Scroll untuk baca artikel
Industri

Global Data Center Facility Summit 2024 Digelar di Singapura Bahas Masa Depan Komputasi Pintar yang Berkelanjutan

25
×

Global Data Center Facility Summit 2024 Digelar di Singapura Bahas Masa Depan Komputasi Pintar yang Berkelanjutan

Sebarkan artikel ini
the Global Data Center Facility Summit 2024.

BISNISASIA.CO.ID, SINGAPURA – Pada 17 Mei 2024, Global Data Center Facility Summit 2024 diadakan di Singapura dengan tema “Power the Digital Era Forward”. Lebih dari 600 pemimpin industri pusat data, pakar teknis, dan mitra ekosistem berkumpul untuk membahas tren dan peluang baru di industri pusat data global pada era komputasi pintar. Peserta juga mengeksplorasi solusi end-to-end (E2E) untuk semua skenario, ekosistem, dan layanan, berbagi praktik inovatif pusat data yang ramah lingkungan di Asia Pasifik dan Eropa, serta mempelajari exhibition vehicle yang mengungkap Outdoor PowerPOD dengan sistem kelistrikan tunggal untuk setiap kontainer. Di tengah era komputasi pintar, Huawei berupaya membawa era digital ke tahap berikutnya.

Menangkap Peluang AI dan Membangun Infrastruktur Komputasi yang Ramah Lingkungan dan Andal

Dalam sambutannya, Charles Yang, Senior Vice President Huawei dan President Marketing, Sales and Services Huawei Digital Power, mencatat bahwa sejak popularitas ChatGPT, model AI besar terus meningkatkan daya komputasi. Industri komputasi pintar mengalami pertumbuhan pesat, dengan kapasitas terpasang pusat data global diperkirakan akan meningkat sebesar 100 GW dan nilai pasar mencapai US$ 600 miliar dalam lima tahun ke depan.

Baca Juga :   Indonesia AirAsia Siapkan 350 Ribu Kursi Penerbangan Lebaran 2024

Charles juga mencatat bahwa peluang ini membawa tantangan, terutama dalam hal keandalan dan kelistrikan. Kapasitas pusat data kini beralih dari level MW ke level GW, sehingga keandalan E2E pusat data menjadi semakin penting. Huawei berkomitmen untuk bekerja sama dengan klien dan mitra guna memperluas ruang pertumbuhan industri.

Mendorong Pusat Data Menuju Era AI dengan Produk, Layanan dan Ekosistem

Di ajang ini, Sun Xiaofeng, President Huawei Data Center Facility & Critical Power Business, menyampaikan paparan berjudul “Power the Digital Era Forward”. Menurutnya, model AI besar yang semakin marak dan kebutuhan daya komputasi yang meningkat pesat mendorong pertumbuhan pusat data yang ekspansif.

Untuk menjawab tantangan ini, Huawei mengembangkan solusi pusat data E22 dengan konsep produk, layanan, dan ekosistem yang cepat diimplementasikan. Ini dilengkapi dengan sistem pendingin perangkat yang fleksibel, energi hijau, dan keandalan terbaik.

  • Implementasi cepat: Pusat data harus melalui modularisasi dan prafabrikasi guna menjamin kualitas tinggi dan konstruksi yang efisien.
  • Sistem pendingin perangkat yang fleksibel: Sumber sistem pendingin terintegrasi yang memadukan udara-zat cair menjadi arsitektur terbaik untuk era komputasi pintar.
  • Energi hijau: Solusi terintegrasi grid-load-storage generasi baru dikembangkan agar kegiatan operasional pusat data pintar berlangsung dengan baik.
  • Reliabilitas terbaik: Pusat data terlindungi lewat produk andal dan sistem proteksi preventif.
Baca Juga :   Sah, Huawei MatePad Pro 13.2" Dibanderol Rp14,9 Juta

Saat ini, jaringan layanan global Huawei mencakup lebih dari 170 negara, didukung oleh lebih dari 1.800 teknisi profesional yang menyediakan layanan teknis 24/7. Dengan pusat layanan unggulan N+, Huawei menciptakan radius layanan satu jam bagi kliennya.

Ekosistem ini adalah elemen penting dalam mewujudkan masa depan komputasi pintar yang berkelanjutan. Huawei berkolaborasi dengan berbagai mitra untuk mengembangkan solusi E2E komprehensif dan menyediakan layanan pusat data terpadu.

Laporan Resmi dan Pameran Teknologi

Di ajang ini, Huawei dan ASEAN Centre for Energy meluncurkan laporan resmi “Building Next Generation Data Center Facility in ASEAN”. Laporan ini menganalisis kondisi, tantangan, dan tren pusat data di wilayah ASEAN serta mendorong penggunaan produk dan solusi yang efisien dan hemat energi. Laporan ini juga memberikan rekomendasi kebijakan visioner untuk industri pusat data.

Baca Juga :   Huawei Luncurkan Watch Fit 3, Ini Fitur Unggulannya

Di area pameran, Huawei memamerkan solusi berbasis skenario penggunaan untuk pusat data berskala besar, menengah, dan kecil. Huawei juga menunjukkan layanan dalam bidang konsultasi pusat data, desain, pengembangan terintegrasi, dan implementasi bersama lebih dari 12 mitra ekosistem, termasuk CIMC, Weichai, CSCEC, dan Huashi.

Secara khusus, kendaraan pameran Huawei Outdoor PowerPOD memulai debut globalnya. PowerPOD memiliki sistem kelistrikan tunggal per kontainer, dapat digunakan di ruang luar, dilengkapi dengan fitur plug-and-play, dan memiliki peringkat proteksi serta keandalan yang unggul. PowerPOD menyederhanakan arsitektur pasokan listrik.

Kolaborasi Sebagai Kunci

AI menawarkan banyak peluang. Dengan mengembangkan industri, menyatukan ekosistem kemitraan, dan menyediakan inovasi yang cocok untuk transformasi, Huawei akan terus mendukung klien dalam membangun infrastruktur komputasi yang andal, mempercepat langkah industri dalam menyambut AI, dan memajukan era digital. (saf)