Scroll untuk baca artikel
Luar Negeri

American Airlines Boeing 777 Senggol Airbus A320 Frontier di Miami

25
×

American Airlines Boeing 777 Senggol Airbus A320 Frontier di Miami

Sebarkan artikel ini
Pada tanggal 8 Maret 2024, terjadi kecelakaan antara pesawat American Airlines Boeing 777 dan pesawat Frontier Airlines Airbus A320 di Bandara Internasional Miami. Pesawat Boeing 777-200 dengan registrasi N736AT yang sedang menuju Sao Paulo menabrak ekor pesawat A320 Frontier yang sedang terparkir ketika sedang meluncur menjauh dari gerbang.

BINSISASIA.CO.ID, MIAMI – Pesawat Boeing 777 American Airlines bersenggolan dengan  Airbus A320 milik maskapai penerbangan Frontier di Bandara Internasional Miami, 8 Maret 2024 lalu.

Pesawat American Airlines Boeing 777-200 dengan registrasi N736AT dijadwalkan berangkat dengan penerbangan AA929 menuju Sao Paulo.

Namun, ketika meluncur menjauh dari gerbang di Miami, pesawat B777 tersebut menabrak ekor pesawat Airbus A320/321 Frontier Airlines yang sedang terparkir.

Baca Juga :   Kebakaran Smokehouse Creek Menghanguskan 850.000 Hektar Lahan

Rekaman yang beredar di dunia maya menunjukkan B777 Amerika melakukan kontak dengan bagian ekor pesawat Frontier yang diparkir saat melakukan pushback.

Stabilizer horizontal kiri B777 dan sirip ekor Airbus mengalami kerusakan besar.

Kedua pesawat tersebut dikeluarkan dari layanan.

Tidak ada yang terluka dalam insiden tersebut dan penumpang dalam penerbangan American Airlines turun dengan normal, sementara pesawat di-grounded untuk diperiksa oleh kru pemeliharaan.

Baca Juga :   Polisi di Florida Hentikan Bocah 13 Tahun yang Mengemudikan Mobil Sambil Bawa Pistol

Sementara model pesawat Frontier (A320 atau A321) yang terlibat belum dapat dipastikan, penyebab insiden tersebut masih dalam penyelidikan.

Dalam sebuah pernyataan, American Airlines mengakui insiden tersebut dengan menyatakan, Selama pushback dari gerbang di Miami (MIA), ujung sayap dari penerbangan American Airlines 929 dengan layanan dari MIA ke Sao Paulo (GRU) melakukan kontak dengan ekor pesawat yang sedang parkir.

Baca Juga :   VIRAL Tesla Batalkan Pemesanan 4.000 Roti dari Toko Kue Kecil, Elon Musk Gercep Merespon

Para pelanggan turun secara normal dan pesawat dikeluarkan dari layanan untuk diperiksa oleh tim pemeliharaan kami. Kami mohon maaf kepada para pelanggan atas ketidaknyamanan yang terjadi.”

Frontier Airlines juga mengeluarkan pernyataan yang mengonfirmasi insiden tersebut dan bahwa penumpang mereka telah diakomodasi kembali.