ltd. (“Mitsui”).

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – LinkAja mengumumkan langkah korporatif penting dengan menerima pendanaan investasi strategis dari Mitsui & Co., Ltd. (“Mitsui”). Investasi ini menandai kali pertama LinkAja menerima investasi dari perusahaan berskala global. Langkah ini diambil untuk saling memperkuat ekosistem dan strategi bisnis keduanya, termasuk potensi kolaborasi di dalam ekosistem BUMN, yang juga merupakan pemegang saham dari LinkAja.

Bagi Mitsui, berinvestasi di LinkAja merupakan langkah strategis dalam mengembangkan bisnis keuangan digital, serta bukti nyata komitmennya dalam mempercepat kolaborasi strategis antara ekosistem BUMN dan ekosistem Mitsui dalam bidang teknologi informasi, ritel, dan sektor bisnis lainnya. Hal ini sejalan dengan upaya untuk mempercepat inklusi ekonomi dan keuangan di Indonesia.

Kartika Wirjoatmodjo (Tiko), Wakil Menteri BUMN, menyambut baik komitmen investasi strategis dari investor global, Mitsui, kepada LinkAja. Tiko menyatakan bahwa hal ini menunjukkan bahwa model bisnis LinkAja mampu menarik minat pihak internasional.

Shinichi Kikuchihara, Direktur Utama PT Mitsui Indonesia, menambahkan, “Mitsui telah memiliki komitmen jangka panjang di Indonesia sejak tahun 1901 ketika pendiri Mitsui membuka kantor di Surabaya. Sejak saat itu, Mitsui terus mengembangkan bisnisnya di Indonesia, beroperasi di sektor-sektor strategis seperti Infrastruktur & Energi, Mobilitas, Baja, Kimia Pangan & Ritel, dan Teknologi Informasi & Komunikasi (ICT). Beberapa investasi Mitsui di Indonesia meliputi Bussan Auto Finance (pembiayaan ritel sepeda motor) dan langganan obligasi konversi di CT Corp. Dengan berkembangnya proses digitalisasi, kami semakin fokus pada nilai ekonomi digital, termasuk keuangan digital di Indonesia. Sebagai perusahaan dengan fondasi bisnis yang kokoh dan ekosistem pemegang saham yang solid, kami yakin Mitsui dan LinkAja dapat saling berkontribusi dalam perkembangan industri keuangan digital Indonesia.”

Baca Juga :   Ekonomi Biru Dapat Jadikan Indonesia Negara Kepulauan yang Maju di Masa Depan

Melalui pengalaman merestrukturisasi model bisnis dan strategi efisiensi biaya, LinkAja berhasil mencatat peningkatan kinerja bisnis yang signifikan, dengan EBITDA positif selama dua kuartal berturut-turut pada akhir 2023. Di tahun 2024, LinkAja akan terus fokus pada sinergi dengan BUMN. Investasi strategis dari Mitsui diharapkan akan membuka peluang bagi LinkAja dan Mitsui untuk menggabungkan potensi serta keunggulan kompetitif keduanya, yang pada akhirnya akan berdampak positif pada ekonomi digital di Indonesia.

Yogi Rizkian Bahar, Direktur Utama LinkAja, menyatakan, “LinkAja telah menunjukkan kinerja yang stabil di tengah kondisi global yang menantang, dengan memfokuskan perusahaan dari B2C ke B2B dan B2B2C, terutama di dalam ekosistem BUMN. Kami berhasil mendigitalisasi sistem pembayaran dalam rantai pasok tradisional Telkomsel, yang kini memberikan kontribusi sekitar ~20% terhadap pendapatan perusahaan. Kami percaya bahwa kolaborasi strategis merupakan kunci dalam bisnis digital, dan kami sudah memulai kemitraan strategis dengan mitra global, termasuk Mitsui. Mitsui memiliki berbagai investasi di berbagai sektor di Indonesia, sehingga mereka memiliki ekosistem yang luas dan beragam. Kami yakin bahwa investasi strategis dari Mitsui akan membawa manfaat bagi kedua belah pihak, pengguna, pemangku kepentingan, serta akan berkontribusi pada perkembangan industri keuangan digital di Indonesia. Kepercayaan dari investor global ini juga akan semakin memperkuat keyakinan investor lainnya, termasuk kemungkinan kedatangan investor baru.”

Baca Juga :   5 Tren Logistik Tahun 2024, Menuju Rantai Pasokan yang Lebih Cerdas

Pada bulan Februari lalu, sebagai bagian dari penguatan posisinya sebagai platform pembayaran, LinkAja meluncurkan Program Pertukaran Poin Loyalti dalam Ekosistem BUMN melalui AKHLAK Point, yang memperkuat posisinya dalam program insentif penyaluran untuk beberapa BUMN. Langkah-langkah ini menunjukkan komitmen kuat LinkAja terhadap sinergi kolaboratif antara perusahaan dan BUMN. Kolaborasi ini juga bertujuan untuk meningkatkan ekosistem digital demi efisiensi, efektivitas, serta memberikan nilai tambah bagi konsumen, serta mendukung keberlanjutan bisnis perusahaan. Diharapkan investasi strategis dari Mitsui dapat mempercepat inklusi ekonomi dan keuangan di Indonesia.

Baca Juga :   January Board Meeting 2024: Orderfaz Bangun Kolaborasi Menuju Transformasi Industri Fashion

Mitsui & Co., Ltd. (8031: JP) adalah perusahaan perdagangan dan investasi global yang memiliki jaringan di lebih dari 60 negara serta portofolio bisnis yang beragam di berbagai industri. Perusahaan ini mengidentifikasi, mengembangkan, dan memperkuat bisnisnya bersama mitra jaringan global yang terpercaya, termasuk perusahaan-perusahaan terkemuka dunia, dengan menggabungkan kekuatan geografis dan lintas industri untuk menciptakan nilai jangka panjang yang berkelanjutan bagi para pemangku kepentingan.

Mitsui menekankan tiga inisiatif strategis dalam rencana manajemen jangka menengahnya saat ini: mendukung pertumbuhan dan pengembangan industri dengan pasokan sumber daya dan bahan yang stabil, menyediakan infrastruktur, mendorong transisi global ke energi rendah karbon dan energi terbarukan, serta memberdayakan masyarakat untuk menjalani kehidupan sehat melalui penyediaan perawatan kesehatan berkualitas dan akses terhadap gizi yang baik. (saf)