Scroll untuk baca artikel
Finansial

BNI Exporters Forum Buka Peluang UMKM Menuju Pasar Amerika

29
×

BNI Exporters Forum Buka Peluang UMKM Menuju Pasar Amerika

Sebarkan artikel ini
KJRI New York menyelenggarakan BNI Exporters Forum dengan tema Road to New York Shoppe Object 2024, di BNI Corporate University, Slipi, Jakarta, Sabtu (16/03).

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Komitmen PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI dalam mendukung UMKM Go Global dan mengokohkan pemasukan devisa negara terus menjadi fokus utama.

Dengan tekad yang kuat, perseroan terus memperkaya kapabilitas UMKM yang menjadi mitranya agar semakin kompetitif dalam menjelajahi pasar-pasar internasional.

Kemitraan strategis BNI Xpora bersama Kementerian Luar Negeri, khususnya KJRI New York, menjadi wujud nyata melalui penyelenggaraan BNI Exporters Forum dengan tema Menyongsong New York Shoppe Object 2024 pada 16 Maret 2024 di BNI Corporate University, Slipi, Jakarta.

New York Shoppe Object merupakan salah satu acara pameran kriya terbesar di Amerika Utara yang diperuntukkan bagi pasar B2B. Diperkirakan sebanyak 10.000 pengunjung dan 700 merek pameran akan hadir, memberikan peluang emas bagi UMKM untuk merambah pasar baru.

Baca Juga :   Tingkatkan Kompetensi Pengajar Indonesia, BNI Bagikan Ribuan Sertifikasi Guru

Corina Leyla Karnalies, Direktur Retail Banking BNI, menekankan peran penting UMKM sebagai tulang punggung perekonomian Indonesia. Potensi yang dimiliki UMKM dalam mengoptimalkan pangsa pasar global menjadi motivasi utama bagi BNI.

“Dalam semangat ini, kami terus berupaya meningkatkan daya saing UMKM dengan menggandeng berbagai pihak,” ujarnya.

Corina menambahkan, “Dengan kehadiran acara ini, kami berharap dapat menjadi jalan keluar bagi berbagai kendala yang dihadapi pelaku UMKM dalam memperluas pasar mereka ke mancanegara.”

Baca Juga :   BNI Hadirkan Gedung Baru Ramah Lingkungan dan Berkonsep Futuristik di IKN

BNI Exporters Forum dirancang khusus untuk mempersiapkan UMKM yang ingin mengikuti New York Shoppe Object. Sebanyak 30 UMKM mitra BNI hadir dalam acara ini, siap mengembangkan sayap bisnis mereka dan merambah pasar Amerika.

Produk-produk unggulan dari UMKM akan melalui proses kurasi dalam rangkaian kegiatan ini untuk kemudian diikutsertakan dalam New York Shoppe Object 2024.

Corina menjelaskan bahwa acara BNI Exporters Forum kali ini menghadirkan Jennifer Isaacson, seorang kurator dari New York, sebagai narasumber. Hal ini memberikan kesempatan emas bagi pelaku UMKM yang hadir untuk mendapatkan informasi terbaru mengenai prospek pasar ekspor dan regulasi terkini di Amerika.

Baca Juga :   BNI Peroleh Tiga Penghargaan Prestisius Bidang ESG

Tidak hanya itu, kurator yang hadir dari New York juga akan memberikan pendampingan khusus bagi UMKM terpilih hingga Agustus 2024, memastikan produk-produk mereka dapat bersaing di pasar Amerika.

“UMKM yang mengikuti acara ini berasal dari berbagai segmen, mulai dari skala kecil hingga menengah, yang telah siap untuk memasuki pasar ekspor. Mereka membawa beragam jenis produk, seperti fesyen, aksesori, kerajinan tangan, dekorasi rumah, dan perabotan,” tutupnya. (hdi)