Scroll untuk baca artikel
Finansial

BNI Dukung UMKM kopi Indonesia Tembus Pasar Amerika

33
×

BNI Dukung UMKM kopi Indonesia Tembus Pasar Amerika

Sebarkan artikel ini
BNI Xpora, inkubator UMKM BNI, membawa dua produk kopi specialty UMKM binaannya, yaitu Kopi Bajawa dan Kopi Lampung di Specialty Coffee Expo 2024.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau BNI terus berperan aktif dalam mendukung UMKM kopi Indonesia menembus pasar global. Kali ini, BNI Kantor Luar Negeri New York bersama BNI Xpora telah sukses memamerkan produk-produk unggulan UMKM kopi Indonesia dalam Specialty Coffee Expo 2024, pameran kopi terbesar di Amerika Serikat yang berlangsung di Chicago dari 12 hingga 14 April 2024.

Corina Leyla Karnalies, Direktur Retail Banking BNI, menegaskan bahwa kehadiran BNI dalam acara ini adalah bukti nyata dari semangat dan misi go global yang menjadi fokus utama BNI.

Indonesia, sebagai salah satu produsen kopi terbesar di dunia, memiliki peluang luar biasa untuk mengembangkan pasar ekspor kopi. Ragam kopi Nusantara dari Sabang hingga Merauke menjadi keunggulan yang memikat bagi Indonesia untuk menawarkan produk-produk berkualitas ke pasar internasional.

“Partisipasi BNI dalam Specialty Coffee Expo 2024 adalah langkah strategis kami dalam mendukung UMKM kopi Indonesia meraih kesuksesan di pasar Amerika,” ungkap Corina.

Dalam pameran ini, BNI Xpora, inkubator UMKM BNI, memperkenalkan dua produk kopi specialty dari UMKM binaannya, yaitu Kopi Bajawa dan Kopi Lampung. Kedua produk ini telah melalui proses kurasi yang ketat, dengan kolaborasi bersama kantor Atase Perdagangan KBRI Washington DC dan Specialty Coffee Association Indonesia (SCAI), untuk memastikan kualitas yang dapat bersaing di pasar Amerika.

Baca Juga :   BNI Dorong UMKM Sidoarjo Eksplorasi Pasar Internasional dengan Keripik Singkong

“BNI Xpora berkomitmen untuk menjadi mitra kuat UMKM kopi Indonesia dalam meningkatkan daya saing dan meraih pasar internasional. Keberadaan kami dalam Specialty Coffee Expo 2024 diharapkan membuka peluang baru bagi UMKM kopi binaan untuk menarik minat pembeli baru dan meningkatkan volume ekspor,” tambah Corina.

Baca Juga :   BI dan RBI Sepakati Kerja Sama Dorong Penggunaan Mata Uang Lokal di Masing-Masing Negara

Specialty Coffee Expo 2024, sebagai pameran kopi terbesar di Amerika Utara dengan perkiraan 20.000 pengunjung, mayoritas merupakan calon pembeli potensial. Acara ini menawarkan berbagai workshop, seminar, penghargaan, kompetisi kopi, dan sesi penilaian rasa kopi yang menarik.

“BNI yakin bahwa partisipasi kami dalam Specialty Coffee Expo 2024 akan memberikan dampak positif bagi UMKM kopi binaan BNI. Kami akan terus mendukung UMKM kopi Indonesia dalam meningkatkan kualitas produknya serta meningkatkan daya saingnya di pasar global,” tutup Corina dengan penuh optimisme. (hdi)