Scroll untuk baca artikel
Industri

Konten Dinamis Media Luar Griya (OOH) Hadirkan Revolusi dalam Dunia Periklanan

11
×

Konten Dinamis Media Luar Griya (OOH) Hadirkan Revolusi dalam Dunia Periklanan

Sebarkan artikel ini
Dynamic OOH atau Konten Dinamis Media Luar Griya.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Seiring dengan perkembangan pesat lanskap periklanan di era digital, AMG (Alternative Media Group) tak tertinggal dalam mengadaptasi inovasi teknologi dalam ranah periklanan OOH (Out-of-Home) dengan memperkenalkan Dynamic OOH atau Konten Dinamis Media Luar Griya. Inovasi ini membawa transformasi dalam media dan iklan, menjadikannya pengalaman yang lebih dinamis dan menarik bagi konsumen.

Dengan dukungan teknologi yang canggih, pengiklan kini dapat menyesuaikan konten iklan berdasarkan berbagai faktor seperti waktu, kondisi cuaca, lokasi, dan bahkan profil demografis audiens yang melintas. Sebagai contoh, iklan dari salah satu platform e-commerce yang baru-baru ini tampil di layar OOH Gedung Sarinah Jakarta. Iklan tersebut menyajikan konten dinamis yang merespons kondisi cuaca secara real-time, meningkatkan relevansi dengan audiensnya.

“Pada Dynamic OOH, materi iklan yang cerdas menggunakan data eksternal yang tersedia untuk memicu munculnya konten iklan dengan pesan yang sesuai dengan konteks saat itu. Kemampuan dinamis ini tidak dapat ditemukan dalam iklan melalui kanal lain seperti TV dan radio, dan kami yakin hal ini dapat meningkatkan relevansi iklan terhadap target pasar,” ungkap Davy Makimian, CEO AMG, pelopor dan perusahaan media OOH berbasis digital terkemuka di Indonesia.

Baca Juga :   Amazon Bayar 1,9 Juta Dolar AS kepada 700 Buruh Migran untuk Menyelesaikan Klaim Pelanggaran HAM

Berdasarkan sebuah penelitian (Posterscope pada 20 kampanye antara tahun 2015-2018), kampanye yang menggunakan materi iklan kontekstual ternyata 48% lebih efektif daripada kampanye yang menggunakan konten statis.

Menyikapi fakta ini, Davy menjelaskan bahwa AMG telah beberapa tahun terakhir ini fokus pada pengembangan teknologi untuk menyediakan layanan OOH yang dapat menjawab tantangan masa depan, termasuk kemampuan untuk menyajikan konten dinamis di ribuan layar digital yang tersebar di lebih dari 500 gedung perkantoran di pusat-pusat komersial.

Baca Juga :   BlueScope dan UMN Bersinergi Pangkas Emisi melalui Konstruksi Hijau

Dengan jaringan inventaris yang dominan di gedung-gedung tersebut, AMG juga mendapatkan insight audiens yang lebih spesifik. Hal ini membantu pengiklan merancang strategi iklan mereka dengan lebih efektif.

“Ribuan inventaris yang kami miliki didukung oleh tim teknologi yang handal yang telah mengembangkan sistem manajemen konten (CMS) internal kami sendiri. Teknologi ini memberikan kebebasan bagi AMG untuk mengakses fungsi yang lebih luas dan ruang lingkup inovasi yang lebih besar lagi guna memenuhi kebutuhan klien kami,” tambah Davy.

2 Fitur Utama Konten Dinamis OOH

Berikut adalah 2 fitur utama dari konten dinamis OOH yang dapat menjadi acuan bagi pengiklan dalam merencanakan kampanye mereka:

  • Kemampuan Beradaptasi secara Real-time: Konten dapat diperbarui dan dioptimalkan secara langsung untuk memastikan dampak dan relevansi yang maksimal.
  • Penyesuaian Pesan dengan Target: Pengiklan dapat menyesuaikan konten dengan segmen audiens tertentu, meningkatkan keterlibatan dan mendorong konversi.
Baca Juga :   Jensen Huang,  Eks Pencuci Piring di Denny's Kini Bos Perusahaan Bernilai Triliunan Dolar

Dalam menghadapi kejenuhan di dunia online, iklan Dynamic OOH dapat membantu perusahaan tetap terhubung dengan pelanggan mereka sambil menciptakan pengalaman yang lebih mendalam dan menarik bagi mereka.

“Namun, pada akhirnya Dynamic OOH bukan hanya tentang inovasi semata. Ini juga tentang bagaimana sebuah brand dapat meningkatkan relevansi terhadap target pasarnya dengan memanfaatkan teknologi, data yang ada, dan kreativitas yang tinggi. Hal ini memungkinkan iklan untuk menarik perhatian dan merangsang tindakan lanjut dari orang-orang setelah melihatnya,” tutup Davy. (saf)