Scroll untuk baca artikel
Otomotif

BMW R 1300 GS Segera Mengaspal di India

62
×

BMW R 1300 GS Segera Mengaspal di India

Sebarkan artikel ini
BMW-R-1300-GS (overdrive.in)

BISNISASIA.CO.ID, INDIA – BMW Motorrad meluncurkan sepeda motor barunya yang sangat dinanti-nantikan, R 1300 GS, pada bulan September tahun lalu.

Setelah hampir enam bulan,  merek ini akan segera memperkenalkan penerus dari R 1250 GS di India, kemungkinan dalam beberapa minggu mendatang.

Dilansir Overdrive, BMW R 1300 GS yang baru menjanjikan desain yang segar, mesin yang lebih bertenaga, bagian dasar yang telah diperbarui, elektronik yang canggih, dan fitur-fitur tambahan.

Desain dari R 1300 GS yang baru menandai perubahan yang signifikan dari pendahulunya, R 1250 GS.

Motor ini menghadirkan tampilan yang ringkas dan ramping dengan sentuhan sporty.

Fascia depan menampilkan pengaturan lampu berbentuk X yang terdiri dari lampu depan LED matrix dan lampu daytime running.

Baca Juga :   Astra UD Trucks Cetak  Tenaga Kerja Produktif dan Berkualitas di Dunia Otomotif

Sepeda motor ini memiliki rangka utama baru yang terbuat dari bahan lembaran logam dan sub-rangka aluminium dia-cast baru.

Motor ini ditawarkan dalam tiga pilihan warna: Triple Black, GS Trophy, dan Opsi 719 Tramuntana.

Melanjutkan tradisi R 1250 GS, R 1300 GS mempertahankan garpu depan telelever dan mono-shock belakang paralever.

Selain itu, motor ini juga memperkenalkan penyetelan suspensi dinamis elektronik baru, yang secara otomatis menyesuaikan tingkat pegas berdasarkan mode dan kondisi berkendara.

Penyesuaian ketinggian aktif dan suspensi sport, yang menawarkan perjalanan pegas 20mm lebih banyak di kedua ujungnya, juga tersedia.

Dilengkapi dengan berbagai fitur, R 1300 GS memiliki empat mode berkendara (Road, Rain, Eco, dan Enduro), ABS Pro, kontrol traksi, pelindung tangan dengan indikator, kontrol jelajah dinamis dengan fungsi rem, kompartemen pengisian daya ponsel dengan soket pengisian daya USB, jok berpemanas untuk pengendara dan pembonceng, konsol instrumen TFT berwarna 6,5 inci, RDC, MSR, genggaman berpemanas, kunci kontak tanpa kunci, dan fungsi panggilan darurat yang cerdas.

Baca Juga :   Hankook Siap Memulai Seri Keempat Formula E di São Paulo, Brasil

Paket Riding Assistant menawarkan Active Cruise Control (ACC), Front Collision Warning (FCW), dan Lane Change Warning (SWW).

Mesin yang menggerakkan R 1300 GS adalah mesin 1.300cc, boxer-twin, liquid-cooled double overhead camshaft (DOHC) yang menghasilkan tenaga 145PS pada 7.750 rpm dan torsi 149Nm pada 6.500 rpm.

Peningkatan kapasitas sebesar 46cc, yang dicapai melalui konfigurasi DOHC empat katup dan katup yang lebih besar, dilengkapi dengan peningkatan pada sistem pengaturan katup variabel ShiftCam untuk meningkatkan efisiensi.

Baca Juga :   Mobil Listrik Wuling Cloud EV Bakal Dirilis, Ini Eksterior dan Interiornya

BMW telah mengurangi bobot sebesar 4kg dengan merelokasi gearbox di bawah mesin, sehingga menghasilkan panjang powertrain yang lebih pendek.

Dengan perubahan bodywork lainnya, R 1300 GS kini lebih ringan 12kg dari pendahulunya, dengan berat 237kg.

Motor ini diperkirakan akan memiliki harga awal sekitar Rs 23 lakh untuk trim dasar di India, dibandingkan dengan Rs 20,55 lakh untuk R 1250 GS dan Rs 22,50 lakh untuk R 1250 GS Adventure.

Di Inggris, R 1300 GS dibanderol dengan harga mulai dari £18.465.

Di India, motor ini akan bersaing dengan model-model seperti Ducati Multistrada V4, Harley-Davidson Pan-America 1250, Triumph Tiger 1200, dan Honda Africa Twin.