Scroll untuk baca artikel
Otomotif

Astra UD Trucks Cetak  Tenaga Kerja Produktif dan Berkualitas di Dunia Otomotif

35
×

Astra UD Trucks Cetak  Tenaga Kerja Produktif dan Berkualitas di Dunia Otomotif

Sebarkan artikel ini
Astra UD Trucks bersama UD Trucks Indonesia, dalam kemitraan dengan SMK 1 Perguruan Cikini  Jakarta, telah mengambil langkah inovatif untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia dengan peluncuran program pendidikan SMK Kelas Quester sejak tahun 2023.

BISNISASIA.CO.ID, JAKARTA – Astra UD Trucks bersama UD Trucks Indonesia, dalam kemitraan dengan SMK 1 Perguruan Cikini  Jakarta, telah mengambil langkah inovatif untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia dengan peluncuran program pendidikan SMK Kelas Quester sejak tahun 2023.

Program ini dirancang tidak hanya sebagai respons terhadap kekurangan tenaga kerja terampil di industri otomotif tetapi juga sebagai inisiatif untuk menanamkan pentingnya keselamatan kerja di kalangan pemuda yang akan memasuki dunia industri.

Dengan pendekatan holistik, program ini menggabungkan pelajaran teknis mendalam dengan praktik keselamatan kerja, memberikan siswa pemahaman yang komprehensif tentang pentingnya menjaga keamanan di tempat kerja.

Hari ini, sekitar 40 siswa yang terlibat dalam program ini diberikan kesempatan emas untuk mengunjungi booth UD Trucks di GIICOMVEC 2024.

Baca Juga :   Solusi Terdepan Keselamatan Pengemudi, Purna Jual Astra UD Trucks Dorong Penjualan di GICOMVEC 2024

Kunjungan ini bukan sekadar aktivitas tetapi sebuah sesi pembelajaran interaktif di mana mereka dapat melihat langsung teknologi terbaru, berinteraksi dengan profesional industri, dan memahami bagaimana praktik keselamatan diimplementasikan dalam teknologi kendaraan komersial modern. Ini merupakan langkah penting dalam membangun kesadaran mereka tentang standar keselamatan yang harus selalu menjadi prioritas.

Menyadari tantangan yang dihadapi industri otomotif Indonesia, termasuk data Badan Pusat Statistik (BPS) 2022 yang mencatat kekurangan tenaga kerja terampil, program ini bertujuan untuk menutup kesenjangan tersebut.

Astuti Siwi Utami, sebagai HR-GA Dept Head Astra UD Trucks menekankan agar diharuskan integrasi kurikulum yang kaya akan konten teknis dan keselamatan kerja, program ini menyiapkan siswa tidak hanya sebagai mekanik yang terampil tetapi juga sebagai pelaku keselamatan di industri.

Baca Juga :   Lebih Mahal Rp9 Jutaan Dibandingkan Versi Biasa, Ini Fitur-fitur Hyundai Creta N

Jelita Wunadi Putri, Head Dept HR-GA UD Astra Motor Indonesia, menekankan pentingnya program ini, “Kami memandang pendidikan sebagai investasi dalam masa depan industri kita.

Dengan mendidik siswa tentang teknologi kendaraan terbaru dan praktik keselamatan terbaik, kami membentuk generasi mendatang yang tidak hanya terampil tetapi juga peduli terhadap keselamatan kerja.”

Budi Rudianto, Service Marketing Dept Head Astra UD Trucks, menambahkan, “Komitmen Astra  UD Trucks terhadap keselamatan merupakan bagian integral dari DNA kami. Melalui program ini, kami berharap untuk menginspirasi siswa dan menanamkan nilai-nilai yang kami pegang teguh, membantu membangun ekosistem industri yang lebih aman dan lebih produktif.”

Baca Juga :   Honda dan General Motors Kerjasama Produksi Unit Daya Berbahan Bakar Hidrogen di AS

Zaenal Arifin, Hubinmas dan Bursa Kerja Khusus (BKK) SMK 1 Perguruan Cikini  Jakarta, mengungkapkan, “Kami sangat bersyukur atas kerja sama ini dengan Astra UD Trucks.

Melalui pendidikan yang komprehensif dan kunjungan ini, siswa kami mendapatkan wawasan langsung tentang apa yang dibutuhkan untuk berhasil dalam industri otomotif, sambil memprioritaskan keselamatan kerja.”

Program yang di mulai dicanangkan sejak tahun 2023 ini telah banyak membuahkan tenaga kerja yang sangat kompeten di bidangnya yang di bentuk sehingga berkesempatan untuk berkontribusi sebagai mekanik di Astra UD Trucks.