Scroll untuk baca artikel
Lifestyle

Bisa Langsing dengan Berhubungan Intim? Begini Penjelasan Pakar

50
×

Bisa Langsing dengan Berhubungan Intim? Begini Penjelasan Pakar

Sebarkan artikel ini
meskipun seks dapat membantu Anda membakar kalori, Anda tidak dapat berharap untuk langsing hanya dengan berhubungan intim

BISNISASIA.CO.ID – Menurut studi tahun 2013, seks dapat membantu membakar kalori, dengan pria rata-rata membakar 101 kalori dan wanita rata-rata membakar 69 kalori selama sesi seks selama 24 menit.

Namun, jumlah kalori yang dibakar tergantung pada faktor-faktor seperti durasi, intensitas, kecepatan, dan jenis kelamin.

Seks dapat dikategorikan sebagai jenis olahraga “kardio” karena gerakan fisiknya meningkatkan detak jantung dan membantu membakar kalori.

Meskipun seks dapat membantu Anda membakar kalori, para ahli menggarisbawahi bahwa tidak dapat diandalkan sebagai satu-satunya metode untuk menurunkan berat badan.

Manfaat fisik dan psikologis dari kehidupan seks yang sehat, seperti menurunkan stres dan meningkatkan mood, dapat secara tidak langsung mendukung manajemen berat badan dengan mempengaruhi gaya hidup.

Selain itu, perbedaan penurunan berat badan saat seks antara pria dan wanita dapat dipengaruhi oleh jumlah massa otot dan fluktuasi hormon dalam siklus menstruasi.

Baca Juga :   Studi Terbaru di AS, Merokok Lampaui Suntikan sebagai Cara Paling Umum Mengonsumsi Narkoba

Penting untuk diingat bahwa meskipun seks dapat membantu membakar kalori, itu bukanlah satu-satunya faktor untuk mencapai penurunan berat badan yang signifikan.

“Terkadang, itu [seks] dapat membantu menurunkan berat badan,” kata Artika Singh, seorang antropolog kesehatan masyarakat dan gender serta pendidik seksualitas yang komprehensif.

“Seks dapat dikategorikan sebagai jenis olahraga “kardio” karena gerakan fisiknya meningkatkan detak jantung dan dapat membantu membakar kalori.”

Namun, Artika mengatakan bahwa angka ini juga bergantung pada berbagai faktor termasuk durasi (tanpa tekanan), intensitas, kecepatan, dan jenis kelamin.

Mereka yang terlibat dapat kehilangan 80-300 kalori.

7.700 kalori sama dengan 1 kilogram berat badan sehingga rata-rata, membakar 300 kalori melalui aktivitas fisik dapat menurunkan berat badan sekitar 0,034 kilogram (kg).

Baca Juga :   Panduan Praktis bagi Orang Tua dan Pendidik dalam Menghadapi Era Digital

Dan 300 kalori adalah jumlah maksimum yang dapat Anda bakar, dengan asumsi Anda melakukan hubungan seks selama lebih dari satu jam dengan intensitas tinggi.

Di sisi lain, berlari selama 10 menit, akan membuat Anda kehilangan 114 kalori.

Jashan Vij, seorang pelatih kesehatan dan penurunan lemak, menambahkan bahwa selain kardio, manfaat fisiologis dan psikologis dari kehidupan seks yang sehat, seperti berkurangnya stres akibat pelepasan dopamin dan peningkatan mood, secara tidak langsung dapat mendukung manajemen berat badan dengan mempengaruhi pilihan gaya hidup.

Apakah penurunan berat badan berbeda untuk pria dan wanita saat berhubungan seks?

Artika merasa bahwa mencoba mengkategorikan pengalaman seksual berdasarkan jenis kelamin tidak selalu benar – bahkan dalam kasus penurunan berat badan saat berhubungan seks.

“Argumen sebelumnya bahwa pria kehilangan lebih banyak berat badan saat berhubungan seks didasarkan pada asumsi bahwa pria harus melakukan lebih banyak usaha untuk melakukan hubungan seks sementara wanita hanya berbaring saja – hal ini tidak benar.

Baca Juga :   Pemeriksaan Rutin dan Skrining Dianjurkan Bagi Individu Berisiko Tinggi Kanker Paru

Yang benar adalah bahwa pada pasangan heteroseksual, kedua pasangan dapat melakukan usaha yang sama, pria dapat melakukan usaha yang lebih sedikit & seterusnya.”

Namun, Jashan mengatakan bahwa pria cenderung memiliki massa otot yang lebih tinggi, yang berpotensi menyebabkan pengeluaran kalori yang sedikit lebih tinggi.

“Bagi wanita, fluktuasi hormon selama siklus menstruasi dapat memengaruhi tingkat energi dan keinginan untuk melakukan aktivitas seksual,” kata Jashan.

Kedua ahli tersebut mengatakan bahwa meskipun seks dapat membantu Anda membakar kalori, Anda tidak dapat berharap untuk langsing hanya dengan berhubungan seks. (IndiaToday)