Scroll untuk baca artikel
Lifestyle

Parents! Tidak Perlu Khawatir Lagi dengan Akses Internet Anak

62
×

Parents! Tidak Perlu Khawatir Lagi dengan Akses Internet Anak

Sebarkan artikel ini
Tidak Perlu Khawatir Lagi dengan Akses Internet Anak karena penggunaan AI bisa membatasi anak mengakses internet

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA  – Saat ini, tidak asing bagi kita melihat anak usia dini sudah lihai menggunakan gadget. Melansir data Badan Pusat Statistik (BPS) 2022, sebanyak 33,44 persen anak usia dini di Indonesia sudah menggunakan handphone atau gadget. Selain itu, sebanyak 24,96 persen anak usia dini dapat mengakses internet.

Setidaknya terdapat tiga alasan kenapa anak usia dini menggunakan gadget dan mengakses internet, yaitu mencari informasi untuk keperluan tugas sekolah, terhubung dengan teman melalui media sosial, hingga bermain game dan mengakses hiburan.

Fenomena ini tentu memberikan dampak tersendiri bagi anak usia dini. Artikel dari Center for Life-Span Development (CLSD), Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada berjudul “Dampak Gadget Terhadap Perkembangan Anak: Memahami Efek Positif dan Negatif,” menjelaskan, gadget dapat meningkatkan kreativitas, berkomunikasi, hingga bersosialisasi.

Namun demikian, gadget juga memberikan dampak negatif tersendiri, seperti menghambat perkembangan bicara dan bahasa anak, pembentukan karakter anak, mengganggu sejumlah fungsi otak, hingga ketagihan dan tidak bisa lepas dari gadget.

Baca Juga :   Panduan Praktis bagi Orang Tua dan Pendidik dalam Menghadapi Era Digital

Akibatnya, anak-anak akan mengalami sejumlah efek samping. Rumah Sakit Siloam menjelaskan, efek samping tersebut seperti terlalu sering bermain gadget, merasa gelisah, lebih sering di rumah, hingga sulit tidur malam dan berkonsentrasi.

Untuk itu, peran orang tua sangat krusial dalam mengatur anak dalam mengakses informasi. Salah satu cara untuk mengontrol anak dalam mengakses informasi adalah menggunakan perangkat yang dapat dikontrol langsung, fleksibel, serta aman dari serangan malware.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang perangkat jaringan dan aksesoris untuk internet, TP-Link menyediakan berbagai perangkat untuk kebutuhan tersebut. Salah satunya adalah AI-Driven Mesh Deco X10.

Keamanan Terjamin
Orangtua dapat mengontrol anaknya dalam mengakses informasi di internet dengan fitur parental controls. Fitur ini berguna untuk menyaring konten, situs, maupun mengatur waktu penggunaan bahkan menghentikan internet di waktu tertentu sesuai dengan profiles mereka.

Baca Juga :   Jelang Valentine, Swiss-Belhotel Pondok Indah Hadirkan Promo Kasih Sayang

Dengan Deco X10, Orang tua dapat menggunakan fitur parental control yang ada di aplikasi Deco dan membuat profil anak dengan mencantumkan IP Address dari perangkat yang digunakannya.

Deco X10 juga dilengkapi dengan firewall untuk melindungi jaringan, blocklist untuk memblokir situs yang tidak aman, serta fitur enkripsi WPA/WPA2/WPA3 untuk memberikan perlindungan dari ancaman keamanan.

Memudahkan Pergerakan OrangTua
Berbekal Teknologi AI, Deco X10 secara otomatis mempelajari lingkungan jaringan, kualitas klien, perilaku pengguna di rumah, serta memastikan sinyal terkuat setiap saat.

Perangkat AI-Driven Mesh ini, didukung oleh seamless roaming with one WiFi name untuk menyatukan seluruh sinyal jaringan menjadi satu nama, serta WiFi dead-zone killer yang berfungsi untuk menghilangkan area tanpa sinyal WiFi.

Perangkat ini juga dilengkapi dengan WiFi 6 yang dapat meningkatkan kualitas jaringan agar tidak terjadi buffering di dalam ruangan, dan meningkatkan kualitas gambar streaming. Bahkan, dapat digunakan hingga 120 perangkat sekaligus. Ideal untuk pengguna smart home. beresolusi 4K

Baca Juga :   Swiss-Belhotel International dan Zest Hotels International Sambut Bulan Suci Ramadhan dengan Promosi "Ramadan Delights"

Untuk mendukung WiFi 6, seamless roaming, serta menghilangkan dead-zone, Deco X10 dilengkapi dengan kecepatan 1.500 Mbps dengan 1.201 Mbps di jaringan 5 GHz dan 300 Mbps di jaringan 2.4 GHz.

Perangkat yang Mudah di setting
Simplicity merupakan hal yang penting bagi pelanggan. Oleh karena itu, TP-Link menyediakan aplikasi khusus untuk Deco, yaitu Deco App. Dalam aplikasi Deco, orang tua dapat mengatur perangkat dari jarak jauh melalui gadget, seperti di handphone maupun di tablet.

Adanya aplikasi ini, diharapkan agar orang tua dapat mengatur perangkat dari jarak jauh, baik ketika pada saat kerja maupun sedang melakukan aktivitas di luar rumah.

Terlebih, Deco X10 dapat dikoneksikan dengan seluruh seri Deco lainnya, memberikan kenyamanan ekstra bagi pengguna.

Semua fitur ini diharapkan tidak hanya memberikan rasa aman kepada orang tua untuk melakukan pengawasan, namun juga memberikan rasa nyaman dan tenang.