Scroll untuk baca artikel
Industri

Erajaya Active Lifestyle Cetak Pertumbuhan Pendapatan Sebesar 22,8%

24
×

Erajaya Active Lifestyle Cetak Pertumbuhan Pendapatan Sebesar 22,8%

Sebarkan artikel ini
Erajaya Active Lifestyle

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – PT Sinar Eka Selaras, Tbk. (kode saham: ERAL) mengumumkan laporan keuangan untuk tahun 2023 dengan mencatat peningkatan yang signifikan pada penjualan bersih sebesar 22,8% YoY menjadi Rp3,73 triliun dari tahun sebelumnya, yaitu Rp3,04 triliun. Perseroan juga berhasil mencatat laba bersih setelah pajak sebesar Rp211 miliar dengan marjin laba bersih sebesar 5,7% sepanjang tahun 2023 melalui strategi ekspansi jaringan ritel dan portofolio bisnis baru.

Berikut adalah ringkasan kinerja keuangan perusahaan:

  • Pendapatan meningkat sebesar 22,8% menjadi Rp3,73 triliun.
  • Marjin laba kotor mencapai 13,7%.
  • Laba bersih yang diatribusikan kepada pemilik entitas induk mencapai Rp211 miliar dengan marjin laba bersih sebesar 5,7%.
  • Menyambut dua merek baru ke Indonesia, yaitu 6IXTY8IGHT dan MST Golf.
Baca Juga :   Gen-Z dan Millenials Lebih Banyak Berlibur untuk Healing dari Stres

Menambah 56 gerai baru pada tahun 2023, sehingga totalnya kini mencapai 116 gerai.
“Fokus pada pengembangan dan produktivitas bisnis yang telah ada, seperti Urban Republic, Garmin Brand Stores, DJI Experience Stores, JD Sports, dan lainnya, menghasilkan peningkatan penjualan bersih di tahun 2023. Pada kuartal 4, bisnis kami juga mendapatkan momentum tambahan dengan tingginya permintaan selama libur akhir tahun, serta peluncuran berbagai produk baru yang memikat minat konsumen untuk berbelanja gaya hidup terkini seiring dengan perubahan tren yang cepat. Sebagai peritel gaya hidup aktif terdepan di Indonesia, kami terus mengeksplorasi merek-merek baru dan unik yang berpotensi untuk dikembangkan di pasar Indonesia agar dapat memberikan kontribusi positif bagi Perusahaan,” kata Djohan Sutanto, Direktur Utama PT Sinar Eka Selaras, Tbk.

Baca Juga :   Insentif Pajak Dongkrak Pembelian Properti, Kenaikan Suku Bunga Geser Tren KPR

Membawa dua merek baru ke Indonesia, yakni 6IXTY8IGHT dan MST Golf, merupakan salah satu langkah bisnis yang diambil oleh ERAL pada tahun 2023. MST Golf Indonesia merupakan hasil kolaborasi ERAL dengan MST Golf Group Bhd., peritel golf terkemuka di Malaysia, sementara 6IXTY8IGHT merupakan merek fashion apparel yang berasal dari Hong Kong.

Strategi yang konsisten dijalankan oleh ERAL adalah melibatkan komunitas dari berbagai kategori sebagai langkah untuk tumbuh bersama dan memahami kebutuhan pengguna. Langkah ini juga bertujuan untuk mempertahankan pelanggan Perseroan sekaligus menjangkau pelanggan baru. Selama tahun 2023, Perseroan telah menyelenggarakan lebih dari 200 acara komunitas gaya hidup aktif dengan berbagai merek yang ada di bawah naungan Perseroan, seperti DJI, GARMIN, dan Urban Republic, yang diikuti oleh lebih dari 39.000 peserta. Beberapa acara komunitas yang telah diselenggarakan oleh Perseroan antara lain URmazing Run 2023, Garmin Morning Ride, serta DJI Workshop & Sunset Catching, dan berbagai acara lainnya.

Baca Juga :   5 Tren Logistik Tahun 2024, Menuju Rantai Pasokan yang Lebih Cerdas

Sepanjang tahun 2023, ERAL terus memperluas jaringan ritelnya dengan penambahan 56 gerai baru sehingga pada akhir tahun 2023 sudah memiliki 116 gerai. Perusahaan terus menggarap wilayah yang memiliki potensi untuk dikembangkan di luar Pulau Jawa dengan mengoperasikan 35 gerai di berbagai wilayah seperti Medan, Denpasar, dan Makassar. ERAL optimistis bahwa tren permintaan produk gaya hidup aktif juga memiliki potensi untuk tumbuh pesat di luar Pulau Jawa. (saf/infopublik.id)