Scroll untuk baca artikel
Industri

5 Tren Logistik Tahun 2024, Menuju Rantai Pasokan yang Lebih Cerdas

40
×

5 Tren Logistik Tahun 2024, Menuju Rantai Pasokan yang Lebih Cerdas

Sebarkan artikel ini
tahun 2024, penyedia jasa logistik akan terus beroperasi di persimpangan antara fisik dan digital, sehingga memberikan akses bagi dunia usaha terhadap berbagai kesempatan untuk berkembang, terlepas dari sektor dan lokasinya

Oleh Kawal Preet, Presiden Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika, FedEx Express

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Dengan jutaan paket yang bergerak setiap hari di seluruh jaringan globalnya, FedEx menjadi yang terdepan dalam industri dan melihat tren terkini yang muncul. Pada tahun 2024, penyedia jasa logistik akan terus beroperasi di persimpangan antara fisik dan digital, sehingga memberikan akses bagi dunia usaha terhadap berbagai kesempatan untuk berkembang, terlepas dari sektor dan lokasinya. Berikut ini sekilas tentang apa yang kita lihat ke depan pada tahun 2024.

Perdagangan Asia – Eropa Akan Terus Mendorong Pertumbuhan Rantai Pasokan di Asia

Asia Pasifik menguasai lebih dari 32% pasar kargo udara global. Salah satu pendorong pertumbuhan terkuat di kawasan ini adalah Jalur Asia-Eropa yang menurut data terbaru tumbuh sebesar 8,5% YoY.

Pertumbuhan perdagangan Asia-Eropa ini didorong oleh perjanjian perdagangan bebas multilateral seperti RCEP, EVFTA, CPTPP yang saat ini kinerjanya mengungguli perdagangan trans-Pasifik.

Asia Tenggara adalah wilayah yang harus diperhatikan pada tahun 2024 setelah menunjukkan pertumbuhan yang kuat pada tahun 2023. Dunia usaha di Asia Pasifik terus mendiversifikasi rantai pasokan mereka setelah pandemi dan menggunakan Asia Tenggara sebagai bagian dari strategi mereka[2]  untuk mendorong integrasi ekonomi regional yang bernilai lebih tinggi.

Baca Juga :   Astra Property Jaga Komitmen Pelestarian Keanekaragaman Hayati Melalui Program Pranaraksa

Di FedEx, kami merespons kebutuhan ini dengan memperluas jaringan dan layanan kami seperti penerbangan baru dari Kota Ho Chi Minh di Vietnam ke hub APAC kami di Guangzhou, Tiongkok serta menambah fasilitas baru di Clark, Filipina dan Batam, Indonesia.

Data dan Digital akan Menentukan Strategi Kami

Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di Asia semakin banyak berinvestasi pada data dan teknologi digital untuk memajukan bisnis mereka. Tren ini didorong oleh pesatnya kemajuan teknologi dan semakin besarnya kesadaran akan pentingnya transformasi digital yang memungkinkan mereka menyederhanakan operasional, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan mengambil keputusan berdasarkan data.

Di FedEx, kami selalu mengetahui kekuatan data yang kami miliki. Faktanya, 45 tahun yang lalu pendiri kami, Fred Smith, mengatakan bahwa informasi yang kami miliki mengenai paket sama pentingnya dengan paket itu sendiri.

Namun hanya dengan kekuatan komputasi, analisis data, pemodelan prediktif, AI, dan pembelajaran mesin yang ada saat ini, kami dapat sepenuhnya memanfaatkan kekuatan data ini, demi kebaikan perusahaan dan pelanggan kami. Kami telah menciptakan FedEx Dataworks untuk menggunakan teknologi canggih guna membantu kami berinovasi dan meningkatkan visibilitas rantai pasokan serta meningkatkan prediktabilitas. Sebagai contoh, solusi yang kami ciptakan telah membantu kami memecahkan masalah dan penundaan pengiriman, hampir secara real-time sehingga kami dapat mengoptimalkan rute pengiriman dan membantu meminimalkan emisi.

Baca Juga :   JA Solar Pertahankan Peringkat "AAA" dalam Peringkat "Bankability" PV ModuleTech

Penerapan teknologi canggih untuk memanfaatkan kekuatan data akan semakin tertanam dalam bagaimana para penyedia logistik memberdayakan UKM untuk mendorong pertumbuhan bisnis mereka.

Pertumbuhan Kolaborasi Start-up untuk Mempercepat Inovasi

Asia telah menciptakan ekosistem yang dinamis bagi start-up dan lingkungan yang mendorong inovasi dengan mempertemukan para start-up, pakar industri, investor, dan lembaga penelitian untuk memimpin pengembangan solusi dan teknologi inovatif. Dengan program yang disesuaikan, kolaborasi khusus industri, acara regional, dan dukungan pemerintah, laju inovasi di Asia akan semakin meningkat pada tahun 2024.

Selain membentuk tim untuk mendorong inovasi, FedEx juga menyadari bahwa kemitraan dapat membuat kami untuk melompat besar  dengan cepat. Pada tahun 2023 kami meluncurkan FedEx Innovation Lab untuk melakukan investasi tahap awal pada perusahaan rintisan teknologi yang sedang berkembang. Investasi pertama kami adalah menjadi pemimpin dalam solusi AI perusahaan.

Kini kami bekerja sama untuk mengembangkan solusi baru yang akan membantu kami meningkatkan efisiensi. Kami terus mencari lebih banyak kemitraan dengan perusahaan-perusahaan seperti ini untuk membantu kami mengubah dan mengembangkan layanan yang berbeda bagi pelanggan kami.

Baca Juga :   Bawa Perubahan Customer Engagement di Indonesia, WebEngage Jalin Kemitraan dengan Insignia

Logistik Berkelanjutan Menjadi Sebuah Standar

Beroperasi secara lebih berkelanjutan merupakan sebuah keharusan sekaligus peluang bagi bisnis yang harus dimanfaatkan. Pelanggan kini mengharapkan dan menuntut keberlanjutan dari penyedia layanan yang bekerja sama dengan mereka. Di FedEx kami berupaya memenuhi kebutuhan tersebut.

Kami memiliki rencana ambisius untuk mencapai operasi netral karbon pada tahun 2040 melalui inisiatif seperti elektrifikasi kendaraan, mengintegrasikan energi terbarukan di fasilitas kami, dan membuat kemasan kami lebih ramah lingkungan.

Kami juga menawarkan solusi digital kepada pelanggan kami, misalnya dengan FedEx® Sustainability Insights, pelanggan bisa mendapatkan visibilitas emisi yang lebih baik dalam rantai pasokan mereka untuk mendukung pelaporan dan perencanaan masa depan. Hal ini membantu mereka memutuskan bagaimana memenuhi harapan pelanggan mereka dan mendorong upaya bisnis dan keberlanjutan mereka ke depan.

Peningkatan integrasi antara E-commerce dan Logistik

Menemukan pelanggan baru di pasar internasional adalah pendekatan cerdas bagi UKM yang ingin mendorong pertumbuhan pendapatan dan saluran digital untuk menurunkan hambatan memasuki pasar.

Para peritel elektronik yang ‘terlahir secara global’ dan para pelanggannya menuntut solusi logistik yang lancar, itulah sebabnya kami akan terus melihat pendalaman integrasi dengan logistik dalam ekosistem e-commerce.