Scroll untuk baca artikel
Finansial

Ingin Mulai Investasi? Kenali 5 Tipe Investasi Sesuai Karakter

24
×

Ingin Mulai Investasi? Kenali 5 Tipe Investasi Sesuai Karakter

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Investasi merupakan salah satu langkah penting untuk meraih impian di masa depan. Namun, di tengah banyaknya pilihan investasi yang tersedia, penting untuk memahami bahwa setiap instrumen investasi memiliki kelebihan dan risiko yang berbeda-beda. Sebelum mulai berinvestasi, penting untuk mengenali dan memahami karakter pribadi agar dapat memilih instrumen investasi yang sesuai. Mulai dari yang suka tantangan hingga yang baru memulai, ada berbagai jenis investasi yang cocok untuk setiap kepribadian.

Menurut Charles Budiman, Chief Digital Officer Maybank Indonesia, “Dalam era digital seperti sekarang, akses ke investasi semakin mudah. Investasi telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari, terutama dengan adanya layanan digital banking yang cerdas. Siapa pun bisa berinvestasi, namun penting untuk mengenali gaya dan preferensi pribadi untuk memilih instrumen investasi yang sesuai dengan tujuan masa depan. Dengan memulai berinvestasi, kita bisa lebih dekat untuk mewujudkan impian dan harapan kita.”

Berikut adalah 5 tipe karakter dan jenis investasi yang sesuai:

Si Pencari Tantangan

Karakter ini senang akan tantangan dan eksplorasi. Mereka memiliki semangat tinggi dan suka menjelajahi berbagai jenis investasi. Reksa Dana Saham, dengan potensi keuntungan tinggi namun juga risiko yang setara, merupakan pilihan yang cocok. Bagi investor ini, tantangan dan sensasi dalam berinvestasi menjadi hal yang menarik.

Si Pemula

Bagi pemula dengan pengetahuan terbatas, lebih baik untuk menghindari instrumen investasi yang membutuhkan modal besar dan memiliki risiko tinggi. Surat Berharga Negara Ritel (SBN Ritel), yang aman dan dijamin negara, bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan risiko minim, SBN Ritel cocok untuk investor yang baru memulai.

Baca Juga :   5 Tips Mudah yang Akan Mulai Mengatur THR untuk Investasi Syariah

Si Pengatur Strategi

Investor dalam kategori ini cenderung menyusun strategi secara teliti dan hati-hati. Reksa Dana menjadi pilihan yang tepat karena ditangani oleh manajer investasi profesional dan menawarkan fleksibilitas dalam mengelola modal.

Si Protektor

Karakter ini cenderung memilih investasi yang aman dan minim risiko. Deposito merupakan pilihan yang cocok karena memberikan suku bunga kompetitif dan dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Si Pengamat

Baca Juga :   Bitcoin ETF: Revolusi Terdepan dalam Dunia Investasi Digital

Karakter ini lebih suka mengamati sebelum mengambil keputusan. Investasi dalam bentuk emas bisa menjadi pilihan, karena memiliki nilai yang stabil dan cenderung meningkat dari waktu ke waktu.

Keputusan dalam memilih jenis investasi bisa berubah seiring waktu, bergantung pada perjalanan hidup dan profil risiko individu. Untuk memudahkan akses investasi, Maybank Indonesia menyediakan layanan M2U ID App (mobile banking) yang menawarkan kemudahan dan keamanan dalam bertransaksi finansial secara mandiri. Dengan berbagai fitur cerdas M2U ID App, nasabah dengan berbagai karakter dan profil risiko dapat memenuhi kebutuhan finansial mereka dengan mudah, termasuk berinvestasi dalam reksa dana, SBN, deposito, dan Tabungan Emas Pegadaian secara online. (saf)