Scroll untuk baca artikel
Lifestyle

Lima Masalah Rambut Perempuan Indonesia dan Terobosan AI Berikan Analisa Kondisi Rambut yang Tepat

28
×

Lima Masalah Rambut Perempuan Indonesia dan Terobosan AI Berikan Analisa Kondisi Rambut yang Tepat

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Tak dapat disangkal, semua orang, baik pria maupun wanita, menginginkan rambut yang sehat dan bebas dari masalah. Namun, sayangnya, banyak yang menghadapi berbagai masalah dengan rambut mereka. Berdasarkan survei yang dilakukan oleh Jajak Pendapat terhadap 3.041 responden pada Juni 2023, teridentifikasi lima masalah rambut yang paling umum dihadapi oleh orang Indonesia:

Kerontokan rambut

Merajai hasil survei, masalah kerontokan rambut merupakan salah satu masalah yang umum dialami oleh perempuan Indonesia. Kerontokan rambut dikatakan abnormal ketika jumlahnya melebihi 100 helai per hari.

Ketombe

Sensasi gatal yang disebabkan oleh ketombe serta serpihan kulit kepala yang jatuh ke rambut atau baju kerap membuat penderitanya merasa tidak nyaman. Penyebab ketombe bisa beragam, mulai dari kulit kepala kering, jamur, hingga alergi terhadap produk perawatan rambut.

Baca Juga :   Vidi Bergabung dalam Kolaborasi Remix Bersama Lay Zhang dan Lauv Bertajuk "Run Back to You"

Rambut kering dan kusam

Penggunaan bahan kimia berlebihan pada rambut, mencuci rambut dengan air panas, serta paparan sinar matahari yang berlebihan dapat menyebabkan rambut menjadi kering dan kusam. Rambut yang kering dan kusam cenderung kehilangan kelembaban dan mudah patah.

Rambut berminyak dan lepek

Iklim tropis di Indonesia, dengan suhu panas dan tingkat kelembapan yang tinggi, membuat kelenjar minyak di kulit kepala memproduksi minyak berlebih. Minyak ini menempel pada rambut dan membuatnya tampak lepek. Produksi minyak juga dapat meningkat jika rambut dicuci terlalu sering.

Rambut bercabang

Rambut yang bercabang adalah tanda kerusakan pada rambut, di mana ujung rambut terbelah menjadi dua. Penggunaan alat penata rambut dengan suhu tinggi dan sering mewarnai rambut bisa menjadi penyebab utama dari rambut rusak dan bercabang.

Baca Juga :   Jeff Satur Rilis Album Pertama, Campurkan Genre Pop, R&B, rock, hip-hop dan suara tahun 80-an

Untuk mengatasi masalah-masalah ini, diperlukan perawatan yang tepat. Sayangnya, tidak semua orang paham bagaimana memilih produk perawatan rambut yang sesuai untuk jenis dan kondisi rambut mereka.

Untuk mengatasi hal tersebut, Perfect Corp, sebuah penyedia teknologi kecantikan dan fashion AI dan AR terkemuka dengan solusi ‘Beautiful AI’, meluncurkan inovasi terbaru, yaitu Hair Type Analysis berbasis AI. Dengan menggunakan teknologi AI yang canggih, inovasi ini dapat membantu mengidentifikasi tekstur, ketebalan, dan pola ikal rambut dalam hitungan detik.

Hair Type Analysis dapat mengenali 10 tipe rambut, mulai dari yang lurus, bergelombang, ikal, hingga kribo. Dengan memeriksa berbagai aspek rambut pengguna, perangkat ini dapat dengan akurat mengidentifikasi tipe rambut tersebut dan menempatkannya dalam sembilan rentang jenis rambut yang berbeda.

Baca Juga :   Dua Lipa Rilis Single Training Seasion

Terobosan ini dapat membantu merek perawatan rambut untuk memberikan rekomendasi perawatan yang dipersonalisasi sesuai dengan tipe rambut pelanggan. Ini tidak hanya memudahkan pelanggan dalam memilih produk perawatan rambut yang sesuai, tetapi juga meningkatkan kepercayaan diri mereka karena mereka lebih memahami karakteristik rambut mereka.

“Di Perfect Corp, misi kami adalah menyelesaikan masalah konsumen melalui inovasi AI,” ujar CEO dan Pendiri Perfect Corp, Alice Chang. “Hair Type Analysis berbasis AI yang inovatif menyederhanakan proses pembelian dan memberdayakan individu untuk membuat keputusan yang percaya diri saat memilih produk perawatan rambut. Kami sangat bangga dapat memperkenalkan solusi mutakhir ini ke industri ritel perawatan rambut karena hal ini mendorong kepuasan dan loyalitas melalui personalisasi.” (saf)