Scroll untuk baca artikel
Headline

Kunjungan Menparekraf ke AS Perluas Kerja Sama Pengembangan Parekraf

30
×

Kunjungan Menparekraf ke AS Perluas Kerja Sama Pengembangan Parekraf

Sebarkan artikel ini
Menparekraf Sandiaga Uno saat kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat pada 14 hingga 16 April 2024. (Foto: dok. Kemenparekraf)

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menyampaikan hasil kunjungan kerjanya ke Amerika Serikat (AS) pada 14 hingga 16 April 2024 yang disebutnya sebagai langkah untuk menjajaki dan memperluas kerja sama dalam pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf).

Sandiaga menjelaskan dalam acara “The Weekly Brief with Sandi Uno” secara daring pada Senin (22/4/2024) bahwa kunjungannya memiliki dua agenda utama, yaitu mengunjungi Northeastern University di Boston, Amerika Serikat, serta berpartisipasi sebagai pembicara dalam High-Level Meeting “UN General Assembly Sustainability Week”.

Lebih lanjut, Sandiaga menjelaskan bahwa tujuan kunjungannya ke Northeastern University pada 14 April 2024 adalah untuk menjajaki kerja sama internasional terutama dalam mengembangkan ilmu pengetahuan, khususnya terkait dengan AI (Artificial Intelligence) dalam konteks pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Ini adalah salah satu universitas terkemuka yang memiliki program-program yang menggabungkan pengalaman praktis dengan teori terkini dalam berbagai bidang ilmu. Kami melihat adanya potensi kerja sama yang dapat ditingkatkan terutama dalam konteks pengembangan AI,” kata Sandiaga.

Ruang lingkup kerja sama yang dijajaki mencakup studi banding, inisiatif riset bersama, pengembangan kurikulum, dan kemitraan dengan industri. Politeknik Pariwisata Bali akan menjadi mitra dalam menjalankan kerja sama ini dengan Northeastern University.

Baca Juga :   Menparekraf Sandiaga Resmikan "Djakarta Ramadan Fair 2024" dengan Beragam Kuliner Khas Ramadan

Sandiaga juga mengusulkan adanya kerja sama dalam pengembangan kurikulum pascasarjana berbasis proyek, pengembangan kewirausahaan mahasiswa melalui lokakarya penelitian atau networking, dan kunjungan belajar mahasiswa antara kedua institusi dengan konsep kelas musim panas (summer camp) tahun 2024.

“Kami berharap kolaborasi antara Poltekpar Bali dan Northeastern University dapat diperluas dengan melibatkan pemangku kepentingan lainnya. Kami yakin ini akan berdampak positif terhadap kualitas pendidikan dan pelatihan di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, terutama di tengah tren digitalisasi yang semakin berkembang,” kata Sandi.

Baca Juga :   Kemenparekraf dan MUI Jalin Kerja Sama Kembangkan Pariwisata Halal Indonesia

Selanjutnya, Sandiaga mendapat kesempatan untuk berbicara dalam High-Level Meeting “UN General Assembly Sustainability Week” di markas PBB pada 16 April 2024.

Dalam forum tersebut, Sandiaga menyampaikan bahwa Indonesia diakui sebagai negara yang mampu mengatasi tantangan COVID-19 dan mengembangkan pariwisata dengan fokus pada kualitas dan keberlanjutan.

“Ini adalah ringkasan dari kunjungan intensif kami ke Amerika Serikat,” tutup Sandiaga. (saf)